Like Fanpage Bang Syaiha

Di Hari Guru Nasional Sekarang, Lakukan Hal Kecil Ini Untuk Guru Kalian!

By Bang Syaiha | Wednesday, 25 November 2015 | Kategori:

Selamat Hari Guru Nasional
Jepang, Salah satu negara maju di dunia
"Segera beritahukan kepadaku," kata Hirohito, kaisar Jepang yang bertahta kala itu, "Berapa jumlah guru yang masih tersisa?" 

Terlepas dari benar atau tidak, penggalan kalimat di atas sudah masyur kita dengar. Konon, itu adalah kalimat kaisar Jepang, Hirohito, sesaat mereka dikalah oleh sekutu karena dua kota industri dan pusat kehidupan mereka, Nagasaki dan Hiroshima, diluluhlantakkan oleh bom atom. Tapi sekarang, tak sampai 100 tahun setelahnya, Jepang membuktikan diri bisa bangkit menjadi salah satu negara yang disegani. Tidak hanya di Asia, tapi juga Dunia.


Berikut adalah beberapa bukti ini menjadi bukti bahwa Jepang adalah negara hebat: (1) Jepang adalah negara dengan perekonomian terbaik ketiga dunia setelah USA dan RRC. (2) Negara dengan industri otomatif paling terkenal di dunia. (3) Walau Jepang hanya mengalokasikan 15 persen daerahnya untuk pertanian, mereka tetap bisa mampu swasembada pangan untuk negara sendiri. (4) Memiliki alat-alat penangkapan ikan terbaik di dunia. [Lebih lengkap tentang Jepang, silakan klik DISINI]

Tentu saja, banyak faktor yang membuat Jepang bisa maju dengan cepat. Tapi dari kalimat kaisar di atas, setidaknya salah satu faktor itu adalah karena mereka benar-benar memperhatikan pendidikan dan guru-guru yang mengajar di negara mereka. Pendidikan adalah kunci sebuah negara bisa berkembang dengan baik. Makanya, Nelson Mandela pernah bilang, "Pendidikan adalah senjata terbaik (juga terkuat) yang bisa digunakan untuk mengubah dunia.

Nah, agar sebuah pendidikan bisa berlangsung dengan baik, maka yang harus diperhatikan adalah ujung tombaknya: guru yang mengajar di kelas. Mereka adalah pahlawan tanpa tanda jasa. Karena merekalah kita bisa menulis dan membaca, bisa mengetahui banyak hal yang menakjubkan. Jadi apapun kita, guru adalah salah satu orang yang telah berjasa. 

Selamat Hari Guru!

***** 

Mengapa Hari Guru Selalu Diperingati Setiap Tanggal 25 November? 

Selamat Hari Guru Nasional
Selamat Hari Guru
Jawabannya adalah karena pada tanggal tersebut merupakan hari diresmikannya organisasi Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI). Sejak sebelum kemerdekaan, guru memang sudah mengambil peranan penting bagi negara dan bangsa. Cikal bakal PGRI ini sudah ada sejak tahun 1912, bernama Persatuan Guru Hindia Belanda (PGHB) yang beranggotakan guru-guru bantu, guru desa, kepala sekolah, dan penilik. 

Kemudian, di tahun 1932, ketika sudah banyak rakyat Indonesia yang terdidik dan sadar bahwa mereka harus melepaskan diri dari penjajahan Belanda, maka PGHB berubah menjadi PGI, Persatuan Guru Indonesia. Organisasi ini, melakukan edukasi-edukasi dan penyadaran kepada masyarakat Indonesia hingga kemerdekaan. 

Nah, 100 hari setelah kemerdekaan, tepatnya di tanggal 25 November 1945, para pengurus PGI melakukan kongres pertama di Surakarta. Kongres ini adalah bentuk dukungan penuh guru-guru yang ada di Indonesia untuk menjaga kemerdekaan NKRI. Sejak saat itulah, diputuskan bahwa PGI berubah menjadi PGRI hingga sekarang. 

Selanjutnya, mengingat betapa pentingnya peranan guru-guru dalam menjaga kemerdekaan, maka pemerintah Indonesia melalui Kepres No 78 Tahun 1994 menetapkan tanggal 25 November sebagai Hari Guru Nasional. 

Kepres ini kemudian dikukuhkan dengan UU Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. UU ini menetapkan tanggal 25 November setiap tahunnya akan diperingati sebagai Hari Guru Nasional. 

Ternyata, Peringatan Hari Guru Dirayakan Hampir di Semua Negara

Hampir semua negara menghargai gurunya. Mereka sadar bahwa guru adalah tonggak pendidikan keberhasilan dan kemajuan bangsanya. Karena hal inilah, maka ada hari khusus yang diperingati bersama sebagai Hari Guru Nasional di negara masing-masing. 

Amerika Serikat misalnya, menetapkan Minggu Apresiasi Guru di minggu pertama bulan Mei. Lalu ada Argentina dan Brasil yang secara berturut-turut memperingati hari guru setiap tanggal 11 September dan 15 Oktober. 

Di wilayah Asia ada Hongkong yang memperingati hari guru setiap tanggal 10 September. India setiap tanggal 5 September. Di Korea Selatan, hari guru diperingati setiap tanggal 15 Mei. Sedangkan tetangga kita, Malaysia memperingatinya di tanggal 16 Mei. Satu hari setelah Korsel. [Untuk lebih lengkapnya, silakan kunjungi DISINI

Urgensi Memperingati Hari Guru Setiap Tahun

Tentu saja ada pentingnya kita memperingati hari guru setiap tahun. Setidaknya, di hari ini, cobalah merenung sejenak dan pikirkan kembali, betapa guru-guru kita, sejak SD hingga SMA dan kuliah adalah orang-orang hebat yang sudah memberikan ilmu kepada kita. Tanpa mereka, saya tak yakin kita bisa menjadi seperti sekarang. 

Makanya, jika sekarang kita masih memiliki nomor ponsel mereka, tak ada salahnya kirimi mereka pesan: "Selamat hari guru bapak dan ibu. Terimakasih atas semua ilmu dan pengorbanan yang sudah diberikan. Semoga bapak dan ibu senantiasa sehat dan dalam keberkahan." 

Itu kan simpel dan kita pasti bisa melakukannya. 

Sedangkan untuk para guru Indonesia dimanapun berada, semoga di hari guru ini, kalian tetap bersemangat mewujudkan cita-cita pendiri bangsa kita: mencerdaskan kehidupan bangsa! 

Dan akhirnya, untuk menutup catatan ringan ini, sekali lagi saya ucapkan: Selamat Hari Guru! 


EmoticonEmoticon