Like Fanpage Bang Syaiha

Lucy Maud Montgomery, Seorang Penulis yang Tak Kenal Lelah!

By Bang Syaiha | Monday, 30 November 2015 | Kategori:

Lucy Maud Montgomery
Lucy Maud Montgomery
Hari ini, Senin 30 November 2015, Google kembali memperingati hari ulang tahun seseorang. Setelah beberapa hari lalu Google juga melakukan hal yang sama untuk Lucy, sebuah fosil kera berjalan tegak, hari ini yang diapresiasi adalah seorang penulis legendaris bernama Lucy Maud Montgomery

Lucy Maud Montgomery lahir pada tanggal 30 November 1874 dan meninggal pada 24 April 1942. Ia menjadi terkenal karena serangkaian novelnya yang diterbitkan pada tahun 1908. Novel yang paling fenomenal adalah novel berjudul Anne of Green Gables.

Lucy Maud Montgomery menceritakan tokoh sentral bernama Anne pada novel itu. Dia adalah anak yatim piatu. Karena novel Anne of Green Gables inilah kemudian Lucy Maud Montgomery menjadi terkenal dan mendunia. Hingga sepanjang karir kepenulisannya, ia berhasil membuat 20 novel serta 530 cerita pendek. Ada juga 500 puisi dan 30 esai yang diterbitkan di berbagai media dan tempat. 

Lucy Maud Montgomery, Anne of Green Gables
Lucy Maud Montgomery, Anne of Green Gables
Fakta yang menarik dari seorang Lucy Maud Montgomery sebagai penulis adalah bahwa novel fenomenal miliknya yang berjudul Anne of Green Gables itu pernah ditolak oleh beberapa penerbit. Banyak yang tidak percaya bahwa novel buatannnya akan diterima oleh banyak orang. Karena itulah penerbit tak berani menerbitkan. 

Penolakan ini tak membuatnya putus asa dan terus berusaha. Ia, boleh jadi lalu membaca-baca ulang lagi novelnya itu, mengedit beberapa kata (juga kalimat) yang tidak sesuai, dan sebagainya. Hingga pada titik tertentu, novel yang pernah ditolak itu menjadi lebih baik dan indah sekali. Hasilnya? Ia menjadi seperti sekarang, dikenal oleh banyak orang dan melegenda. 

Dari kisah Lucy Maud Montgomery ini kita belajar satu hal penting, bahwa hidup adalah perjuangan. Semua yang kita inginkan tidak akan dengan mudah kita dapatkan. Semuanya harus diraih dengan tetes keringat, kerja keras yang tak kenal lelah. Lucy Maud Montgomery contohnya, untuk mewujudkan mimpinya menjadi penulis, ia tidak putus asa ketika naskah novelnya ditolak penerbit beberapa kali. 

Justru sebaliknya, ia menjadikan penolakan itu sebagai pelecut untuk memperbaiki tulisannya dan mencoba lagi mengajukan ke penerbit yang lain. Ketika satu pintu kebaikan seakan-akan tertutup untukmu, maka ingatlah bahwa ada banyak pintu kebaikan yang lain yang mungkin bisa saja terbuka dengan muda, bukan?

Maka bersemangatlah!

9 komentar

avatar

Saya suka Lucy M Montgomery

avatar

Saya suka ini : Menulislah, maka kamu ada !!

avatar

iyaaa .. jadi penulis harus punya hati yang kebal!

selalu terharu mendengar kisah sukses orang sukses ;)

avatar

iyaaa .. jadi penulis harus punya hati yang kebal!

selalu terharu mendengar kisah sukses orang sukses ;)

avatar

inspiratif sekali, terima kasih ilmunya

avatar

Saya malah belum pernah baca...

avatar

Menulislah untuk keabadian..

avatar

Semoga kita bisa menjadi penulis yang baik dan kebal..

avatar

Sama-sama..
Terimakasih sudah berkunjung...


EmoticonEmoticon