Like Fanpage Bang Syaiha

Pembunuh Bakat dan Kreativitas itu Bernama Sekolah!

By Bang Syaiha | Monday, 23 November 2015 | Kategori: |

Pembunuh bakat dan kreativitas itu bernama sekolah
Pembunuh bakat dan kreativitas itu bernama sekolah 
Pendidikan kita itu aneh!

Mengapa? 

Karena semua murid diharuskan menguasai semua pelajaran. Padahal gurunya saja nggak bisa. Lihat saja, masing-masing guru mengajarkan satu mata pelajaran tertentu. Guru Bahasa Indonesia, jangan diminta mengajar Kimia atau Fisika. Bisa berantakan jadinya. 

Setiap anak punya kemampuan masing-masing. Ada yang suka dan mahir Matematika. Ada yang cinta bahasa Indonesia dan sastra. Maka seharusnya, pendidikan berperan disana. Memupuk kegemaran mereka menjadi sebuah keahlian yang menghasilkan. Jika diibaratkan seperti hewan, anak-anak itu seperti burung, ikan, dan keledai. Memaksa burung untuk bisa berenang di tengah danau, itu sia-sia dan menyiksa.

Sama juga seperti kalian meminta ikan untuk terbang. Kalian letakkan seekor ikan di atas bukit yang terjal, lalu menjatuhkannya. Mau kalian berteriak-teriak: "Ayo, Ikan, kamu pasti bisa terbang! Semangaaat!" sekuat tenaga, ikan tetap tak bisa melakukan. Ia jatuh terkapar dan mati mengenaskan. 

Anak kita memang bukan hewan. Tapi satu pelajaran pentingnya, mereka punya satu keahlian yang seharusnya diasah dengan baik. Bukan malah dijejali dengan puluhan pelajaran yang tak mengenakkan. 

2 komentar


EmoticonEmoticon