Like Fanpage Bang Syaiha

BKS Iyengar dan Fatwa Haram MUI Tentang Senam Yoga

By Bang Syaiha | Monday, 14 December 2015 | Kategori:

BKS Iyengar dan Fatwa Haram MUI Tentang Yoga
Google Doodle: Memperingati Ulang Tahun BKS Iyengar
Siapa BKS Iyengar? Itulah kalimat yang terlintas ketika pagi ini saya membuka Google dan mendaati gambar seperti di atas. Bukan rahasia lagi, bahwa Google sering memperingati momen-momen atau tokoh-tokoh penting dunia dengan mengubah Google Doodle mereka. Beberapa minggu yang lalu, ada Lucy si kera yang berjalan tegak, juga ada Lucy Moud Montgomery, seorang penulis yang pantang menyerah. Kali ini ada BKS Iyengar. Siapa dia?

Rasa penasaran lah yang kemudian menuntun saya untuk mencari tahu siapa BKS Iyengar? Dan saya menemukan, bahwa BKS (Bellur Krishnamachar Sundararaja) Iyengar adalah orang India. Dia terkenal dan mendunia karena merupakan pendiri Iyengar Yoga! Selain melatih beberapa gerakan yoga, Iyengar juga menulis beberapa buku tentang Yoga, diantaranya: Light on Yoga, Light on Pranayama, dan Light on the Yoga Sutras Pratanjali. 

BKS Iyengar lahir pada tanggal 14 Desember 1918 dan meninggal pada 20 Agustus 2014, baru sekitar setahun yang lalu. Ia meninggal di usia yang memang sudah sepuh, 95 tahun. 

Yoga adalah sebuah kegiatan olah raga low impact yang lembut dan berfokus pada kelenturan tubuh, pernapasan, dan meditasi. Dalam melakukan gerakan Yoga, dibutuhkan kefokusan yang tinggi dan pernapasan yang teratur. Dengan demikian, maka hasil yang akan dicapai lebih maksimal dan optimal.

Malaysia dan Zakir Naik mengharamkan Umat Muslim Melakukan Yoga

Benar, Malaysia dan Indonesia, melalui lembaga yang berwenang semisal MUI-nya mereka sudah menfatwakan bahwa Yoga diharamkan bagi umat muslim. Mengapa? Karena dalam gerakan Yoga, ada beberapa ucapan yang harus diikuti ketika dan itu bertentangan dengan al quran dan sunnah. Ada mantra-mantra yang mengarah pada perbuatan syrik (menyekutukan Allah).

Di dalam praktik Yoga, ada juga pemahaman-pemahaman lain semisal reinkarnasi, pengakuan akan kebesaran Tuhan yang bukan diarahkan ke Allah, juga mantra-mantra umat Hindu yang harus dirapalkan. Para peserta diminta melakukan itu semua dengan tujuan (katanya) agar hasil yang diharapkan bisa maksimal dan baik. Ini kan sama saja dengan syirik. Dan karena hal itulah maka Yoga dilarang.

Untuk lebih jelasnya, silakan saksikan video ini. 


Tiga Hal yang Menjadi Poin Khusus Mengapa Yoga Haram!

Fatwa haramnya Yoga yang dikeluarkan MUI bulan Desember tahun lalu, ditekankan pada tiga hal penting ini: 
  1. Yoga murni ritual agama lain (Hindu). Dalam pelaksanaannya ada mantra-mantra yang tidak sesuai ajaran Islam dan harus diucapkan. Karena hal inilah maka Yoga haram dilakukan oleh umat muslim. 
  2. Yoga mengandung meditasi dan doa-doa khusus yang harus dirapalkan. Hal ini pun dikhawatirkan menyeret umat muslim menuju kesyirikan. Maka Yoga haram. 
  3. Yoga murni yang tidak mengandung kedua hal di atas dan hanya bertujuan untuk berlatih pernapasan dan kesehatan, maka hukumnya mubah (boleh dilakukan). 
Nah, dari tiga poin penting di atas, maka kita bisa menyimpulkan bahwa Yoga adalah haram jika mengandung dua hal pertama. Tapi boleh dilakukan jika hanya untuk berolah raga dan berlatih pernapasan. 

Demikian


EmoticonEmoticon