Like Fanpage Bang Syaiha

Blogwalking itu Hukumnya WAJIB bagi yang Mengaku Blogger!

By Bang Syaiha | Wednesday, 30 December 2015 | Kategori:

Blogwalking itu Hukumnya WAJIB bagi yang Mengaku Blogger, Bang Syaiha, http://bang-syaiha.blogspot.co.id/
Blogwalking itu Hukumnya WAJIB bagi yang Mengaku Blogger, Bang Syaiha, http://bang-syaiha.blogspot.co.id/
Di dunia nyata, kita mengenal silaturahim. Itu bisa menyapa teman lama (baik melalui ponsel atau menyapa ketika ketemu langsung), bertanya kabar, atau berkunjung ke kediaman mereka. Silaturahim adalah aktivitas yang dianjurkan dalam agama. Konon, dengan bersilaturahim, kita bisa mendapatkan banyak kebaikan: dimudahkan rejekinya, dipanjangkan umurnya, dan sebagainya. 

Paling simpel, dengan rajin bersilaturahim, setidaknya kita akan mendapatkan sedikit minuman hangat (bisa kopi atau terh) dan camilan. Jika beruntung bisa makan sekalian. Nah, ini kan rejeki yang sayang sekali kalau ditolak. 

Atau, jika kita berkunjung ke sebuah daerah dan ada teman kita disana, maka kita tidak perlu kebingungan akan kemana. Kita bisa menginap dan numpang makan. Kita tidak akan segan jika sebelumnya memang sering bersilaturahim dengannya via apapun. 

Di jaman secanggih sekarang, silaturahim menjadi semakin mudah. Saya misalnya, bisa dipastikan, setidaknya tiga kali dalam seminggu selalu menelpon orang tua di kampung. Bertanya kabar, bertanya perkembangan desa, dan sebagainya. Aktivitas yang sudah rutin ini, ringan dilakukan tapi berefek besar. Orang tua saya menjadi senang dan saya banyak dimudahkan. 

Begitulah, silaturahim membuat kita yang melakukan mendapatkan banyak keuntungan. 

Silaturahim itu sebelas dua belas dengan blog walking (selanjutnya akan disingkat dengan BW) pada dunia perbloggingan. BW adalah aktivitas mengunjungi blog teman, membaca tulisan-tulisannya dan berkomentar ringan. Sebagai blogger, kegiatan ini tak bisa disepelekan. Harus dilakukan sesering mungkin dan rutin. 
Manfaatnya apa?
Pertama, blog kita akan dikunjungi balik. Inilah yang saya lakukan. Siapapun yang komentar di blog ini, maka siap-siap saja mendapatkan kunjungan balasan. Sediakan minuman dan cemilan yang enak ya. Buat tulisan yang saya suka dan berguna. Blogger-blogger lain juga demikian, biasanya mereka akan mengunjungi blog siapa saja yang sudah mampir ke blog mereka. 

Kedua, tulisan kita akan dikomentari balik. Setelah mendapatkan kunjungan, biasanya tulisan kita akan dibaca dan dikomentari. Setidaknya, hal ini akan membuat tulisan kita lebih ramai dan mengundang orang lain ikut membaca dan memberikan komentar mereka. 

Ketiga, rating blog kita akan naik di mata Google. Benar, setelah kedua hal di atas kita dapatkan, maka lambat tapi pasti, blog kita juga akan menjadi terkenal dan ramai dikunjungi orang. Ini akan mendatangkan banyak kebaikan lagi. 
Ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar orang betah berkunjung ke blog kita. Diantaranya:
Satu, buatlah tulisan yang paragrapnya singkat-singkat. Tulisan panjang sah-sah saja, tapi susun ia dengan paragrap dan kalimat yang pendek-pendek. Mengapa demikian, karena pembaca biasanya agak terganggu (juga malas) membaca tulisan yang setiap paragrapnya hingga belasan baris. Ini dunia online dan karakter pengunjungnya adalah mereka yang simpel, tidak ingin bertele-tele. 

Dua, buatlah blog yang mudah diakses, tidak berat, dan simpel. Menunggu adalah hal yang membosankan, tidak enak, dan jarang orang mau melakukan. Pun begitu dalam mengakses blog, jangan sampai orang yang ingin membaca tulisan kita menjadi bosan dan tidak jadi berkunjung hanya karena blog kita berat dan susah diakses. Maka buatlah sesimpel mungkin dan enak dipandang. 

Tiga, hindari widget tidak penting. Banyak blogger yang alay! Memasang banyak widget di blognya. Padahal widget itu nggak ada gunanya. Memasang lagu, gambar-gambar di sidebar, dan sebagainya. Ini membuat blog kalian akan susah diakses dan berat. Kasihan orang yang akan berkunjung kesana. Kita boleh memasang widget apapun, tapi usahakan yang hanya benar-benar dibutuhkan saja. 

Demikian. 


16 komentar

avatar

Setuju nih. Saya ngerasain banget efek dari blogwalking..
Biasanya memang cari waktu untuk bener-bener BW, ke blogger2 yang memang sudah biasa blognya saya kunjungi atau liat referensi2 di group FB, mana yang judul dan temanya saya minati ya pasti saya kunjungi dan sebisa mungkin komen. Thank you share nya :)

avatar

Saya juga ngerasain banget efek dari blog walking, mbak. Jadi banyak kenal orang. Nambah wawasan juga.. Karena tulisan blogger2 ternyata keren2..

avatar

blogwalking untuk tambah kenalan blogger (y)

mampir + komen kak

komen balik gan di blog http://ekienglandmuse.blogspot.co.id/

avatar

Iya, mas.. Bener... BW itu akan nambah temen dan wawasan..

Oke, segera meluncur ke blognya..

avatar

Saya sepakat dengan pendapatmu bung. Sudah jelas anjurannya dalam agama. Tidak diragukan lagi. Nambahin aja, masih banyak yang belum tau dg BW bisa menaikan Alexa dalam waktu cepat asal rutin. Tapi, kesemua itu abaikan. Utamakan niat silaturahmi. Itu aja :D

avatar

Kunjungan nih... menggugurkan "kewajiban" hehe

avatar

Yoyoi, tetap luruskan niat untuk bersilaturahim di dunia maya, niatkan untuk menambah wawasan dan pertemanan. Kalau ada bonus lain berupa menaikkan alexa, syukuri saja.. hehe

Salam kenal

avatar

Hahaha.. Mbak Afra bisa aja..

Saya sering loh mampir ke blog sampeyan, mbak. Kadang komen, kadang hanya membaca saja..

Alhamdulillah dikunjungi balik..

avatar

Assalamu'alaikum.
salam kenal bang.
Alhamdulillah baca blognya bang syaiha jadi semangat nulis.
ibarat manusia, saya adalah bayi yang baru lahir hehe
masih harus banyak belajar.
semoga manfaat bagi saya dn semua :)

avatar

Semoga bayi yang baru lahir itu sehat dan tumbuh dengan baik yaa..

Terimakasih sudah berkunjung dan salam kenal..

avatar
This comment has been removed by the author.
avatar

ini nih yang tips yang cocok sekali buat saya yang sering jalan-jalan ke blog lain tapi tak pernah meninggalkan jejaknya disana

avatar

Sering BW tapi gak di-BW-in balik tu sakitnya disini #nunjukjempol :))

avatar

Lain kali harus dibiasakan meninggalkan jejak, biar dikunjungi balik..

avatar

Hahaha...
Nunjuk dada lah..

avatar

Aku juga pernah bikin postingan tentang blogwalking. Bener Bang, BW itu manfaatnya banget banget. Kayak ini, aku BW di blog Bang Syaiha, pasti baca tulisan-tulisannya yang kuereenn hehe


EmoticonEmoticon