Like Fanpage Bang Syaiha

Buatlah Kata-Kata Hari Ibumu Sendiri

By Bang Syaiha | Tuesday, 22 December 2015 | Kategori: |

Buatlah Kata-Kata Hari Ibumu Sendiri, Bang Syaiha, http://bang-syaiha.blogspot.com/
Buatlah Kata-Kata Hari Ibumu Sendiri
Setiap tanggal 22 Desember, Indonesia merayakan sebuah hari besar, Hari Ibu. Ia adalah hari yang dikhususkan untuk ibu dan semua perempuan Indonesia. Konon, petama kali dicetuskan oleh Ir. Soekarno dulu, tujuan diperingatinya hari ibu adalah untuk menyadarkan semua warga negara Indonesia bahwa perempuan adalah faktor penting kemajuan sebuah bangsa. 

Jika baik perempuan-perempuan pada sebuah negara, maka baik negara itu kelak. Tapi jika sebaliknya, maka tunggulah, bahwa kehancuran bisa terjadi kapan saja. 

Hari ibu pertama kali diresmikan pada kongres perempuan pertama yang dilakukan pada 22 - 25 Desember 1928. Ketika peresmian itu, Ir Soekarno berpesan kepada semua perempuuan, bahwa mereka adalah tonggak penting sebuah negara. Perempuan harus berpendidikan tinggi, aktif di beragam kegiatan -termasuk dalam politik dan kenegaraan, juga pada bidang-bidang lainnya. 

Hanya saja, semakin kesini, peringatan hari ibu semakin mengalami penyempitan makna. Sekarang, hari ibu lebih identik hanya dikhususkan untuk mengungkapkan rasa sayang kepada ibu kita saja, orang yang telah melahirkan dan membesarkan kita. Hari ibu bukan lagi sebuah hari penting untuk mengingat betapa seorang perempuan (bukan hanya ibu kita, bukan hanya yang sudah menikah saja), harus melakukan banyak hal untuk bangsa dan negara. 

"Jadi, peringatan hari ibunya salah, Bang Syaiha?" 

Nggak juga. Nggak ada yang salah. Cuma, ke depan, alangkah lebih baik, ketika merayakan hari ibu, ingat juga perempuan-perempuan lain yang ada di sekitar kita. Ingat janda-janda miskin yang harus dibantu, ingat gadis-gadis lain yang memiliki semangat juang tinggi untuk membantu sekitar, ingat semua perempuan Indonesia dan dukunglah apa yang mereka lakukan selagi masih dalam koridor kebaikan. 

Ada yang Menggelitik di Hari Ibu Sekarang

Nah, pagi ini, ketika saya sedang menyesap secangkir kopi hitam yang hangat, saya iseng membuka google trends, ingin melihat apa yang lagi booming dan banyak dibicarakan orang-orang. Dan benar saja, hari ibu ada di antara sekian banyak berita yang lagi ramai. Apa yang menggelitik saya? Lihat gambar di bawah ini!

Buatlah Kata-Kata Hari Ibumu Sendiri, Bang Syaiha, http://bang-syaiha.blogspot.com/
Buatlah Kata-Kata Hari Ibumu Sendiri
Lihat, Kata-Kata Hari Ibu ada di urutan kedua dengan total pencarian sebanyak 20.000 kali. Melihat gambar ini, saya senyum-senyum sendirian, betapa orang-orang, ketika ingin mengucapkan selamat hari ibu masih kebingungan dan sampai-sampai harus bertanya ke Google, kata-kata apa yang bagus? Google dijadikan tempat curhat, tempat bertanya banyak hal dan sebagainya. 

Padahal, simpel, jika ingin mengucapkan rasa cinta dan sayang cukup dengan bahasa sendiri saja. Tidak usah bertanya ke google. Biarkan kata-kata yang kita gunakan mengalir apa adanya dan itu jauh lebih indah. 

Caranya bagaimana? 

Pertama, ingat semua kebaikan dan kasih sayang yang telah diberikan oleh ibu kita (atau perempuan-perempuan lain yang akan kita beri ucapan selamat hari ibu). Setelah jelas apa kebaikan mereka, lalu bayangkan dan rasakan betapa mereka sungguh luar biasa. 

Kedua, jika sudah berhasil mengingat kembali momen penting itu, barulah ucapkan kata-kata sederhana dari dalam lubuk hati. Jangan hanya karena ingin bagus, lalu kalian cari kalimat di google dan mengkopi pastenya, itu malah terkesan seperti ucapan palsu yang tak mengasikkan. 

Lakukan saja dua hal itu, maka semuanya akan menjadi mudah. Selamat mencoba dan selamat hari ibu untuk semua perempuan Indonesia!

2 komentar

avatar

Kata2 yang jujur dan murni, lebih bail daripada dari gugel. Haha... Mantap!

avatar

Bener.. Mendingan kata sendiri, meski sederhana, tapi itu dari hati nurani sendiri..


EmoticonEmoticon