Like Fanpage Bang Syaiha

Harbolnas: Harinya Perempuan!

By Bang Syaiha | Saturday, 12 December 2015 | Kategori: |

Bukalapak, Matahari Mall, Zalora, Harbolnas, Hari belanja online nasional, bang syaiha, www.bang-syaiha.blogspot.com
Harbolnas, Hari belanja online nasional
Sejak kemarin, teman-teman saya di grup whatsapp, di BBM, dan di dunia nyata sibuk sama harbolnas, hari belanja online nasional. Jujur saja, selama hidup hampir 30 tahun di dunia, saya baru pertama kali mendengar kata itu, harbolnas. Tahun lalu, juga tahun-tahun sebelumnya harbolnas tidak ada. Lah kok sekarang ada? Ini ulah siapa?

Usut punya usut nih ya, harbolnas di Indonesia ternyata sudah dirayakan sejak tahun 2012 dan 2013. Hanya saja, mungkin saya kurang piknik, makanya tak pernah dengar, atau lebih tepatnya tidak memperhatikan. Maklum, karena bagi saya, harbolnas itu hari khususnya perempuan. Mengapa harbolnas itu harinya perempuan? Karena yang suka belanja biasanya ya perempuan. 

Buktinya, beberapa hari ini, teman-teman saya yang heboh tentang harbolnas di whatsapp dan BBM semuanya perempuan. Berseru-seru bilang: "Woi, di Bukalapak lagi diskon gede-gedean nih! Diskonnya sampai 70 persen lebih!" 

Ada juga yang berkata: "Iya, di Zalora dan Matahari Mall juga. Semuanya ngasih promo dan potongan harga yang nggak tanggung-tanggung. Belanja buruan!" 

Dan puncaknya, pagi ini, istri saya saja sampai berceloteh begini: "Beuh, kalau nggak nahan-nahan, ummi mah pengen belanja banyak, Bi! Gatel nih tangan (juga mata kali ya) ngeliat diskon yang gede banget. Soalnya hari-hari biasa diskonnya nggak mungkin segitu!" 

Beruntungnya, istri saya tidak kalap lalu belanja habis-habisan. 

Sejarah Harbolnas!
Di Amerika, Kanada, Inggris, Jepang, dan Jerman dikenal istilah Cyber Monday! Itu adalah sebuah hari saat para pebisnis online melakukan promo besar-besaran setelah hari Tahnksgiving, hari liburnya orang Amerika setelah panen raya. Cyber Monday dilakukan untuk mengedukasi masyarakat bahwa belanja online adalah sebuah pilihan tepat dan banyak kemudahannya: tidak lelah kesana kemari dan bisa dilakukan sambil duduk atau bekerja di kantor. 

Melihat perayaan Cyber Monday yang berhasil mendorong orang untuk melakukan pembelian online, Indonesia lalu mengikutinya sejak tahun 2012. Pelan tapi pasti, perayaan harbolnas ini menggerakkan banyak orang, terutama perempuan untuk belanja dan menghabiskan uangnya di beberapa toko online. Buktinya saja nih ya, hari ini, ketika iseng membuka google trends, yang berada di urutan satu hingga tiga, semuanya lapak-lapak jualan. 

Bagaimana Menyikapi Hari Harbolnas?
Tidak ada yang salah dengan harbolnas, selama kita bisa mengontrol diri dengan baik. Belilah barang-barang yang memang kita butuhkan dan jangan asal. Belanja online, walau bagaimanapun tetap butuh kehati-hatian dan kepercayaan. Belilah barang-barang di tempat yang sudah kita percaya. 

Selanjutnya, jangan kalap dan membeli apa saja. Padahal, belum tentu kan barang yang kita beli itu dibutuhkan. Murah memang, tapi kalau tak ada gunanya dan kita tak butuh ya buat apa. Iya nggak? 

Akhirnya, karena hari ini adalah hari terakhir harbolnas, maka selamat melihat-lihat dan berbelanja! Ingat dua hal di atas: jangan kalap dan beli barang yang memang diperlukan. 

Demikian 


EmoticonEmoticon