Like Fanpage Bang Syaiha

Hey Mahasiswa, Cobalah Kreatif dan Segeralah Berpenghasilan!

By Bang Syaiha | Saturday, 26 December 2015 | Kategori: | |

Hey Mahasiswa, Cobalah Kreatif dan Segeralah Berpenghasilan, Bang Syaiha, http://bang-syaiha.blogspot.co.id/
Hey Mahasiswa, Cobalah Kreatif dan Segeralah Berpenghasilan!
Sambil menyesap kopi hitam buatan istri saya, pagi ini tetiba saja kepala saya ingat pada masa-masa kuliah. Saya kuliah di IPB dengan jurusan yang banyak diminati disana, Ilmu dan Teknologi Pangan (selanjutnya akan saya singkat ITP saja). Orang-orang bilang, itu adalah jurusan yang super sibuk dan selalu banyak praktikum (itu juga berarti banyak laporan yang harus dikerjakan). Dari bisik-bisik tetangga yang saya dengar, jurusan ITP juga merupakan tempat berkumpulnya orang-orang pinter dan jenius. 

Dan semuanya memang terbukti benar. Di kelas, hampir setiap hari ada praktikum dan tentu saja harus membuat laporan. Teman-teman saya juga semuanya pintar-pintar. Keningnya lebar dan banyak yang menggunakan kacamata (kecuali saya tentu saja). Saya ini anak desa, orang kampung yang nekat saja masuk di IPB. Iseng-iseng, eh taunya diterima. 

Ketika kuliah, sesibuk apapun waktu itu, saya tempat punya waktu luang. Laporan berhasil saya kerjakan tepat waktu. Mata kuliah dan tugas-tugas juga demikian. Saya tetap punya waktu banyak untuk sekedar main game, nonton film, dan berjualan. 

Ya, saya berjualan. Bukan karena uang kiriman tiap bulan kurang. Bukan! Justru sebaliknya, uang kiriman saya tiap bulan berlebih. Saya saja sampai bisa menabung dan menyisihkan beberapa. 
Lalu mengapa saya berjualan? 
Pertama, karena saya merasa ketika kuliah punya banyak waktu luang yang kalau dibiarkan begitu saja terlihat sayang sekali. Ada satu dua hari yang hanya kuliah sekali, dua jam saja. Selebihnya saya nganggur. Diam di kontrakan, tidur-tiduran, atau malas-malasan. Setelah saya pikir, kok rasanya rugi sekali saya kalau waktu sedemikian luang itu dibuang percuma. Karena itulah, maka kemudian saya berpikir untuk berjualan: menjajakan pulsa dan membangun lembaga privat bersama teman-teman. 

Kedua, mengapa saya berjualan? Karena waktu itu saya ingin segera bisa menghasilkan uang dan hidup mandiri. Benar bahwa saya pincang (kaki kanan saya polio dan jalannya nggak normal), dan karena itulah saya harus segera hidup dengan kemampuan sendiri, agar kelak tak banyak merepotkan orang-orang dan keluarga. Alhamdulillah, dari sedikit usaha dan kerja keras, ketika kuliah saya sudah bisa menghasilkan uang minimal 2 juta setiap bulan dari usaha kecil-kecilan yang saya rintis. 

Ketiga, mengapa saya berjualan ketika kuliah? Tidak lain adalah untuk melatih diri saya untuk tidak manja. Hidup itu keras dan kita harus siap dengan segala rintangan yang ada di depan. Hidup itu berat dan kita harus kuat. Sama seperti seorang olahragawan, untuk bisa menang di setiap pertandingan, mereka harus berlatih setiap hari, sesering mungkin. Dan saya, untuk bisa survive pada setiap hambatan di kehidupan, maka harus menyiapkannya diri sejak dini. 

Lalu apa saja yang bisa dijual ketika kuliah? 

Ada banyak! Bayangkan saja, di kampus saya itu jumlah mahasiswanya ada sekitar 20ribu orang. Itu kan jumlah yang luar biasa banyak. Di dalamnya ada bejibun kebutuhan dan keinginan yang bisa kita jadikan uang. Asal jeli melihat peluang maka kita akan menang. Nah, untuk kalian yang masih mahasiswa, lihat baik-baik kehidupan di sekitar kalian sekarang. Manfaatkan peluang yang ada dan segeralah untuk menghasilkan uang. 

Demikian!

6 komentar

avatar

Pada intinya kita sebagai mahasiswa harus mampu melihat peluang yang ada ya mas...

avatar

ujung2nya kelar kuliah kan mau kerja, kalo ada peluangnya skrg kenapa gak ya, di coba

avatar

Iya, bener..
Bisa mengambil peluang dan memanfaatkannya..

avatar

Iya, mbak. Harus bisa mengambil peluang segera..

avatar

ane juga walau dah kerja mau coba jd pengusaha juga :D semangat


Downloadsareas

AboutDesign


EmoticonEmoticon