Like Fanpage Bang Syaiha

Jangan Upload Foto Sembarangan di Facebook

By Bang Syaiha | Thursday, 3 December 2015 | Kategori:

Jangan Upload Foto Sembarangan di Facebook
Jangan Upload Foto Sembarangan di Facebook

Dalam Islam, sebenarnya semua sudah diatur dengan jelas. Mulai dari hal-hal yang kecil dan sepele seperti masuk ke kamar mandi hingga, maaf, cebok sekalipun ada adabnya. Ada tata cara dan doanya. Islam mengatur dengan sangat baik, mulai dari kita bangun tidur, sampai tidur lagi. Lengkap sudah. Jika yang kecil saja diatur dengan sedemikian baik, apatah lagi untuk urusan yang besar dan krusial semisal menutup aurat. 

Tegas sekali, aurat lelaki adalah dari pusar sampai bawah lutut. Sedangkan aurat perempuan adalah seluruh tubuhnya kecuali wajah dan telapak tangan. Maka tutuplah apa yang seharusnya ditutup. Baik saat berkegiatan sehari-hari, apalagi di dunia maya. Jangan sembarangan mengupload foto di facebook, apalagi foto yang tak tertutup auratnya. 

Seperti seorang perempuan ini, anggap saja namanya Bunga. Ia adalah perempuan yang semasa hidupnya gemar berselancar di dunia maya. Banyak foto yang diunggahnya di dunia maya dan sebagian besar tidak menutup dengan baik auratnya. 

Ketika meninggal karena sebuah sebab, ibunya sering bermimpi. Perempuan ini mendatangi ibunya dalam mimpi dan meminta menghapus semua fotonya di facebook. Malangnya, ibunya tak mengerti bagaimana masuk ke akun facebook anaknya hingga ia tak bisa melakukan permintaan anaknya ini. 

Pelajaran yang bisa diambil dari kisah ini adalah: 

Pertama, kematian bisa datang kapan saja. Tidak peduli muda dan tua, tidak peduli sehat atau sakit dan menderita. Ada yang masih muda belia, dipanggil duluan menghadap tuhan pencipta alam semesta. Sebabnya? Bisa apa saja: sakit, kecelakaan, atau bencana. Maka sebelum kematian datang menyapa, lebih baik segera berbenah dan membersihkan semua akun media sosial dari hal-hal yang tidak baik. 

Kedua, apapun yang kita tinggalkan di dunia ini akan menjadi penyumbang dosa atau pahala di akhirat kelak. Misalnya, jika selama hidup kita sering membuat tulisan tak senonoh lalu banyak yang terinspirasi dan lalu mempraktikkan pesan di dalamnya, maka kita pun akan menerima dosanya. Ini kan mengerikan sekali. Apalagi apa yang ada di dunia maya ini gampang sekali menyebarnya. 

Di akun pribadi mungkin sudah dihapus, tapi jika sudah dikopi oleh banyak orang, maka bisa saja masih menyebar kemana-mana. 

Ketiga, tutuplah aurat dan teruslah berbenah. Sejalan dengan hikmah di poin pertama, karena kematian bisa datang kapan saja, maka segeralah bertaubat dan memperbaiki diri. Isi waktu dan hari-hari dengan hal-hal positif. 

Demikian 

5 komentar

avatar

utk berselancar media sosial sebaiknya memang harus ada filter-nya

avatar

Iya mbak, harus bener2 kuat iman dan takwanya nih.

avatar

Semoga kita terhindar dari hal2 demikian ya, mbak..

avatar

duuuh ngeri ya Allah takuut


EmoticonEmoticon