Like Fanpage Bang Syaiha

Kecelakaan Maut di Tol Cipali: Penyebab, Kronologis, dan Hikmahnya!

By Bang Syaiha | Friday, 4 December 2015 | Kategori:

Kecelakaan Maut di Tol Cipali: Penyebab, Kronologis, dan Hikmahnya!
Korban meninggal ada 11 orang
Shubuh kemarin, ada kecelakaan maut terjadi di tol Cipali. Tidak tanggung-tanggung, korban yang meninggal bahkan mencapai 11 orang. Tentu ini bukan korban yang sedikit. Jika dalam kecelakaan biasanya hanya satu dua orang saja, kali ini belasan. Banyak sekali. 

Kecelakaan yang terjadi bukan kecelakaan tunggal, itulah sebabnya korban yang meninggal banyak. Konon, ada mobil elf yang membawa penumpang melaju kencang. Hingga di km 137, mobil ini menabarak bagian belakang mobil lain dan menyebabkan rusak parah. Sedangkan mobil yang ditabrak, sampai saai ini masih belu diketahui. Ia kabur melarikan diri. 

Kecelakaan Maut di Tol Cipali: Penyebab, Kronologis, dan Hikmahnya!
Mobil elf rusak bagian depan hingga tengah
Penumpang mobil elf ini ada 19 orang: 11 orang meninggal di tempat, sedangkan 8 orang lainnya mengalami luka ringan dan berat. Saat ini, mereka di rawat di RS Plumbon, Cirebon dan RS Mekar Arum Subang. 

Berikut adalah nama-nama korban yang meninggal itu:

1. Sanumar (75 tahun), 
2. Desyati (45 tahun)  
3. Bais, anak dari Desyati berusia (5 tahun), 
4. Asep Sultoni (28 tahun), 
5. Agung (20 tahun), 
6. Rasikin (40 tahun), 
7. Wasiroh (38 tahun) 
8. Rifaul Ulya, anak dari Wasiroh yang berusia 4 tahun
9. Torikin (35 tahun) 
10. Rojak (24 tahun)
11. Satu jenazah terakhir belum teridentifikasi. 

Mengapa Sering Terjadi Kecelakaan di Tol Cipali?

Sejak diresmikan, tol Cipali memang sudah banyak memakan korban. Kecelakaan sering terjadi disana. Hal ini mengundang pertanyaan banyak orang: "Mengapa sering terjadi kecelakaan di tol Cipali?" dan pertanyaan ini, lalu mendapatkan beragam jawaban pula, diantaranya: 

Pertama, ada markas jin di sekitar tol Cipali, namanya adalah batu Bleneng. Batu ini teronggok di pinggir tol Cipali. Ia berupa batu hitam setinggi sekitar 2 meter. Masyarakat sekitar percaya bahwa di dekat batu itu sering terjadi hal-hal aneh seperti suara-suara, penampakan, atau apa saja. Batu ini berada di km 90. 

Kecelakaan Maut di Tol Cipali: Penyebab, Kronologis, dan Hikmahnya!
Kerajaan jin batu Bleneng
Konon, ketika pembangunan tol ini, batu ini pernah dicoba akan dibuang saja, tapi tidak bisa. Itulah sebabnya ia tetap ada sampai sekarang. 

Kedua, sebab sering terjadinya kecelakaan di tol Cipali adalah karena jalanan yang mulus, landai, dan lurus. Tol ini tidak berkelok-kelok. Akibatnya, banyak pengemudi yang maunya menginjak pedal gas terus, sehingga kendaraannya akan melaju kencang. Ditambah lagi, pemandangan di sekitar tol Cipali terlihat begitu menawan: asri dan hijau. 

Kecelakaan Maut di Tol Cipali: Penyebab, Kronologis, dan Hikmahnya!
Tol Cipali: lurus, landai, dan indah
Itu kan bahaya: kendaraan melaju kencang sedangkan mata kemana-mana. Ketika ada mobil di depannya memperlambat laju, maka kendaraan di belakang akan menabrak. 

Karena hal ini pula, maka sebagian besar kecelakaan yang terjadi di tol Cipali ini hanya menabrak bagian belakang mobil lain, atau mobil keluar jalur dan menabrak pembatas jalan atau apa saja. Mungkin sopirnya mengantuk atau sibuk melihat kiri-kanan jalan. 

Dari dua penyebab ini, saya rasa, penyebab yang kedua lebih rasional dan masuk akal. Kecelakaan terjadi karena faktor human eror seperti pengemudi mengantuk, rem blong, atau kendaraan yang melaju terlalu kencang dan lepas kendali. 

Sehingga untuk menghindari terjadinya kecelakaan selanjutnya, maka ada beberapa hal yang bisa dilakukan. Misalnya, memastikan kondisi pengendara kendaraan dalam keadaan segar bugar, memastikan kondisi mobil baik dan layak digunakan, serta melakukan istirahat jika dirasa perlu. 

Hikmah yang bisa kita ambil dari kecelakaan kemarin, sekali lagi, mau bisa mendatangi kita kapan saja. Bisa dengan kecelakaan, sakit tiba-tiba, atau tidur tidak bangun lagi. Nah, kita harus mempersiapkan diri dengan amal kebaikan yang banyak dan bertaubat jika telah melakukan kesalahan. 

Demikian 


EmoticonEmoticon