Like Fanpage Bang Syaiha

Miris, Ingin Mati Hanya Karena Tak Lulus Kuliah di Kampus Negeri!

By Bang Syaiha | Wednesday, 23 December 2015 | Kategori: |

Miris, Ingin Mati Hanya Karena Tak Lulus Kuliah di Kampus Negeri, Bang Syaiha, http://bang-syaiha.blogspot.co.id/
Miris, Ingin Mati Hanya Karena Tak Lulus Kuliah di Kampus Negeri!
Jadi, kemarin siang saya iseng mengetikkan beberapa kalimat di Google. Maksudnya sih cuma ingin tahu, apa yang akan Google sodorkan dari kalimat-kalimat yang saya masukkan itu. Saya memulai memasukkan nama saya, Bang Syaiha. Muncullah beragam situs yang memuat nama unik saya ini. Mulai dari yang membahas tentang mengapa saya menulis setiap hari, hingga ada satu dua blog yang kopi paste abis tulisan-tulisan saya di blog! 

Pada titik tertentu, saya kemudian iseng memasukkan kalimat, "Ya Tuhan, apa yang harus saya lakukan?" 

Dan tak menunggu lama, beragam jawaban datang dari Google! Saya klik beberapa situs dan tercengang ketika mendapati sebuah keputus-asaan  seperti gambar di atas (Semoga kalian bisa membaca tulisan di gambar itu dengan jelas ya!) 

Jadi, gambar itu adalah sebuah uneg-uneg yang disampaikan oleh salah satu generasi kita. Dia sudah lulus SMA dan ingin masuk perguruan tinggi. Beragam cara sudah dilakukan: ikut bimbel disana-sini, terbang ke kota lain untuk ikut les yang lebih keren, dan sebagainya. Hingga kemudian, saat ada tes masuk perguruan tinggi, ia ikut. Malang, ia tak berhasil lolos. 

Tidak menyerah, ia kemudian ikut les lagi. Ikut bimbel lagi. Katanya, orang tuanya sudah menghabiskan banyak uang untuk itu semua. Di tahun berikutnya, ia ikut tes lagi dan ternyata gagal. Di kasus lain, ada temannya (yang menurut si penulis nggak pinter-pinter amat), justru bisa masuk perguruan tinggi dengan mudah. Temannya itu ikuat tes dan lulus. 

Nah, karena beberapa kali kegagalan inilah, si penulis yang saya nggak kenal itu putus asa. Dia merasa tidak berguna, merasa bodoh, dan tidak membahagiakan orang tuanya. Kemudian, di ujung kalimat ia sampai berdoa agar Tuhan segera mengambil nyawanya. 

Miris!

Tidak Lulus Masuk Perguruan Tinggi Bukan Akhir Dunia 

Ya, benar, tidak masuk PTN bukan akhir kehidupan. Karena masih banyak perguruan tinggi lain yang bisa menerima. Bisa di swasta atau bisa juga berkarya, melakukan banyak hal bermanfaat dan berguna buat banyak orang. Banyak kok teman-teman saya yang tidak kuliah dan memilih bekerja. Dan mereka tak kalah sukses dibandingkan orang-orang. Punya penghasilan lebih dan bisa hidup bahagia. 

Jadi, saya rasa, menganggap bahwa satu-satunya keberhasilan adalah masuk PTN merupakan sebuah anggapan keliru. Terlalu naif dan dangkal malah. Seharusnya, ketika tidak diterima di sebuah perguruan tinggi, lakukan evaluasi. Barangkali jurusan yang dipilih terlalu tinggi gradenya, terlalu banyak saingannya. Jika demikian, bisa ambil jurusan yang sama tapi di kampus yang lain. 

Kuliah itu bukan masalah keren-kerenan kampus! Maka dimana saja tidak masalah. Yang penting jurusan itu kalian suka dan memang sudah sesuai dengan cita-cita yang diharapkan. 

Jangan Mudah Putus Asa!

Hidup itu kumpulan masalah. Maka mengharapkan hidup tenang, semua keinginan terpenuhi tanpa harus berjuang, dan bersusah-susah, adalah sama saja kalian mengharapakan pesawat terbang parkir di stasiun. Hampir mustahil! 

Dan ketika masalah itu datang, hadapi saja. Kita tentu percaya bahwa masalah yang datang pasti sudah sesuai dengan kemampuan yang kita punya. Tuhan tidak akan memberi beban di luar batas kemampuan kita, toh! Anak SD pasti berbeda ujiannya dengan mahasiswa. Setiap guru memberikan ujian sesuai kemampuan siswanya. Apalagi Tuhan, dia lebih bijaksana dibandingkan seorang manusia. Bahkan tidak bisa dibandingkan. 

Jika masalah datang, hadapi saja! Sebesar apapun dia, kita punya Tuhan yang lebih besar.

Demikian!

6 komentar

avatar

Wah jgn sampe kayak gitu dah, jalan masih panjang masih ada cara lain untuk kuliah. Gak mesti yg negri ato yg favorit, tergantung sama diri sendiri klo niat mau berprestasi.

avatar

Bener banget... Yang dimanapun kuliah yang penting berprestasi..

avatar

Dl saya ikut tes, gak lulus trus mandek. Krj sampe skrg dan ya saya bahaga. Malah teman2 lain yg lulus kuliah malah nganggur

avatar

Masih ada jalan untuk sukses. Santai aja.

avatar

Hahaha.. bener, jaman sekarang, banyak sarjana pengangguran..

avatar

Tepat sekali Mr. Aneh..
Oiya, selamat hari libur yaa


EmoticonEmoticon