Like Fanpage Bang Syaiha

Tentang Bang Syaiha

By Bang Syaiha | Thursday, 3 December 2015 | Kategori:

Tentang Bang Syaiha
Tentang Bang Syaiha 
Nama lengkap saya sebenarnya Syaiful Hadi. Hanya saja, nama ini, Syaiful, sudah banyak sekali yang punya. Bayangkan saja, lah wong pas kuliah aja, seangkatan ada empat orang yang namanya Syaiful. Ada Syaiful Bahri, ada Syaifullah, ada Syaiful saja. Saking banyaknya nama Syaiful itulah maka kemudian, teman-teman saya berinisiatif membuat nama panggilan masing-masing.

Syaiful Bahri dipanggil Syaiba, Syaifullah dipanggil Ipul, dan saya dipanggil Syaiha, kependekan dari Syaiful Hadi.

Ternyata, masalah belum selesai. Karena ketika saya mulai menulis dan ngeblog, banyak orang yang mengirim bahwa saya perempuan. Sering kali orang-orang menghubungi saya via pesan singkat atau telpon dan langsung menyapa, "Bisa bicara dengan mbak Syaiha?"

Haduh! Saya kan laki-laki tulen. Sekarang malah sudah beristri (kunjungi blog istri saya juga ya DISINI) dan memiliki buah hati.

Karena hal inilah (banyak yang memanggil saya dengan sapaan mbak), maka saya membuat blog dengan sapaan Bang di depannya. Bang adalah sapaan untuk seorang lelaki yang lebih tua (atau dihormati) di Sumatera. Selain itu, sejak SMA memang ada beberapa teman yang memanggil saya dengan sebutan Bang. Karena itulah, nama blog saya Bang Syaiha.

Saya Menderita Polio Sejak Usia Satu Tahun!

Ya, benar! Sekarang saya penderita polio di kaki kanan. Kaki ini tumbuh jauh lebih kecil dibandingkan kaki yang sebelahnya dan tak berdaya. Jangankan untuk menggerakkannya, menggoyangkan sendiri saja tak bisa. Jadilah setiap kali melangkah berjalan, kaki kanan saya ini harus dipegangi, digenggam menggunakan tangan kanan.

Dulu, ketika berusia satu tahun, saya menderita sakit panas dan dibawa ke puskesmas. Satu dua kali kesana, saya diberi obat penurun panas saja. Mantri (waktu itu belum ada dokter) sudah menganjurkan disuntik, tapi ayah saya (almarhum) menolak karena saya masih kecil. Kasihan. Namun, ketika obat penurun panas habis, suhu tubuh saya tak kunjung normal. Sehingga dikunjungan ketiga, mau tidak mau saya harus disuntik di bokong sebelah kanan.

Keesokan harinya, panas saya kembali normal. Hanya saja, kaki kanan saya menjadi lemas dan tak berdaya. Ketika merangkak, ia hanya diseret-seret saja, tidak bisa saya gerakkan sendiri. Nah, sejak saat itulah saya tumbuh menjadi lelaki yang pincang kaki kanannya. Tumbuh lebih kecil dan jalan tak bisa normal.

Seorang Dukun Mengganti Nama Saya Menjadi SURIPTO!

Jadi begini, ketika mengetahui kaki saya tidak normal, orang tua saya lansung bertindak cepat. Segala macam cara ditempuhnya untuk menyembuhkan. Apapun dilakukan. Mulai dari membawa saya berobat dengan cara medis maupun non medis. Tak pernah lelah, setiap ada kabar berita tentang orang pintar yang bisa menyembuhkan segala macam penyakit, kesanalah saya dibawa.

Suatu kali (ini menurut cerita orang tua saya), ayah dan ibu membawa saya ke seorang dukun dan berobat disana. Alih-alih diobati dengan dipijat atau diurut, saya malah diharuskan mengganti nama menjadi SURIPTO!

Apa pasal? Katanya, nama SYAIFUL HADI itu terlalu bagus untuk seorang anak kampung seperti saya. Nama itu terlalu berat dan akan menyebabkan orang yang menyandangkan akan mudah diserang penyakit dan bala lainnya. Beruntunglah orang tua saya tidak menuruti itu semua. Karena bisa dibayangkan jika nama saya diganti menjadi SURIPTO, bisa lebih parah kayaknya hidup saya (Hahahaha..)

Jadi, jangan panggil saya SURIPTO ya! Panggil Bang Syaiha saja!

Karir Pendidikan Saya!

Saya sekolah dasar di SDN 27 Air Dikit, Kabupaten Mukomuko, Bengkulu. Sekarang, nama SD-nya pasti bukan SDN 27 lagi. Entahlah! Sudah jarang kesana.

Selanjutnya, saya bersekolah di SMPN 9 Dusun Baru V Kota, Kabupaten Mukomuko, Bengkulu. Ini juga sama, namanya bukan SMPN 9 lagi. Terakhir kali mengunjunginya, sudah berubah menjadi SMPN 4 Dudun Baru.

Ketika SMA, saya memutuskan pergi ke kota Propinsi Bengkulu dan bersekolah di SMAN 5 Kota Bengkulu. Letak sekolah tepat di depan stadion Bengkulu. Sehingga setiap ada konser artis terkenal, kami terkena imbasnya. Macet dan mengganggu.

Selanjutnya, saya kuliah di Institut Pertanian Bogor (IPB) jurusan Ilmu dan Teknologi Pangan (ITP). Saya masuk kuliah tahun 2006 dan lulus 2010. Lulus tepat waktu dengan nilai yang sangat memuaskan.

Sekarang, ketika menuliskan postingan ini, saya sedang melanjutkan kuliah Pasca Sarjana di Universitas Ibn Khaldun Bogor, pada jurusan Manajemen Pendidikan Islam. Doakan saya, karena sekarang sedang menyusun tugas akhir dan semoga bisa lulus segera.

Aktivitas Saya Sekarang!

Saya adalah seorang guru pada sebuah sekolah milik Dompet Dhuafa. Disana, saya mengajar Kimia dan Matematika. Nah, disela-sela saya mengajar itulah, saya menulis buku dan ngeblog. Menurut saya, dua aktivitas ini (menulis dan ngeblog) adalah kegiatan yang baik dan sudah seharusnya dilakukan oleh seorang guru.

Selanjutnya, selain mengajar, menulis, dan blogging, saya juga beberapa kali diundang ke beberapa kegiatan untuk menjadi pembicara, narasumber, atau apalah (silakan hubungi saya di 08567930929 atau 081311200677). Semuanya adalah hobi yang ingin saya kembangkan, Semoga dengan begini, saya tetap bisa berbagi kebaikan buat banyak orang.

Saat ini, saya juga diamanahi sebagai ketua FLP Bogor. Ini adalah sebuah komunitas kepenulisan yang sudah ada sejak 1997. Sudah banyak penulis-penulis terkenal yang lahir dari komunitas ini. Sebut saja Kang Abik, Gola Gong, Afifah Afra, Helvy Tiana Rosa, Asma Nadia, dan sebagainya. Semoga saja suatu saat saya bisa berada di jajaran nama mereka. Sebuah mimpi yang terlihat tinggi sekarang.

Beberapa Hal yang Sudah Saya Dapatkan dari Menulis di Blog:

  • Juara dua nasional lomba menulis buku. Yang saya ikutkan adalah naskah novel Sepotong Diam
  • Masuk dalam 25 penulis terbaik nasional pada lomba Karya Pelangi
  • Hanya dua kali mengirimkan tulisan ke koran dan kedua2nya diterima, dipublish. 
  • Diliput televisi karena salah satu reporter mereka terdampar di blog saya.
  • Sudah menerbitkan lima buku. 
  • Diundang ke beberapa seminar dan pelatihan sebagai pembicara
  • Menjadi salah satu kontributor pada sebuah majalah
  • Menjadi blogger favorit di lomba yang diadakan di Sari Husada
  • Dan lain-lain.. 

Akhirnya, saya ucapkan terimakasih buat siapa saja yang sudah mampir dan membaca tulisan saya di blog sederhana ini. Silakan bagikan jika ada yang bermanfaat dan berguna. Jangan lupa kritik dan saran yang membangun jika ada yang harus diperbaiki disini.

Terimakasih.

Untuk lebih mengenal saya, teman-teman bisa menyaksikan video ini:


37 komentar

avatar

Jadi tahu lebih banyak tentang Bang Syaiha, nih.... ^_^

avatar

Semoga kelak saya lebih tahu banyak juga tentang mas Koko..

avatar

Luar biasa. Bang Syaiha menginspirsi.

avatar

Saya tdk tau hrs bilang apa...speecless....terharu....menginspirasi....kuat....tegar...bersemangat....relijius....top markotop

avatar

Terharu..malu pada diri sendiri karna ngrasa belum berbuat apa2..,
campur aduk..

Semoga Allah senantiasa memberi kekuatan dan kemudahan buat Bang Syaiha,keluarga dan anak didik nya..aamiin..

avatar

Terimakasih sudah berkunjung...

avatar

Terimakasih doanya ya, mbak..
Semoga mbak Helen juga demikian..

avatar

Subhanallah...luar biasa bang.
Menginspirasi (y)

avatar

Waw. Keren sekali.
Oh ya. Kayaknya nama Suripto lebih cocok deh. Hehehee..
Just kidding..

avatar

Terimakasih sudah berkunjung..

avatar

Hahaha... Nggak keren ah..

avatar

Kalo suripto nggak cocok jadi bloger... Cocoknya buat nama paranormal Ki Suripto gitu...hehe

Ternyata nyangkut di sini... Pantesan Bolak balik ke sana sepi...

avatar

Paranormal? Hahahaha...
Ngeri banget aku jadinya, mbak..

avatar

Salam kenal bang Syaiha. Saya lebih tua dari anda tapi tetap panggil bang karena anda suka dipanggil bang. Saya senang berteman dengan orang-orang inspiratif seperti anda. Terus berkarya ya.

avatar

Salam kenal mbak..
Senang juga atas kunjungannya disini, terimakasih atas doanya..

avatar

Super...
Terharu baca kisahnya bang...
Senang bisa mengenal bang syaiha..

avatar
This comment has been removed by a blog administrator.
avatar

salut sm bang syaiha...sy jd kenal bang syaiha...sedikit penasaran terjawab

avatar

Keren bang Syaiha...
Guru dan penulis. Aku juga pengen jadi seperti itu..., hehe

avatar

Bangga bisa mengenal bang Syaiha yang menginsirasi banyak orang. Dan jadi semakin semangat menulis, belajar untuk memperbaiki kualitas tulisan. Selamat ya bang Syaiha. :)

avatar

Salut Bang Syaiha.. semangat terus..!!

avatar

Salut sama Bang Syaiha...saya juga kerja di sekolah tetapi bukan sebagai guru. Alhamdulillah, saya ada sedikit waktu buat ngeblog, meski belum rutin. Dan di lingkungan saya masih sangat sedikit guru yang rajin nge-blog seperti Bang Syaiha...Sukses terus

avatar

sukses selalu untuk menginspirasi anak muda indonesia..

avatar

Bang, ane berharap bisa ketularan ilmunya seperti abang, mumpung nama kita sama (bang), ane harapnya sih gitu hehehe

avatar

Terimakasih sudah membaca dan singgah disini... Semoga bisa terus berbagi...

avatar

Salam kenal kembali mbak Lisa... Penasaran apa nih yang sudah terjawab...

avatar

Aamiin, insya Allah bisa... Mbak pasti bisa...

avatar

Saya juga bangga bisa mengenal mbak Vinny... Emak2 yang semangat nulis dan belajar...

avatar

Salut juga sama mbak Dessy...

avatar

Terimakasih mbak, semoga blog ini bisa bermanfaat untuk orang-orang yang nggak sengaja mampur... hehehe

avatar

Bisa jadi... Semoga Bang Noe jauh lebih baik dari saya... Semoga bisa terus bermanfaat untuk orang banyak...

avatar

semnangat bang syaiha. saya juga pernah bekerja 5 tahun di kota bengkulu.

avatar

Wah kerren Bang, Salam kenal Bang. Saya juga BLogger Bang di Blog Strategi & Keuangan (strategikeuangan.com). Semoga bisa sama-sama saling bersilaturrahmi melalui media Blog.
Terimakasih Bang...

avatar

Masyaallah. Semoga selalu dikuatkan dalam kebaikan dan kebermanfaatan ya bang. Semoga Allah memberkahi 😊🌻
Mohon bimbingannya di ODOP 4 bang, monggo mampir ke blog saya chairulnisaa.wordpress.com 😅

avatar

Luar biasa bang Syaiha ini... Sudah hampir satu tahun saya tau nama bang Syaiha, tapi saya cuek aja... Maafkan 😂


EmoticonEmoticon