Like Fanpage Bang Syaiha

5 Hal yang Harus Kalian Lakukan Agar Bisa Menulis Setiap Hari

By Bang Syaiha | Monday, 11 January 2016 | Kategori: |

5 Hal yang Harus Kalian Lakukan Agar Bisa Menulis Setiap Hari, Bang Syaiha, http://bang-syaiha.blogspot.com/
5 Hal yang Harus Kalian Lakukan Agar Bisa Menulis Setiap Hari
"Bang Syaiha," sapa seseorang melalui pesan singkat di whatsapp, "bagaimana sih caranya Bang Syaiha bisa menulis setiap hari di blog? Saya juga pengen bisa begitu, tapi selalu saja tak bisa karena kehabisan ide dan bingung mau menulis apa." 

Pertanyaan itu saya jawab begini: "Mbak, tulisan saya di blog juga masih sembarangan. Asal-asalan dan semau-maunya saya saja." 

"Tapi saya suka membacanya loh, Bang. Enak dan mengalir." 

"Terimakasih." 

"Bagi tips dan triknya dong, Bang." 

Nah, dari sanalah tulisan ini lahir. Dari pertanyaan sederhana, bagaimana bisa menulis setiap hari dan menghasilkan tulisan yang baik? 

Pertama, agar bisa menulis setiap hari, yang harus ada pada diri orang tersebut adalah niat yang kuat. Niat berbeda dengan khayalan kosong ya! Jika niat sudah tertanam, maka ia seharusnya diikuti dengan praktik dan tidak menunda-nunda. Niat yang baik akan tetap membimbing pemiliknya untuk terus maju dan melangkah ke depan. Berbeda dengan khayalan kosong. Ia bilang ini dan itu tapi tidak diikuti dengan kerja keras dan usaha maksimal. Cuma ngomong doang tapi tak melakukan apa-apa. 

Benar, kelak, saat sedang dalam perjalanan menggapai cita-cita menjadi seorang penulis, pasti akan ada hambatan dan rintangan. Entah itu kesibukan atau rasa malas. Tapi sekali lagi, jika niat yang kuat sudah tertanam di dalam dada, maka ia akan menemukan cara yang tepat untuk mengatasi kemalasan dan terus menulis. Tapi jika niat tidak ada, maka ia akan menyerah dan putus asa. 

Kedua, jika niat sudah ada, maka menulislah. Apa saja dan lakukan setiap hari. Bagi orang yang ingin menjadi penulis, dalih tidak ada ide seharusnya bukan alasan. Pasalnya, kita menjalani hari 24 jam. Banyak kegiatan yang dilakukan, banyak berita yang disaksikan, banyak obrolan yang didengarkan. Itu semua bisa dijadikan bahan tulisan yang baik asal bisa mengambil dari angle yang benar. 

Maka dalih tidak ada ide bukanlah sebuah alasan untuk tidak menulis. 

Ketiga, pada langkah awal karir kepenulisan kalian, cobalah untuk menulis apapun yang kalian alami. Tuliskan apa saja setiap hari. Tujuannya agar kalian terbiasa dan mudah merangkai kata menjadi kalimat hingga kemudian menjadi paragrap. Sisihkan waktu setengah sampai satu jam untuk duduk diam dan menulis. 

Keempat, jika suatu kali mangkir dan tidak menulis, maka cobalah hukum diri kalian sendiri dengan menggantinya di hari lain. Misal hari Senin kalian mangkir dan lupa menulis karena kesibukan yang padat, maka di hari Selasa, kalian harus menulis dua kali lebih banyak sebagai ganti hari yang kalian lewatkan. 

Terkesan berlebihan? Tidak mengapa. Tubuh kita memang harus dibiasakan dan didisiplinkan. Kedisiplinan adalah hal penting bagi seorang penulis yang memang kerjanya tidak ada yang mengawasi. Dirinya adalah bos sekaligus anak buah. Semuanya tergantung dirinya sendiri. 

Kelima, jangan lupakan untuk membaca buku (atau artikel) setiap hari. Jika diibaratkan makan dan buang hajat. Maka membaca adalah asupan nutrisinya seorang penulis. Sedang menulis adalah buang hajat mereka. Makan terus tanpa pernah buang hajat bisa bahaya, begitupun sebaliknya. Keduanya harus seimbang dan dilaksanakan berbarengan. 
Nah, setidaknya kelima hal inilah yang saya lakukan sehingga bisa menulis satu artikel disini setiap hari. Yang saya tulis sederhana dan dangkal. Hanya keresahan dan ide yang tetiba saja muncul. Sayang jika dilewatkan, maka saya kemudian menuliskan. 

Begitulah.. 

18 komentar

avatar

Mantap, saya juga suka menulis. Tapi niatnya kadang suka tidak kuat. Jadi akhirnya menulisnya moody.

avatar

Semangat mas, semoga bisa konsisten dan lebih istiqomah..

avatar

Aku biasanya tulis agenda selama seminggu mau nulis apa aja biar kalo ada sehari yang males aja akan malu karena sudah bikin rencana. Nice tips kak! Salam kenal:)

avatar

Boleh juga nih ditiru caranya..

avatar

efektifkah dalam artikel di blog banyak fotonya

avatar

Terimakasih bang, saya akan berusaha menulis setiap hari...

avatar

terima kasih bang ilmunya, doakan saya istiqomah menulis setiap hari

avatar

Wahh Bismillah semoga bisa jadi kayak Bang Syaiha

avatar

Tapi kalau udah niat mau nulis, tapi gakpunya ide. Kalau masalahnya gitu gue harus gimana? Bingung sampai sekarang.

avatar

Tergantung tujuannya mas..

avatar

Amin. Insya Allah bisa..

avatar

Nah, nggak punya ide itu adalah ide.. Tulis aja tentang nggak punya ide menulis itu gan..


EmoticonEmoticon