Like Fanpage Bang Syaiha

Hey, Menuliskan Resolusi Awal Tahun Saja Tuh Nggak Cukup!

By Bang Syaiha | Saturday, 2 January 2016 | Kategori: |

Menuliskan resolusi awal tahun saja tidak cukup, Bang Syaiha, http://bang-syaiha.blogspot.co.id/
Menuliskan resolusi awal tahun saja tidak cukup!
Beberapa hari yang lalu, saya membaca running text di sebuah stasiun televisi nasional. Isinya sih simpel, begini: "Tahun 2016, Pemerintah menargetkan pendapatan nasional meningkat 4 persen!" 

Sesederhana itulah. Sekilas seperti tidak ada yang menarik. Oh iya, redaksi di atas juga sudah saya modifikasi. Pertama karena saya memang lupa apa isi pastinya. Kedua karena bukan redaksinya yang akan saya bahas. Redaksi aslinya entah apa. Tapi yang pasti, ia adalah tentang target sebuah lembaga di tahun 2016. 

Ketika membaca running text itu, yang saya pikirkan adalah: "Lihatlah, pemerintah (atau lembaga apapun) pasti akan melakukan evaluasi berkala terhadap apa yang telah diprogramkan. Mereka akan melakukan perbaikan jika target yang telah ditetapkan belum tercapai. Tapi jika sudah, mereka akan menetapkan target yang lebih besar di periode mendatang." 

Dua hal ini, evaluasi dan target adalah hal penting dalam sebuah organisasi. Keduanya harus dilaksanakan dengan baik dan terstruktur. 

Begitupun dengan seorang individu. Dua hal di atas (target dan evaluasi) harus dilakukan berkala. Kita mengenal resolusi misalnya, yang sering dilakukan sebagian kecil orang ketika memasuki tahun baru. Mereka menulis ini dan itu, menulis apa saja yang ingin dicapai di tahun ini. Resolusi itu, isinya bisa macam-macam: tentang karir dan pendapatan perbulan, tentang kesehatan, tentang jodoh dan keturunan, atau tentang sebagainya. 

Resolusi (menuliskan target di awal tahun) seharusnya memang menjadi kegiatan wajib bagi orang-orang yang ingin hidupnya lebih baik dan terorganisir. Kita tidak bisa hidup mengikuti arus saja. Iya kalau arusnya mengarah ke tempat yang baik dan mulia, tapi jika tidak? Ini kan celaka 21 namanya. 

Malangnya, banyak orang lupa melakukan evaluasi terhadap resolusi yang sudah dilakukannya di awal tahun. Mereka menuliskan cita-citanya lalu disimpan begitu saja. Kalau begini, tentu saja dia akan lupa dan baru sadar di ujung tahun, bahwa ternyata banyak yang tidak tercapai. 

Seharusnya, jika sudah menuliskan apa-apa saja yang ingin dicapai di tahun 2016 ini, kita juga harus menjadwalkan evaluasi. Ini bisa dilakukan tiga atau empat bulan sekali (lebih bagus tentu jika dilakukan setiap bulan, setiap minggu, atau setiap hari). Sisihkan waktu satu malam untuk duduk sejenak dan membaca target yang sudah ditetapkan. Berpikirlah apa saja yang sudah dilakukan dan apa saja yang belum. Jika ada kendala, kreatiflah untuk mencari jalan keluar sehingga harapan yang sudah ditetapkan bisa tetap dilaksanakan. 

Kita memang seorang individu, tapi untuk bisa mendapatkan apa yang kita inginkan, cobalah bersikap seperti sebuah perusahaan. Punya target dan evaluasi bulanan. 

Percaya deh, jika ini dilakukan, pasti hidup kita akan lebih sukses. Karir yang diharapkan bisa tercapai, penghasilan per bulan bisa meningkat, jodoh bisa datang, keturunan bisa tumbuh dan berkembang sesuai harapan, dan sebagainya. 

Kuncinya: tetapkan target dan kerjakan. Jika sudah, jangan lupa lakukan evaluasi tiap beberapa bulan. 

Demikian. 

2 komentar

avatar

Aku evaluasi masih belum nih :)

avatar

Semoga ke depan bisa melakukan evaluasi dengan lebih baik..


EmoticonEmoticon