Like Fanpage Bang Syaiha

Inilah Dua Hal yang Harus Ada pada Diri Seorang Penulis

By Bang Syaiha | Saturday, 2 January 2016 | Kategori: |

Inilah Dua Hal yang Harus Ada pada Diri Seorang Penulis, Bang Syaiha, http://bang-syaiha.blogspot.com/
Inilah Dua Hal yang Harus Ada pada Diri Seorang Penulis
Kemarin, tanggal 1 Januari 2016, saya justru tak mengawalinya dengan baik. Saya alpa menulis catatan di blog ini. Padahal, sebelumnya saya sudah meniatkan untuk menulis apa saja setiap hari. Sebagai orang yang ingin menjadi penulis dan menghasilkan banyak karya, maka menulis setiap hari tidak bisa ditinggalkan. Harus dilakukan secara terus-menerus dan konsisten. 

Menulis adalah sebuah keterampilan yang harus dilatih setiap hari. Ini sama seperti seorang ibu yang mahir memasak. Ia bisa menghasilkan banyak makanan enak, bukan karena rajin membaca buku tentang resep dan masakan, bukan karena sudah sering mengkhatamkannya. Seseorang yang bisa menghasilkan makanan enak, terjadi karena ia sering melakukannya. Jika tak percaya, silakan saja tanya ke ibu kita masing-masing: 

"Mama, bagaimana caranya Mama bisa menghasilkan masakan yang enak setiap hari? Hampir semua yang Mama masak selalu enak dilidah dan lezat. Apakah itu terjadi karena Mama sering membaca buku tentang resep masakan?" 
Bisa dipastikan, Mama kita masing-masing pasti akan berkata, "Tidak, Nak. Mama bisa memasak karena sering melakukannya. Mama jarang (jika tidak ingin bilang tidak pernah) membaca buku tentang resep masakan. Memasak yang masak saja. Tinggal kasih bumbu, cicipi. Jika kurang enak, tambahin apa yang kurang. Begitu saja, nanti lama-lama pasti enak dan kita terbiasa."  
"Semudah itu kah, Ma?" 
"Ya, semudah itulah rahasianya bisa memasak masakan yang enak. Coba, cicipi, coba, cicipi, hingga mendapatkan hasil paling nikmat."  
"Jadi, Mama jarang baca buku tentang resep masakan?"  
"Benar, jarang sekali." 

Menulis pun demikian. Kunci keberhasilannya hanya terletak pada segeralah menulis, selesaikan draft naskahmu dan edit. Baca lagi, edit lagi. Baca lagi, edit lagi. 

Karena pengetahuan inilah, makanya saya berusaha sekuat tenaga untuk bisa menulis setiap hari. Dan jika alpa sekali saja, seperti tahun baru kemarin, maka seperti ada yang hilang. Seharian kemarin seperti ada yang tidak lengkap. Saya tak bisa menulis karena memang dalam perjalanan ke rumah mertua. Dan jika hal seperti ini terjadi, saya tidak menulis sehari, maka saya akan menggantinya di hari lain. Seperti tulisan ini misalnya, anggap saja sebagai hukuman saya atas tak menulis kemarin. 

Orang-orang yang ingin menjadi penulis, harus bisa disiplin dan bertekad kuat untuk mematuhi jadwal yang sudah ditetapkan. Mereka, orang-orang yang ingin menjadi penulis, tak bisa hanya mengandalkan mood dulu, baru memulai menulis. Karena jika ini yang dilakukan, maka bisa dipastikan pasti tidak akan berhasil. 

Menulis (termasuk di blog), harus dipaksakan. Dilakukan setiap hari dan sesering mungkin. Buat jadwal dan patuhi. Jika mangkir, beri hukuman kepada diri sendiri dan perbaiki di masa mendatang. 

Demikian 


EmoticonEmoticon