Like Fanpage Bang Syaiha

Inilah Dua Pelajaran yang Bisa Kita Ambil dari Kematian Budi Anduk

By Bang Syaiha | Tuesday, 12 January 2016 | Kategori:

Inilah Dua Pelajaran yang Bisa Kita Ambil dari Kematian Budi Anduk, Budi Anduk, http://bang-syaiha.blogspot.co.id/
Inilah Dua Pelajaran yang Bisa Kita Ambil dari Kematian Budi Anduk
Kemarin sore, saya sedang asik bersantai. Bermain bersama anak saya Alif dan tiduran di kasur, ketika sebuah pesan singkat masuk di grup whatsapp saya: "Innalillahi wainna ilaihi roji'un. Budi Anduk, salah satu komedian ternama Indonesia baru saja meniggal dunia. Semoga amal ibadah dan kebaikannya diterima oleh Allah swt." 

Setelah pesan itu, kemudian beruntun ucapan bela sungkawa mengalir. Bermacam-macam isinya, seperti: "Innalillahi.. padahal usianya masih muda ya." atau sekedar bertanya, "Beneran tuh beritanya? Link infonya dong!" atau penasaran, "Meninggalnya kenapa? Sakit ya?" dan sebagainya. 

Budi Anduk lahir pada tahun 1968 dan meninggal 2016. Itu berarti usianya sudah menginjak 48 tahun. Usia yang sebenarnya tidak bisa lagi dibilang muda sih. Nyaris kepala lima! Tapi karena pekerjaan sehari-harinya adalah pelawak, orang yang harus selalu tampil ceria di televisi, maka ia memang terlihat segar dan muda saja. Sampai-sampai salah satu teman di grup whatsapp saya ada yang terjebak, "Padahal usianya belum sampai 40 tahun ya. Umur memang nggak ada yang tahu." 

Setelah mendengar kematian Budi Anduk, saya lalu mencari beragam informasi di televisi dan berita online. Darisanalah kemudian saya mengetahui bahwa berita kematian itu benar adanya. 

Budi Anduk meninggal karena menderita kanker paru-paru yang yang sudah parah. Bahkan, sebelum meninggal, ia pernah beberapa kali ke dokter untuk pemeriksaan dan pihak rumah sakit pernah menyedot cairan yang ada di dalam dadanya. 

"Kami sangat menyayangkan," kata salah seorang dokter di sebuah situs berita yang saya baca, "mengapa Budi Anduk telat memeriksakan dirinya ke dokter. Sehingga kanker yang ada di paru-parunya sudah parah."

Pihak keluarga memang membenarkan. Budi Anduk memang takut ke dokter, sehingga ketika ia mengeluh sakit, ia tidak mau dibawa ke dokter dan memilih istirahat di rumah saja. 

Darisini kita belajar satu hal penting, bahwa ketika tubuh kita sakit (apalagi kalau sakitnya sering dan hanya di tempat itu-itu saja), maka sebaiknya periksakan diri ke dokter. Semakin dini terdeteksi penyakitnya, maka semakin besar peluang diselamatkannya. 

Sekarang, Budi Anduk sudah berpulang dan dunia hiburan kehilangan salah satu talenta hebatnya. Saya pribadi mendoakan semoga beliau diberikan tempat yang layak di sisi Allah. Semoga semua dosanya diampuni dan keluarga yang ditinggalkan diberi kesabaran. Aamiin. 

Buat kita yang masih hidup, kematian Budi Anduk menjadi pelajaran yang berharga, bahwa usia bisa berakhir kapan saja. Ada yang masih muda belia, meninggal. Ada yang masih sehat wal'afiat, wafat. Ada yang sedang asik-asik bercengkerama eh tau-tau pergi. Maka sebelum kematian itu datang menghampiri, mari terus perbaiki diri dan terus berbuat kebaikan demi bekal di hari pembalasan nanti. 

Demikian 

8 komentar

avatar

Saya juga kaget mendengarnya Bang. Dia itu komedian yang mensyukuri apa yang diberikan Tuhan dan memulai karier dari bawah dengan kerja keras sebagai figuran yang menjadi bahan olok-olokan.

avatar

Iya..
Semoga ia tenang disana deh..
Kita cuma bisa berdoa dan berharap kita sendiri berumur panjang yang berkah..
Dan ketika meninggal nanti, semoga kita dipanggil dalam keadaan yang baik..

Terimakasih sudah berkunjung..

avatar

Benar Bang ... Salah satu bentuk syukur itu adalah memelihara kesehatan, bukankah dengan bersyukur maka Allah akan menambah nikmatnya ..

avatar

Umur manusia memang rahasia Allah SWT. Tidak ada satu makhluk pun yang tau kapan akan 'dipanggil pulang' olehNYA.Jadi,tugas kita adalah berbuat yang terbaik, beribadah yang terbaik dan berdoa semoga diberi umur panjang yang barokah.

avatar

Maka yuk jaga kesehatan...
Salah satunya dengan menulis. Karena konon, menulis bisa membuat tubuh kita sehat.. hehe

avatar

Semoga kelak kita meninggal dalam keadaan baik dan khusnul khatimah..

Salam kenal

avatar

Mudah2an mas budi diterima di sisi terbaik Allah SWT saya salah satu fans almarhum krn bikin bete ilang liat lawakannya

avatar

Aamiin..
Semoga beliau tenang di alam sana..


EmoticonEmoticon