Like Fanpage Bang Syaiha

Produktifnya Grup Whatsapp One Day One Post

By Bang Syaiha | Wednesday, 27 January 2016 | Kategori: | |

Produktifnya Grup Whatsapp One Day One Post, Bang Syaiha, Penderita polio, http://bang-syaiha.blogspot.com/
Yang mau gabung silakan kirim pesan ke WA saya di 08567930929
Saya senang sekali, karena grup whatsapp One Day One Post belakangan ini sangat produktif. Di dalamnya, setiap anggota tidak hanya saling bercengkerama tidak jelas, tapi juga saling mengenal dan melakukan diskusi yang menyenangkan. Karena hal inilah, maka bisa dimaklumi, ketika ditinggal sebentar saja, notif grup sudah mencapai ratusan.

Apakah saya membaca semuanya? Tergantung. Jika ada yang penting, yang mau tidak mau saya nikmati pelan-pelan. Tapi kalau hanya mengobrol biasa saja, lebih sering saya lewati.

Semangat belajar dari semua anggota juga menakjubkan. Ada yang sudah memiliki anak empat, usia sudah tak muda lagi, tapi antusiasmenya hebat. Ada yang masih SMA dan muda belia, tapi ingin belajar dan menjadi lebih baik lagi. Saya benar-benar senang.

Seperti akhir pekan kemarin misalnya. Grup whatsapp One Day One Post mengadakan kuliah online pertama disana. Tema yang dibahas adalah tentang bagaimana mendapatkan uang dari aktivitas blogging. Pengisinya saya sendiri, menjabarkan pengalaman pribadi mengalirkan rupiah dari blog yang saya punya.

Tema ini sangat seksi, juga sangat menarik. Pasalnya, siapa sih yang tidak mau mendapatkan uang dari hobi yang dilakukan, blogging? Tentu semuanya mau dan tidak ingin melewatkan kesempatan itu jika ada.

Kuliah pertama tentang bagaimana mendapatkan uang dari blog, dilakukan dari jam 9 malam hingga jam 11. Dua jam penuh saya menjelaskan apa saja yang ditanya oleh mereka. Pelan-pelan saya terangkan dengan bahasa yang ringan dan berharap bisa dimengerti oleh semuanya.

Saya tahu, tentu saja itu tidak cukup. Karena ilmu tentang mendapatkan uang dari blog itu panjang dan banyak sekali. Dijelaskan melalui tulisan dan lisan saja tanpa melakukan praktik langsung, maka sama saja seperti mengajarkan berenang kepada orang lain tanpa masuk ke kolam renang. Agak susah dan jarang bisanya.

Oleh karena itulah, semoga kelak, semua anggota grup whatsapp One Day One Post bisa dipertemukan dan melakukan diskusi yang menyenangkan di dunia nyata, tidak hanya di dunia maya.

Setelah melakukan kuliah online akhir pekan kemarin, saya lalu berinisiatif mengadakan Bedah Karya, dilakukan tadi malam. Bagaimanapun, tujuan awal menggerakkan program One Day One Post ini adalah untuk ajang belajar dan berlatih agar tulisan semua anggota menjadi lebih indah dan enak dibaca, maka program tadi malam adalah jawabannya.

Setiap Selasa malam, grup akan mengangkat satu tulisan dari anggota dan dibedah bersama. Siapa saja boleh memberikan kritikan dan masukan. Boleh mengoreksi. Diperkenankan mengomentari tampilan blog, tata bahasa dalam tulisan, tanda baca, pemakaian kata depan dan kata hubung, atau apa saja.  

Setiap orang, entah ahli sastra atau bukan, boleh memberikan komentar atas tulisan yang ia baca. Maka saya menganjurkan agar semua anggota untuk bersuara. Berikan pendapat atas tulisan yang diangkat. Kalau bagus bilang bagus, kalau kurang menarik katakan demikian.

Dimana letak tidak menariknya? Dimana yang harus diperbaiki?

Tadi malam, diskusi berjalan dengan baik, lancar, dan mengasikkan. Ada banyak pelajaran yang bisa saya ambil darisana, ada banyak manfaat yang luar biasa.

Harapan saya, semoga dua program ini bisa berjalan terus dan mampu memberikan manfaat yang banyak buat semuanya. Juga semoga, ke depan, ada terobosan-terobosan baru dari masing-masing anggota demi terciptanya kondisi belajar yang kondusif.


Demikian 

22 komentar

avatar

Keren, Bang. Semoga tetap semangat

avatar

Terimakasih bang syaiha, ilmu dari grup Odop bermanfaat sekali. Salam takzim dari saya, hehe

avatar

Amiin.. Semoga kita semua tetap semangat..

avatar

Terimakasih sudah berkunjung..

avatar

Sejatinya, saya juga belajar banyak dari teman-teman..

avatar

ODOP jempol empat pokoknya

avatar

empat jempol?
Berarti jempol kaki juga dong? Bauuuuuuu...

avatar

Katanya mengkritisi termasuk cara belajar lho.. Berharap kalau sy mengkritisi org lain maka sy juga akan di kritisi,Dari situ qt akab byk belajar. Terutama belajar berani.

avatar

Katanya mengkritisi termasuk cara belajar lho.. Berharap kalau sy mengkritisi org lain maka sy juga akan di kritisi,Dari situ qt akab byk belajar. Terutama belajar berani.

avatar

Aamiin..plus setujuh mbak Ratih...

avatar

Aamiin..plus setujuh mbak Ratih...

avatar

Sudah penuh, mbak.. hehe

avatar

Bener, mbak.. Memberi masukan dan saran adalah juga sarana belajar menjadi lebih baik..

avatar

Saya juga setuju... hehe

avatar

SAYA MAUUUU GABUUUUUUUUUNG paak. gimana caranya?

avatar

grupnya penuh ya pak??
kalo nanti ada grup baru saya mau digabungkan ke grup itu
ini nomer WA saya 085727730075
terima kasih.

avatar

Boleh kabung kak 085729814130


EmoticonEmoticon