Like Fanpage Bang Syaiha

Tantangan Menulis selama Januari dari One Day One Post

By Bang Syaiha | Sunday, 10 January 2016 | Kategori:

Tantangan Menulis selama Januari dari One Day One Post, Bang Syaiha, http://bang-syaiha.blogspot.co.id/
Tantangan Menulis selama Januari dari One Day One Post
Ini adalah tantangan menulis selama bulan Januari. Namanya, sebut saja Writing Challenge! Ini adalah salah satu program pada gerakan One Day One Post (selanjutnya, agar lebih mudah akan disingkat ODOP) yang sempat saya galakkan beberapa bulan lalu. Itu adalah gerakan menulis satu postingan setiap hari dan mempostingnya di blog atau beranda facebook masing-masing.

One Day One Post (klik linknya untuk masuk di grup facebook ODOP) terinspirasi dari gerakan One Day One Juz. Sebuah gerakan fenomenal yang bisa menghimpun banyak orang untuk melakukan kebaikan, membaca satu juz Al Quran setiap hari. Itu tentu saja aktivitas berat jika dilakukan sendirian, tidak ada yang mengingatkan dan menyemangati.

Tapi jika dilakukan beramai-ramai, semuanya menjadi serasa gampang dan mudah saja. Semua anggota dalam grup akan mengingatkan, menegur, dan menasihati jika ada anggota lain yang terlihat melemah.

ODOP pun demikian. Saya mengajak semua orang yang berkeinginan menjadi penulis dan doyan ngeblog untuk bersama-sama, berkumpul pada sebuah grup WA dan kita berbagi di dalamnya. Kita berbicara banyak hal disana, dari yang paling serius sampai yang paling nyeleneh. Semuanya ada. Anggotanya juga bermacam-macam. 

Di dalam grup ini tidak ada yang paling senior dan paling junior. Semunya sama, ingin belajar dan memperbaiki diri agar ke depan tulisan-tulisan yang dihasilkan semakin memikat. Semua anggota adalah guru bagi anggota yang lain. Dan setiap anggota juga sekaligus sebagai murid dari orang-orang yang ada di dalamnya. Kita belajar banyak hal dan bermacam-macam. 

Hanya saja, karena kesibukan dan lain hal, ODOP sempat seperti berjalan di tempat. Tidak bergerak dan malah seperti hendak mati saja. Beberapa kali saya ingin menghentikan gerakan ini, tapi banyak anggota yang melarang. Jangan! Kita perbaiki saja sistem dan programnya. Semoga ke depan lebih baik.

Karena itulah, di tahun yang baru ini, di bulan Januari saya galakkan program baru di ODOP. Namanya, seperti yang saya sebutkan di atas, Writing Challenge!

Ini adalah tantangan menulis setiap hari, setiap Senin sampai dengan Jumat. Semua anggota yang ikut, wajib membuat tulisan dan mempostingnya di blog. Jika tidak punya blog, bisa diposting di beranda facebook. Mengapa hanya sampai Jum'at? Mengapa Sabtu dan Minggu tidak? Itu sengaja saya lakukan agar anggota tidak tertekan dan bisa sedikit bernapas di dua hari itu. Silakan isi akhir pekan dengan kegiatan lain seperti berkumpul dengan keluarga atau membaca buku-buku yang berguna. 

Jika tak punya facebook dan blog, kalian bisa memposting tulisan di twitter juga.

Syaratnya? Tulisan yang dibuat BEBAS. Panjangnya? Minimal enam kalimat dan boleh apa saja. Boleh puisi, catatan harian, fiksi mini yang super singkat, atau apa saja. Tulis dan posting. Jika di twitter, panjang minimal enam tweet dengan mention ke saya, @bang_syaiha.

Tulisan yang dibuat harus disebarkan dengan tagar #OneDayOnePost dan #HariPertama, #HariKedua, dst sesuai sudah berapa hari tantangan menulis dilaksanakan.

Tantangan menulis ini dilakukan selama bulan Januari. Dimulai besok, tanggal 11 Januari hingga akhir bulan. Nanti, di bulan kedua, saya akan membuat program baru lagi yang lebih menantang.

Bang Syaiha, siapa saja yang boleh ikut?”

Siapa saja boleh. Asalkan punya niat yang kuat dan bersedia mengikuti program ini hingga akhir bulan. Kalau berkeinginan ikut gerakan ini, monggo kirim WA ke saya di 08567930929. Formatnya, Nama Lengkap (spasi) Alamat (spasi) Alamat Blog (spasi) Alasan Gabung di ODOP.

Nanti akan saya masukkan ke grup yang sudah berjalan dan kita berbagi lebih banyak disana.

“Jika tidak bisa mengikuti dan macet di tengah jalan gimana, Bang?”

Ah, saya yakin kalian semua bisa mengikuti program yang mudah ini. Masa, hanya enam kalimat setiap hari tidak bisa? Katanya mau jadi penulis dan bisa menghasilkan sebuah buku? Katanya ingin bisa dikenal oleh banyak orang dan menginspirasi lewat tulisan-tulisan? Jika demikian, semangat dong! Jangan lemah!

Tujuan dari program tantangan menulis di bulan Januari ini adalah menanamkan kebiasaan menulis kepada semua anggota. Biasanya, kebiasaan akan menjadi mudah dilakukan jika telah dipraktikkan setidaknya 21 hari. Makanya ada program tantangan menulis satu postingan setiap hari di bulan ini.

Tidak usah pikirkan bagus atau tidak. Tidak usah pedulikan akan banyak yang membaca atau tidak. Menulis ya menulis saja. Nanti, jika sering dilakukan, lambat tapi pasti tulisan kalian juga pasti akan bagus sendiri.

Jika tidak percaya, lakukan saja! Nanti kalian akan merasakan keajaibannya. 

14 komentar

avatar

Sy tdk bs menghubungi anda via wa, tp saya tertarik mengikuti tantangan ini....

avatar

Saya juga ga bias hub wa nya

avatar

Bisa kok..
Coba save dulu nomor saya dan coba kirim WA beberapa waktu kemudian...

avatar

Coba save dulu nomor saya dan kirim pesan beberapa waktu kemudian..

avatar

Ikut yang bulan Februari aja yaa..

avatar

Silakan..
Bulan depan ada lagi..

avatar

Bln dpn mulaix tgl brpa bang?


EmoticonEmoticon