Like Fanpage Bang Syaiha

100 Tulisan dalam Tiga Bulan!

By Bang Syaiha | Saturday, 13 February 2016 | Kategori: | |

100 tulisan dalam tiga bulan, menulis setiap hari, One Day One Post, Bang Syaiha, Penderita Polio, http://bang-syaiha.blogspot.co.id/
100 tulisan dalam tiga bulan, menulis setiap hari
Kemarin, Jum'at 12 Februari 2016 adalah hari yang bersejarah bagi blog ini. Pasalnya, tepat pada hari itu catatan disini genap 100 postingan. Bagi saya, itu adalah capaian yang luar biasa. Bisa menulis 100 catatan dalam waktu tiga bulan adalah raihan yang semua orang belum tentu bisa. Yah, walau tentu saja, saya mengakui, di luar sana ada juga yang bisa lebih dari saya. Tapi pasti jumlahnya pasti tidak banyak (jangan mudah percaya, karena hal ini belum saya buktikan. Asal menerka saja). 

Saya membuat blog ini di bulan November (tapi saya lupa tanggalnya, kalau tidak salah tanggal 18-an ke atas) tahun 2015. Awalnya, saya hanya iseng-iseng saja. Ingin membuat blog di blogspot dan menuangkan semua penat disana. Waktu itu saya berpikir, "Kalau di blogspot kan bisa bebas. Mau nulis apa saja enak. Dan lagi, disini kan gratis, jadi nggak ada salahnya deh dibuat. Lah wong nggak bayar ini." 

Maka saya buatlah blog sederhana ini dengan kemampuan alakadarnya (maklum, ilmu saya masih cetek). Dan hanya dalam hitungan menit saja ia sudah jadi. Sederhana sekali waktu itu, masih menggunakan template standar dan benar-benar (maaf) norak. Nggak elegan dan tidak bisa dibanggakan. 

Sebagai laki-laki yang sulit terpuaskan (apa sih!), maka saya tidak berhenti sampai disana. Dalam hati saya bertekad. "Blog ini harus bisa lebih cantik dan bagus! Saya ingin ada slider di home, ada menu dropdown, dan sebagainya. Saya ingin, walaupun blog ini masih blogspot, tapi enak dilihat dan terkesan pro." 

Berbekal semangat itulah (gaya banget gue yak!) maka saya kemudian bertanya sana-sini, googling, dan mencoba-coba. Simpel saja sebenarnya, jika orang lain bisa, maka saya seharusnya lebih bisa. Dan terbukti kok, hanya dengan modal rasa keingin tahuan yang dalam, saya bisa membuat blog ini menjadi lebih enak dipandang (setidaknya enak dipandang dalam versi saya). 

Selesai dengan tampilan, tekad saya kemudian adalah mengisi blog ini semaksimal mungkin. Jika boleh mengibaratkan, blog ini adalah wadah p(em)ikiran - p(em)ikiran saya yang sering kali luber sampai tumpeh-tumpeh di otak saya. P(em)ikiran saya kadang suka aneh-aneh dan tidak mungkin dituangkan dalam tulisan di media atau dibukukan, makanya saya memilih sarana blog agar lebih leluasa dan bebas. Di blog ini, saya bisa nulis apapun. 

Maka jangan heran, jika nanti, kalian, boleh jadi akan menemukan catatan saya disini suka berubah-ubah gaya penulisannya, suka sembarangan memainkan diksinya, atau seenaknya menuliskan beragam tema yang mungkin tak disukai pembaca. Tidak mengapa, blog ini memang wadah kebebasan saya menuangkan semua yang ada di kepala. Mulai dari yang paling serius hingga yang paling sepele bisa jadi ada. 

Untuk memenuhi tekad itu (mengisi blog ini semaksimal mungkin), saya kemudian menerapkan gerakan One Day One Post. Sejatinya, gerakan ini sudah saya jalankan sejak 2011 di beberapa blog lama saya (sekarang sudah tidak aktif dan pindah kesini saja, doakan semoga saya betah dan terus menulis yaa..)

Jadi, saya berjanji pada diri sendiri, setiap hari harus menulis. Setidaknya, minimal satu halaman A4. Mengapa saya lakukan demikian? Pertama, karena bagi saya menulis adalah keterampilan. Dan satu-satunya jalan untuk mengasah keterampilan itu adalah dengan melakukannya sesering mungkin, kalau bisa setiap hari. Kedua, karena untuk bisa lebih baik ke depan, saya memang harus bisa mendisiplinkan diri dan tidak manja. 

Sesimpel itulah alasannya. Saya melakukan itu semua (ngeblog dan menulis setiap hari) adalah untuk kebaikan saya. Makanya saya tidak begitu ambil pusing ketika tulisan saya hanya dibaca oleh beberapa orang saja. Biarin. Lah wong saya nulis juga untuk kesenangan saya, kok. Kalaupun nanti ada yang mengambil pelajaran berharga dari sini, ya Alhamdulillah. 

Dan tiga bulan pun berlalu. Alhamdulillah saya tidak pernah absen menulis di blog setiap hari. Sempat ada yang kosong (ketika saya mudik ke Lampung) tapi langsung saya bayar di hari-hari yang lain. Ini adalah pembelajaran buat saya, menghukum diri sendiri jika sampai tidak menulis pada hari-hari tertentu karena sesuatu hal yang tak bisa dihindari. 

Ini adalah catatan ke 101 dan semoga tidak berhenti sampai disini. Saya masih ingin merayakan pencapaian-pencapaian saya yang lain. Masih ingin berbahagia karena catatan yang ke 200, 300, 700, hingga yang ke 1000-an. Semoga. 

Akhirnya, saya ucapkan terimakasih yang dalam untuk siapa saja yang sudah menyempatkan diri membaca catatan harian ini. Jangan lupa klik tombol Join this site di sidebar kanan dan berkomentar di kotak yang telah disediakan. 

Demikian. 

31 komentar

avatar

Selamat...
(Sambil bawa buket bunga)

avatar

Menginspirasi mas tulisannya

avatar

salut dengan komitmennya

avatar

wah bapaknya alif bisa capai 100 tulisan dalam tiga bulan. penulis sejat. menulis tanpa alasan.

avatar

Selamat Dan sukses atas postingan ke 100 nya.

Join this site!

avatar

Semoga sy bs spt Bang Syaiha, konsisten menulis

avatar

Saya juga bisa kok 3 bulan 100 postingan... *sombong dikit
Wkwkwk

avatar

Hmmm,,, 100 postingan. Luar biasa. Inveatasi buat masa depan bang!!

avatar

Waawww . . .hebat.bang.menginspirasi .

avatar

@Bang-Syaiha, WOW Selamat ya bang.....selamat dan bahagia bisa menulis sampai tulisan ke 100....karena saya juga pernah merasakan seperti yang bang-syaiha rasakan......rasanya bahagia banget sudah bisa menulis sampai tulisan ke 100.....
.
Silakan kalau ada waktu mampir di blog saya, "Tulisan ke 100 (100 Tulisan Dalam 100 Hari - Menulis Tanpa Henti) => http://blogdanikaizen.blogspot.co.id/2016/01/tulisan-ke-100-28.html

avatar

Wow, mantap bang syaiha, Kalau saya mah setahun 3 bulan baru bisa sampai tulisan ke 100... Rekor manusia paling lelet berkembang :)

avatar

Kereen bang Syaiha...
Komitmennya itu looh !!!

Lagi berproses Bang.. Insyaallah.

avatar

Terimakasih sudah mampir..

avatar

Iya nih, mbak.. Alhamdulillah.. semoga bisa terus naik dan bertambah..

avatar

Terimakasih mbak Sabrina..

avatar

Semoga bisa lebih dari saya ya, mbak Nindyah..

avatar

Abi tunggu buktinya.. hehe

avatar

Iya, semoga jadi amal kebaikan..

avatar

Insya Allah bisa lah mbak..

avatar

Iya, mas.. seneng aja bisa nulis setiap hari disini..
Terimakasih sudah mampir, ya..
Salam

avatar

Semoga mulai sekarang dan seterusnya tidak lelet berkembang lagi ya, mas.. hehe

avatar

masya allah,semoga bisa menulis juga seperti bang syaiha....

avatar

Subhanalloh ... semoga aku ketularan virus menulis dari BAng Syaiha. hehe ...
Setuju dengan kalimat : Pertama, menulis adalah ketrampilan. Kedua, untuk bisa lebih baik ke depan, harus mendisiplinkan diri dan tidak manja.
Dan juga, tidak peduli berapa pembaca tulisan di blog (akuh juga gitu, hehe), yang penting nulis aja. Bila ada yang bermanfaat, ya alhamdulillah :)
Semangat ya Bang ! :)


EmoticonEmoticon