Like Fanpage Bang Syaiha

Jika Perempuan Jatuh Hati Duluan

By Bang Syaiha | Thursday, 18 February 2016 | Kategori:

Jika perempuan jatuh hati duluan, perempuan mengungkapkan cinta kepada lelaki, Bang Syaiha, penderita polio, http://bang-syaiha.blogspot.com/
Jika perempuan jatuh hati duluan
Kemarin, Rabu 17 Februari 2016, ada seorang perempuan muda (usianya 22 tahun) bertanya ke saya melalui pesan di fan page. Kira-kira, begini katanya: “Selamat pagi, Bang Syaiha. Salam kenal.”

“Salam kenal kembali, mbak.”

“Perkenalkan, nama saya Mawar –bukan nama sebenarnya. Saya senang sekali membaca tulisan-tulisan Bang Syaiha. Karena selain isinya lugas dan jelas. Ia juga disampaikan dengan bahasa yang ringan dan mengalir. Ngebacanya tuh jadi enak dan nggak mau berhenti.”

“Terimakasih, mbak.” jawab saya pendek.

“Dan begini, Bang,” katanya kemudian, saya tahu bahwa ia pasti juga akan bertanya tentang sesuatu hal, “jika diijinkan bolehkah saya bertanya? Lebih tepatnya mungkin sedikit curhat.”

“Silakan, mbak. Hanya saja, saya tidak bisa berjanji akan menjawabnya dalam waktu dekat ya. Kapan saya sempat, maka akan saya jawab”

“Tidak apa-apa, Bang." katanya kemudian, "Nah, Bang Syaiha, saya langsung ke titik permasalahannya saja ya. Jadi, sebenarnya sekarang ini ada beberapa laki-laki yang mendekati saya. Tapi saya tidak suka dan nggak punya perasaan apa-apa. Padahal, bisa dibilang, mereka adalah lelaki yang baik dan wajahnya nggak jelek-jelek amat. Cuma, mau bagaimana lagi, saya memang nggak ada rasa ke mereka.”

“Ada sih satu lelaki yang saya sukai. Tapi saya tidak tahu dia suka ke saya juga atau nggak. Dan sampai saat ini saya hanya memendam rasa suka saya, Bang. Tidak berani mengungkapnya. Haruskah saya duluan yang bilang, Bang? Atau saya menunggu saja sampai dia mengungkapkan?”

Baiklah, tulisan singkat yang sedang kalian baca ini berangkat darisana. Dari pertanyaan yang disampaikan Mawar kemarin, tentang bagaimana menyikapi rasa cinta kepada seorang lelaki? Haruskah si perempuan yang mengungkapkan rasa terlebih dahulu atau diam saja?

Saya akan menjelaskan beberapa hal untuk permasalahan ini:

Pertama, ketahuilah, bahwa lelaki adalah makhluk yang paling tidak bisa menyembunyikan rasa cintanya. Artinya, ketika ia mencintai (atau menyukai) seorang gadis, akan terlihat dari tingkah laku dan gerak-geriknya. Ia akan lebih sering mengirimi kalian pesan singkat, sok perhatian, bertanya kabar yang kadang nggak penting dan konyol, atau apa saja.

Maka jika kalian (perempuan) sedang suka kepada lelaki dan ingin tahu apakah lelaki itu juga punya rasa yang sama, mudah sekali caranya. Simak baik-baik, apakah ia sering mengirimi kalian pesan singkat, menelpon, atau memberi perhatian? Jika iya, maka selamat, karena kemungkinan besar dia juga suka.

Tapi jika dia hanya adem ayem saja, maka sebaiknya segera lupakan dan jangan banyak berharap. Takutnya nanti malah kecewa.

Kedua, jika belum yakin pada langkah pertama, maka hal ini bisa dicoba: minta bantuan teman dekatnya untuk menggali informasi tentang siapa sih perempuan yang lagi disukai si doi? Minta orang itu memancing-mancing, coba tanyakan apakah lelaki yang kalian sukai itu juga suka kepada kalian? Minta orang itu sebutkan namamu dan lihat bagaimana reaksi lelaki yang kalian sukai itu.

Ingat, lelaki adalah makhluk yang tidak lihai menyembunyikan rasa suka. Maka gampang saja menebak dia lagi mendekati siapa. Atau sedang menaruh hatinya dimana. 

Jika nama kalian disebutkan, apakah dia diam saja dan nggak peduli. Atau, dia justru berubah menjadi salah tingkah dan berbunga-bunga? Agar lebih jelas lagi, boleh juga minta kepada temannya untuk langsung menanyakan, “Eh, bro, lu suka sama Mawar nggak? Dia cantik loh, baik lagi!

Jika dua hal di atas dilakukan dengan baik, maka kalian bisa kok menyimpulkan dengan benar tentang perasaan lelaki yang kalian sukai itu.

Ketiga, jika masih kurang puas dengan dua langkah di awal, maka, kalian (perempuan) boleh juga langsung mengungkapkan perasaan kepadanya. Tentu saja, ini beresiko. Kalau ditolak dan ternyata dia nggak menaruh perasaan apapun, maka kalian akan menanggung malu. Apalagi jika lelaki itu kemudian ember dan bercerita kemana-mana.

Eh, tau nggak, kemarin si Mawar nembak gue loh. Dan karena gue nggak punya perasaan apa-apa, ya gue tolak aja.

Tapi itu (mengungkapkan perasaan duluan kepada seorang lelaki) nggak salah. Boleh-boleh saja dilakukan. Yang penting sudah siap dengan segala kemungkinan.

Keempat, jika kalian tak sanggup akan resiko yang mungkin didapatkan, maka pendam saja rasa itu dalam-dalam. Kubur dan mulailah jalani hidup dengan normal. Nggak usah lebay. Karena ini adalah kehidupan nyata dan bukan drama Korea.

Jangan mengkhayal mau nunggu bertahun-tahun, lalu kemudian dia datang seperti pangeran. Lalu kalian hidup bahagia. Lalu punya anak. Lalu jadi kakek nenek. Lalu meninggal dunia bersama. Lalu masuk surga.

Berharap boleh, tapi yang realistis. Kalau memang langkah satu dan dua dilakukan dan terlihat seperti tidak ada harapan, ya sudah, berhenti saja. Selesai.

“Tapi Bang Syaiha, ini kan menyangkut perasaan. Nggak bisa semudah itu.”

Oh well, please, jangan lebay. Karena jauh lebih tidak mudah lagi ketika kalian menunggu hingga lama (juga berarti menjadi semakin tua) dan ternyata dia nggak datang-datang juga. Nah loh.

Jadi, Mawar, setelah membaca tulisan singkat ini, semoga masalahmu semakin jelas dan bisa segera menentukan sikap. Tentu saja, keputusan ada di tanganmu sepenuhnya. Silakan mau mengambil langkah apa. 

Dan satu lagi, keempat tips yang saya ajukan di tulisan ini, bukan mengajarkan untuk berpacaran ya. Karena hal itu, pacaran, adalah perbuatan yang tidak baik dan sia-sia.


Demikian. 

15 komentar

avatar

Masukan yang bagus bang Syaiha. :)

avatar

ya bang pacaran itu sia-sia, mendingan tu cewe tulis surat, isi suratnya ngajak nikah hehe..

avatar

suka banget sama tips nya bang syaiha. apalagi nomer 4. cocok buat kita2 yg blum kepikiran buat nikah :D

avatar

Saya banget ini bang sekrang, haduuuh

avatar

Biasanya sih sikapnya yg keempat -_-

avatar

seperti istri Rasullullah yg mengajakNya menikah.

avatar

Terimakasih sudah mampir..

avatar

Terimakasih sudah berkunjung.. Salam

avatar

Bener banget.. Kalau belum kepikiran nikah mending ambil langkah keempat..

Terimakasih sudah berkunjung..

avatar

Terimakasih sudah mampir, mbak...

avatar

Abang bisa aja bang?, sejak kapan beralih jadi dokter cinta. He.he..he. kalo di padang itu bang pihak cewek yang ngelamar pihak pria

avatar

Boleh berharap tapi realistis...
Like it.

avatar

boleh berharap tapi realistis
dan
boleh berharap tapi harus berpikir logis :D

avatar

kata siapa ? gak juga kok mba, saya orang padang. gak pihak cewe yang ngelamar. pihak cowo kok yang datang kerumah


EmoticonEmoticon