Like Fanpage Bang Syaiha

Pesan-Pesan Terselubung pada Tayangan Sasuke Ninja Warrior Indonesia

By Bang Syaiha | Monday, 15 February 2016 | Kategori: |

Pesan-Pesan Terselubung pada Tayangan Sasuke Ninja Warrior Indonesia, bekerja keras dan jangan pantang menyerah, Bang Syaiha, Penderita Polio, http://bang-syaiha.blogspot.com/
Pesan-Pesan Terselubung pada Tayangan Sasuke Ninja Warrior Indonesia
Setiap Ahad, ada satu tontonan yang saya suka di televisi, Sasuke Ninja Warrior Indonesia yang disiarkan oleh RCTI. Acara ini ditayangkan (kalau tidak salah) sekitar pukul lima sore hingga menjelang Maghrib atau bahkan mungkin lebih. Walau saya suka, saya memang tidak pernah selesai menyaksikannya, karena sekitar jam enam kurang televisi saya matikan, saya harus siap-siap ke masjid.

Saya tidak tahu kapan pastinya acara ini tayang pertama kali. Yang saya ingat adalah, beberapa minggu lalu saya iseng memindah-mindah channel televisi dan menemukan acara ini. Bagi saya, menemukan tayangan seperti Ninja Warrior Indonesia adalah seperti menemukan harta karun yang berharga dan banyak (halah, lebay!)

Mengapa saya katakan demikian? Mengapa saya sampai berlebihan? Apakah tulisan ini adalah tulisan permintaan dari stasiun televisi atau tulisan yang diikutkan lomba untuk mempromosikan acara tersebut?

Tentu saja tidak. Ini adalah murni tulisan saya tanpa permintaan dari siapapun. Semua yang ada di blog ini adalah buah pemikiran saya dan tidak ada satu pun tulisan yang dibuat karena permintaan seseorang (atau golongan).

Lalu mengapa saya seperti melebih-lebihkan dan suka pada tayangan yang saya sebutkan di atas?

Ada beberapa alasan memang:

Pertama, tayangan Sasuke Ninja Warrior memang telah saya sukai sejak saya kecil. Dulu ia disiarkan oleh TPI (sekarang sudah berubah menjadi MNC TV). Acara ini, menurut saya keren dan menghibur dengan cara yang elegan.

Kedua, mengapa saya suka tayangan ini? Tidak lain adalah karena ia mengajarkan kerja keras, perjuangan, dan pantang menyerah. Bahwa untuk mendapatkan sesuatu, harus ada biaya yang harus dibayar. Bahwa untuk meraih apa yang sudah diharapkan, ada ikhtiar yang harus diusahakan.

Kita tidak bisa hanya diam dan menunggu Allah menjatuhkan mimpi kita tepat di atas sajadah kita begitu saja, bukan?

Kita boleh bermimpi setinggi mungkin, tapi juga jangan lupa untuk menggapai mimpi itu setahap demi setahap, pelan-pelan, berjuang penuh pengorbanan, dan doa. Ninja Sasuke Warrior ini mengajarkan demikian. Bayangkan saja, untuk mendapatkan hadiah yang cukup besar, para peserta harus melewati beragam rintangan (kalau tidak salah ada beberapa level yang harus dilewati dan setiap level memiliki tingkat kesulitan yang tidak sama)

Ini berbeda sekali dengna kuis-kuis yang diadakan oleh negara kita. Terlepas kuis itu sungguhan atau hanya sebuah drama yang disetting sedemikian rupa, bagi saya kuis yang diadakan oleh produk-produk kita di televisi benar-benar tidak mendidik.

Pernah nih ya, pertanyaan yang disampaikan pada sebuah kuis di televisi ketika Ramadhan dulu, begini: “Oke bapak, mau uang dua juta rupiah? Kalau mau jawab pertanyaan ini dengan benar ya? Sudah siap?”

“Siap!”

“Pertanyaannya adalah, umat Islam yang sudah mampu diwajibkan untuk pergi haji ke Baitullah. Nah, dimanakah letak Baitullah itu, pak? A. Mekkah, B. Jakarta!”

Sempat diam sejenak, mungkin si bapak di ujung telepon bingung (sebuah hal yang mustahil seharusnya. Karena pertanyaan di atas jelas sekali apa jawabannya. Bahkan orang non muslim saja pasti bisa menjawabnya. Masa si bapak tidak?).

“Bagaimana, bapak? Apa jawabannya?”

“Kayaknya Mekkah deh.”

“Yakin?”

“Insya Allah yakin!”

“Ya, benar. Selamat, bapak mendapatkan hadiah dua juta rupiah dari ... (sensor).

Lihatlah bagaimana tidak berharganya kuis yang diadakan di televisi kita. Seharusnya, jika mau lebih elegan dan bagus, bukankah pilihan jawabannya bisa dibuat: (A) Mekkah, (B) Madinah. Kalau ini kan masih mendingan. Lah ini di Jakarta! Ngawurnya nggak ketulungan.

Kadang-kadang, selain jawabannya yang mudah dijawab dan nggak perlu mikir, kejadian ngawur lainnya juga terjadi. Misalnya nih ya, bapak yang ditanya menjawab B, maka pemandu kuis akan bilang, “Bapak sudah yakin B? Kenapa nggak A saja, pak? Jawaban yang benar itu A loh, Pak! Pilih A yaaa..”

“Yaudah deh!”

“Yaaa, selamat, bapak mendapatkan dua juta rupiah dari ... (sensor lagi).”

Gubrak!

Karena hal itulah, dibandingkan kuis-kuis lain yang diadakan produk-produk kita, saya jauh lebih suka Sasuke Ninja Warrior. Kuis ini, mengajarkan kita tentang sebuah perjuangan dan kerja keras, bahwa untuk mendapatkan sesuatu (dalam hal ini hadiah yang akan didapatkan) kita tidak bisa diam dan berpangku tangan.

Saya sebenarnya tidak tahu, apakah Sasuke Ninja Warrior itu benar-benar sebuah perlombaan atau hanya acara hiburan yang semuanya telah disetting dan tidak sungguhan. Tapi terlepas dari itu semua, ia tetap memberikan sebuah tayangan yang mengasikkan dan tidak asal-asalan.


Demikian. 

37 komentar

avatar

Gak suka nonton TV... Sepertinya harus nonton acara ini nih... Berhasil membuat saya penasaran hehehe

avatar

Saya kira ada pesan terselubung alias subliminal messages yg penuh misteri.taunya.....

avatar

Gak suka nonton TV... Sepertinya harus nonton acara ini nih... Berhasil membuat saya penasaran hehehe

avatar

Suka nih bang sm tulisannya. Dr tontonannya aja orang Indonesia udah disuguhi sm yg instan2 ya, ckck

avatar

setuju bang pertnyannya gmpangbgt emang quiz* jmn skr. tp bggk sempoet mikir kalo itu cum settingan

avatar

Uda saya suka banget acara ini..:))

avatar

Setuju setuju, memng segala sesuatu perlu perjuangan bahkan dalam permainan. Eh bukannya hidup ini penuh permainan yah. Etdaaaaaaahhhh
:V

avatar

memang kuis sekarang ngawur" jawabnanyya

avatar

Saya sering nonton ini, dan biasa dalam hati pengen ikutan juga. Hehehe

avatar

Sasuke Ninja Warior memang pengaruh psikologis positif. Biasanya yang gagal bakal mencoba lagi dikesempatan yang mendatangkan.

Karena termotivasi untuk lolos. Dan bukan settingan karena semua bener-bener dilakukan sesuai dengan kemampuannya.

Alhamdulillah ada tontonan yang cukup memberi pesan positif kepada pemirsanya. Segala sesuatu yang ingin diraih maka berusahalah bukan hanya diam atau menonton. Mudah-mudahan saya juga bisa ikutan hehe

avatar

Bener juga sih, judul yang menarik

avatar

Bener juga sih, judul yang menarik

avatar

Saya sependapat dengan tulisan ini.

avatar

Sasuke Ninja Warrior, ya?

Setau saya sih, acaranya Ninja Warrior doang...hehe.
Mungkin nontonnya beda zaman, beda tv, dll.

avatar

emak gue aj suka nntn filem ini,...kl gue suka motornya aj lah hhe
by dedi mekanikmitsubishi

avatar

Hahaha...
Acaranya sih biasa aja sebenarnya, mbak.. Cuma saya memang suka sih, bagus..

avatar

Judul yang menarik memang mengundang orang datang.. hahaha

avatar

Terimakasih sudah mau membaca tulisan saya, mbak..

avatar

Itulah kuis-kuis yang ada di kita..

avatar

Acaranya emang bagus sih.. hehe

avatar

Semua ini adalah permainan.. hehe

avatar

Ngawur dan nggak jelas.. hehe

avatar

Nah, coba aja ikutan mas. Siapa tahu menang, kan lumayan.. hehe

avatar

Benar, mas. Semoga tontonan begini bisa diperbanyak.. Biar ada pilihan yang mendidik dan benar-benar bagus..

Salam kenal dan terimakasih sudah berkunjung..

avatar

Judul adalah kepala. Dan ia harus menarik..

avatar

Terimakasih sudah mampir..

avatar

Masih ada di TV kok setiap minggu sore, hehe.. Tonton aja, Audrey..

avatar

Filem? Motor?
Maksudnya, mas?

avatar

Kekuatan judul, itulah yang membuat saya terjebak disini. #Hiks

avatar

Iya..aku juga tertarik dengan judulnya yang kukira...

avatar

Iya..aku juga tertarik dengan judulnya yang kukira...

avatar

Semacam Penuh Misteri ya kan Bang Syaiha...hahhaa

avatar

Terjebak yang nikmat.. hehe

avatar

Terimakasih sudah berkunjung...


EmoticonEmoticon