Like Fanpage Bang Syaiha

Tanpa Dokumentasi, Kalian Tidak Melakukan Apapun!

By Admin | Thursday, 25 February 2016 | Kategori: |

Tanpa dokumentasi kalian tidak melakukan apapun, One Day One Post, Bang Syaiha, penderita polio, http://bang-syaiha.blogspot.co.id/
Tanpa dokumentasi kalian tidak melakukan apapun
Beberapa hari belakangan, terutama sejak saya membuka kembali pendaftaran One Day One Post batch dua, whatsapp saya selalu penuh dengan chat dari teman-teman yang sudah mendaftar menjadi anggota. Peminatnya banyak sekali, tidak saya sangka sebelumnya. Awalnya, saya berpikiran, mungkin hanya beberapa orang saja yang tertarik dan meminta bergabung, tapi ternyata tidak. 

Jumlah pendaftarnya bejibun!

Saya senang. Pertama, dengan demikian, saya akan punya teman baru yang memiliki kegemaran sama, menulis. Kedua, saya juga akan semakin bersemangat posting di blog dan menghasilkan buku. Bagaimanapun, gerakan ini adalah simbiosis mutualisme. Semua pihak diuntungkan. 

Saya akan menjadi semakin bersemangat menulis apa saja. Dan teman-teman (baik yang di ODOP 1 dan ODOP 2) akan terbiasa menulis dan lambat tapi pasti, akan memberikan kebaikan buat diri sendiri. Trust me!

Gerakan One Day One Post, seperti yang sering saya katakan, adalah gerakan sederhana yang mengajak orang-orang menulis setiap hari dan mempostingnya di blog. Tujuannya adalah membiasakan sebanyak-banyaknya orang untuk mendokumentasikan semua aktivitas kebaikan, agar orang lain membaca dan siapa tahu ada yang terinspirasi. 

Kalaupun tidak ada yang terinspirasi, setidaknya tulisan kita akan menjadi jejak kehidupan yang kelak akan dibaca anak cucu kita. Mereka pasti senang, jika menemukan fakta bahwa neneknya (atau kakeknya) adalah seorang yang baik dan gemar menulis, bukan? 

Dan lagi, saya pernah membaca sebuah kalimat singkat tapi dalam, begini "Tanpa dokumentasi, maka kau tidak melakukan apapun!" 

Ini penting sekali untuk mahasiswa, pekerja sosial dan relawan, guru dan pegawai negeri sipil, atau pemburu beasiswa, bahwa dalam banyak hal, kebaikan-kebaikan yang pernah dilakukan perlu dilaporkan sebagai bahan pertimbangan. 

Ada loh, satu teman saya yang mendapatkan beasiswa kuliah ke luar negeri, salah satu pertimbangan ia diterima adalah karena ia sering menulis tentang apapun di blognya. Maka untuk kalian yang mahasiswa, cobalah mulai menulis apa yang kalian pelajari di bangku kuliah dan sebarkan ke orang-orang melalui blog. Tulis dengan bahasa yang ringan dan enak dibaca. 

Oke, kembali ke begitu aktifnya anggota grup One Day One Post gelombang dua. 

Jadi, setiap hari, mereka sering kali bertanya-tanya: nanti teknisnya gimana, Bang? Kalau nulis puisi boleh nggak? Kalau nulisnya nggak tuntas dan dilanjutkan besoknya boleh nggak? Terus, setiap hari kita wajib blog walking ke berapa orang? dan sebagainya. 

Nah, demi kepraktisan saya menjawab, maka berikut saya berikan aturan mainnya saja ya. Teman-teman tinggal klik link berikut dan secara otomatis file pdf tentang tata cara gerakan One Day One Post  bulan pertama bisa dilihat disana. 


Harapan saya, semoga semua anggota One Day One Post bisa tetap bersemangat menulis dan jangan malas-malasan. Tulis sesegera mungkin ide yang ada di kepala dan jangan sampai hilang. Ingat, menunda menulis dan posting, hanya akan membuat hutang semakin banyak dan menumpuk. 

Ujung-ujungnya, kalian akan kesusahan melunasinya, bukan? Maka bersegeralah... 

Demikian. 

35 Responses to " Tanpa Dokumentasi, Kalian Tidak Melakukan Apapun! "

  1. Alhamdulillah sampai saat ini cuma pernah sekali berhutang :D

    ReplyDelete
  2. Bismillah.. siap semangat.. :)

    ReplyDelete
  3. siap, moga bisa istiqomah..:)
    makasih bang syaiha..

    ReplyDelete
  4. siap, moga bisa istiqomah..:)
    makasih bang syaiha..

    ReplyDelete
  5. Semangaaad. Udh donlot dan udh baca. :)

    ReplyDelete
  6. Siiep semoga bisa istiqomah... aamiin...

    ReplyDelete
  7. Semangat! Semangat! Semangat! Kita Bisa!!! ^___^

    ReplyDelete
  8. Bismillah... baru langkah awal... semoga lancar :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin.. Semoga lancar jaya sampai tua..

      Delete
  9. Replies
    1. Kita sama-sama belajar dan saling mengingatkan..

      Delete
  10. Semangat. Insya Allah kita pasti bisa menjadi penulis yang bermanfaat aamiin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin..
      Jaga semangat dan keistiqomahannya yaa...

      Delete
  11. Semua tergantug niat awal. Kalau niat bagus dan kuat Insya Allah bisa :)
    Semangat...

    ReplyDelete
  12. Bisa menggurita gerakan ini bang. Sukses selaLu

    ReplyDelete
  13. Bisa menggurita gerakan ini bang. Sukses selaLu

    ReplyDelete
  14. Siap bang. Moga bisa terus semangat and punya ide buat nulis ...hehehe

    ReplyDelete
  15. semoga ini langkah awal untuk belajar menulis, keinginan yang terpendam cukup lama. terima kasih Bang Syaiha sudah memfasilitasi

    ReplyDelete