Like Fanpage Bang Syaiha

Ekonomi Keluarga Hancur, Lalu Minta Cerai!

By Bang Syaiha | Wednesday, 23 March 2016 | Kategori: |

Perekonomian keluarga, Ekonomi rumah tangga, Bang Syaiha, Kisah Inspiratif, One Day One Post, Menulis Setiap Hari, Blogger Aktif, Penderita Polio, Trainer, Guru Blogger, bangsyaiha.com
Perekonomian keluarga
Beberapa menit yang lalu, seorang teman di kampung halaman menyapa saya melalui jendela chatting di facebook. Ia bertanya kabar dan banyak hal. Kami kenal sejak kecil dan sudah bersahabat lama sekali. Hanya karena jarak yang jauh sajalah, maka kami jarang bersua. 

Katanya, "Hey, apa kabar, Syaiha?" 

Aku senang mendapatkan pesan darinya, menjawab pertanyaan di atas segera, "Alhamdulillah sehat. Kau bagaimana?" 

Lalu mengalirlah cerita tentang beberapa kisah. Dia sudah menikah dan dikarunia keturunan yang menggemaskan, sudah bekerja di sebuah perkebunan, serta sebagainya. Dan entah darimana pangkalnya, kami sampai pada kisah sahabat yang lain, sebut saja namanya Ucok!

"Kau inget si Ucok, Syaiha?" ia bertanya. 

"Inget, kenapa emang?" 

"Aku sih nggak tahu kenapa, Syaiha. Tapi denger-denger, dia sedang ribut sama istrinya. Malah ada yang bilang mereka akan bercerai." 

"Oalah. Kok bisa?" 

"Biasa, masalah ekonomi. Usaha Ucok gagal dan istrinya nggak kuat. Ia tergoda lelaki lain yang lebih mapan dan menjalin perselingkuhan," teman saya berhenti sejenak, lalu melanjutkan, "Tapi pastinya, aku nggak begitu tahu. Itu hanya kabar dari orang-orang." 

Saya menelan ludah, menyahut, "Semoga Allah memberikan jalan terbaik buat Ucok dan keluarganya." 

Kami berdua kemudian mengaminkan. 

***** 

Teman-teman sekalian, menikah itu adalah sebuah perjalanan panjang. Di dalamnya tidak hanya yang enak dan indah-indah saja. Tapi juga ada air mata, hal-hal menyesakkan, dan penderitaan. Dalam rumah tangga itu lengkap. Rasanya tidak hanya manis, asam, dan asin saja. Tapi ada juga pahit dan getir. 

Dan untuk itu semua, kita harus menyiapkan banyak hal. Menyiapkan ilmu, menyiapkan kedewasaan, juga yang tidak kalah penting menyiapkan harta. 

Berumah tangga itu butuh uang. Untuk apa saja? Jelas saja untuk makan, untuk berobat ketika ada yang sakit, untuk jalan-jalan, untuk disimpan demi masa depan, juga untuk bersedekah kepada orang tua, kepada sanak kerabat dan tetangga. 

Berumah tangga itu butuh uang. Banyak sekali malah. 

Maka bekerjalah dari sekarang, sesegera mungkin. Apalagi bagi kalian yang laki-laki. Kalian adalah pemimpin keluarga, tumpuan nafkah. Maka jangan bermalas-malasan. Segeralah berpikir kreatif untuk bisa segera berpenghasilan. 

Di jaman yang serba enak seperti sekarang, bahkan dengan ponsel dan facebook saja, seharusnya kalian bisa mendapatkan banyak hal. Kelola semuanya dengan baik. 

Kalian boleh saja bekerja di kantor, dimana saja. Jika tidak cukup, segera lakukan hal lain yang kalian sukai dan usahakan mendatangkan rejeki. Lakukan semaksimal mungkin. Gunakan waktu dan tenaga untuk itu. Dapur kalian harus tetap berasap, anak istri harus tetap makan, yang bergizi dan kaya nutrisi. 

Dan untuk kalian yang perempuan, ketika suami sudah melakukan banyak hal dan belum juga berhasil mendatangkan banyak uang, maka bersabarlah. Bantu suami kalian dengan doa, dengan dukungan dan senyuman. Jangan kalian tambahi beban mereka dengan omelan yang nggak penting. 

Percayalah, suami kalian di luar pasti sudah melakukan banyak hal demi keluarga dan anak-anak. Maka lengkapi usaha mereka dengan doa-doa dan pengharapan kepada Allah. Di rumah, banyak-banyak shalat Dhuha dan mintalah dengan sebaik-baik permintaan. 

Jika kondisi perekonomian sedang tidak bersahabat, maka bersabar. Kencangkan ikat pinggang. Karena barangkali kalian memang sedang diminta untuk banyak-banyak berpuasa dan merasakan bahwa banyak saudara kita yang kurang beruntung di luar sana. Begitu saja. 

Intinya mah, selalu saja berbaik sangka pada Allah, dan kalian, suami istri, teruslah saling mendukung dan jangan saling menyalahkan

Demikian. 

6 komentar

avatar

Sederhana, tapi mengena.

avatar

oke bang dicatet. gak boleh saling menyalahkan..

avatar

Petuah yang pas buat remaja seperti saya Bang Syaiha :)


EmoticonEmoticon