Like Fanpage Bang Syaiha

Katanya Mau Jadi Penulis? Kok Lama di Facebooknya daripada Nulisnya?

By Bang Syaiha | Monday, 18 April 2016 | Kategori:

Beberapa hal yang menghambat menulis, Bersosial media membuat kita lupa menulis, Bang Syaiha, http://www.bangsyaiha.com/
Beneran mau jadi penulis?
Saya lagi nggak mood menulis malam ini. Bawaannya ingin bersantai saja, tiduran sambil menonton film, atau sekedar duduk bermalas-malasan seharusnya menjadi pilihan yang menggiurkan. Masalahnya adalah, saya tidak punya film baru yang belum ditonton. Semua film yang ada di laptop sudah pernah disaksikan semua. 

Jadilah hampir satu jam ini, kerjaan saya hanya membuka laptop dan online nggak jelas. Klik sana-sini tanpa tujuan. Buka facebook lalu mantengin status teman-teman, mulai dari atas hingga sampai beberapa meter ke bawah. Benar-benar kurang kerjaan banget, kan? 

Dan untuk melakukan itu semua, saya menghabiskan waktu hingga nyaris satu jam. Saya benar-benar tidak menyadari hal ini, hingga ketika mata saya terarah tanpa sengaja ke pojok kanan bawah, ke arah jam yang ada disana, saya kaget. 

"Cuy, udah nyaris satu jam elo ngeliatin facebook doang! Produktif dikit napa!" 

Maka setelah itu, saya langsung ke blog ini dan segera menulis apa saja yang melintas di kepala. 

Ini adalah godaan terberat seorang (calon) penulis. Sering kali, orang-orang yang ingin menjadi penulis, terlena. Bukannya menulis dan menghasilkan sebuah karya, malah asik masyuk berfacebook ria. Alasannya apa coba? 

"Saya mau facebookan dulu ah, Bang. Mau cari ide!" 

Amboi, alasan yang sepertinya indah sekali, bukan? Tapi yang terjadi, biasanya bukannya dapat ide yang keren dan brilian, malah habis waktu disana, ngeliatin beranda hingga sampai ke bawah entah berapa lama. 

Bener, kan? Sudah deh, mengaku saja. Toh saya juga mengalaminya barusan. 

Karena hal inilah, maka ketika hendak menulis, biasanya saya tidak online. Mematikan tathering dan menulis di word. Nanti, ketika tulisan sudah jadi, baru saja online dan memposting tulisan saya di blog. Dengan begini, maka saya bisa fokus dan tidak terganggu dengan notifikasi facebook yang sering kali berbunyi. 

Selain facebook, godaan penulis jaman sekarang, biasanya adalah whatsapp. Apalagi jika grup yang diikuti banyak dan aktif semua. Yang ada apa? Bukannya segera menulis malah asik saja bercengkerama disana. 

Kalian nggak percaya?

Coba deh, sesekali hitung berapa lama kalian di depan layar ponsel. Pasti jumlahnya bisa berjam-jam. Dan jika waktu sebanyak itu digunakan untuk menulis, bukankah akan menghasilkan banyak tulisan? 

Maka saran saya, untuk kalian yang ingin menjadi penulis, segera sadar dan kurangi sosial media. Boleh disana, tapi seperlunya saja. Jangan kebablasan dan kemudian lupa, bahwa mimpi kalian adalah ingin menjadi penulis yang banyak menghasilkan karya untuk banyak orang. 

Demikian. 

13 komentar

avatar

Katanya mau belajar buat UN, malah mantengin FB *nampar pipi sendiri*

Oh ya, Bang, yang soal kemarin itu jawabannya 46 (Ini kata guru MTK saya sih). Sesi tanya jawabnya bisa lanjut, ngak?

avatar

Mantap, makjleb banget, apalagi lama2 di IG bisa panasss ngelihat iklan jilbab dan gamis xixixi *ala emak2 akhir bulan*

avatar

saya malahan ga terlalu suka sosmed belakangan ini....kecuali YouTube dan wordpress. paling yg gencar di Wa, bang hehe

avatar

Saya selalu lama di depan smartphone. Soalnya, saya nulisnya pakai smartphone bukan laptop. Barubsetelah selesai saya publish akan saya simpan di laptop. Tapi ya gitu...kadang godaan datang juga dari Tom dan Angela yang minta diajak main...duuh...

avatar

Wahh,, tersinggung bangett baca tulisan ini-paragraf pertama aku bangett ituu, hehe

sosmed memang distraksi utama saat ingin menulis T_T

avatar

So true.wah jadu malu sama diri sendiri

avatar

Berasa kena vlakk deh. Makasih udah diingetin ya Bang :)

avatar

Tulisannya kayanya buat saya ni bang hehe...

avatar

Hahaha bang syaiha gue kesindir banget nih wkwkkwkw

avatar

Matur nuwun. Sudah diingatkan Bang. Tadi saya bahkan lebih dari dua jam 'gojekan' terus di WA. Maklum ada banyak group yg narik2 terus..

avatar

Makasih bang syaiha...
Udah menampar saya.lho tulisan ini...
Coz gue bangetz ini...tapi kalo aq bukan ke fb nya...tapi nyahutin chattingan ama temen2 dumay...yg tiada hentinya notify...maaf bang...khilaf...
Mulai skg..aq coba belajar fokus 1 jam per hari deh...khusus blog.

avatar

Hehe iya bener juga bang.. Kalau sudah buka FB dll yang ada malah jadi nggak fokus nulisnya :D Terima kasih untuk sarannya bang..

avatar

wakakakkkkk...tersinggung....tersinggung.....jleb bgt nyindirya....haha


EmoticonEmoticon