Like Fanpage Bang Syaiha

Pentingnya Mengelola Media Online

By Bang Syaiha | Sunday, 24 April 2016 | Kategori: |

FLP Bogor, Pentingnya mengelola media online, Bang Syaiha, http://www.bangsyaiha.com/
Pertemuan Rutin FLP Bogor
Hari ini, saya berkesempatan menjadi fasilitator pada pertemuan rutin di FLP Bogor. Tema yang saya bawakan adalah pentingnya mengelola media online dengan baik untuk keperluan dunia kepenulisan. 

Mengapa media online perlu dikelola dengan benar?

Jawabannya bisa macam-macam. Tapi bagi saya, ada beberapa hal. Silakan menambahkan di kolom komentar jika memang ada yang kurang. 

Pertama, mengelola media online dengan baik penting untuk sarana personal branding. Sebagai orang yang katanya mau menghasilkan sebuah buku, maka personal branding perlu dilakukan agar ketika nanti buku kita diterbitkan dan dilempar ke pasaran, orang-orang sudah kenal dan (semoga) mudah saja menjualnya. 

Personal branding menjadi begitu mudah di jaman ketika dunia maya berkembang sangat pesat seperti sekarang. Kita hanya perlu media, bisa facebook, blog, twitter, atau dimanapun, dan mengelolanya dengan sempurna. 

Jika ingin menjadi penulis fiksi, maka tuliskan kisah-kisah yang kita buat disana. Biarkan orang-orang  mengenal kita sebagai penulis yang selalu menghasilkan cerita fiksi yang menggugah. 

Jika ingin ahli menghasilkan kisah-kisah misteri, detektif, atau romance, maka tuliskan juga di media yang kita punya. Sebisa mungkin setiap hari. Nggak apa-apa pendek, yang penting setiap hari ada karya kita nangkaring disana. 

Biarkan orang-orang membaca dan nanti, pada masanya, akan semakin banyak yang mengenal kita dengan keahlian itu. 

Personal branding akan berhasil ketika disebutkan keahlian tersebut dan nama kita yang muncul di kepala setiap pembaca. Misalnya, ketika saya sebutkan cerita detektif, apa yang muncul di kepala teman-teman? 

Sherlock Holmes! Sir Arthur Conan Doyle! 

Nah, jika demikian, maka personal branding si penulis Sherlock Holmes ini benar-benar sudah berhasil. 

Kedua, mengapa kita (khususnya orang-orang yang ingin menjadi penulis) perlu mengelola media online?  Karena di media online tersebut kita bisa belajar dan mempublish tulisan kita. Nggak perlu bagus-bagus amat, karena nggak ada seleksi. Lah wong media itu punya kita, kok!

Gunakan media online yang kita punya untuk memamerkan tulisan-tulisan yang sudah dibuat dan biarkan orang-orang melihat. Kalau ini dilakukan terus, maka saya yakin sekali, pasti tulisan kita, lambat tapi pasti, akan mengalami banyak peningkatan kualitas. [Selengkapnya, klik DISINI]

Ketiga, bagi penulis yang mengelola media online, maka ia akan keep in touch dengan pembaca setianya. Penulis seperti ini, yang media onlinenya terjaga, juga akan dengan mudah memasarkan karyanya jika suatu saat diterbitkan. 

Keempat, jika media online terawat dan terkelola dengan baik, maka akan banyak tulisan disana dan tidak menutup kemungkinan bisa dilirik sama penerbit loh. Ini serius. 

Beberapa teman saya yang blogger, ada yang dihubungi penerbit karena editor mereka tanpa sengaja terdampar di blog teman saya itu. Ketika melihat tulisannya bagus dan banyak pengunjungnya, maka teman saya ditawari kontrak penerbitan. Enak banget, bukan? 

Di saat kita, barangkali kesusahan menembus penerbit mayor, mereka-mereka malah ditawari begitu saja. 

Kelima, selain keuntungan di atas, jika kita mengelola media online dengan baik, nggak menutup kemungkinan juga banyak yang menghubungi dan mengajak kerja sama. Blog saya yang sederhana ini misalnya, pernah satu dua kali juga diminta kerja sama oleh orang yang tidak saya kenal. 

Tapi karena saya hanya menggunakan blog ini untuk menulis dan mempublikasikan apa-apa saja yang saya lakukan, maka saya tidak berkenan. Tidak menerima kerja sama itu. 

Dan lagi, penawarannya belum greget. Jadi saya tolak (Matre nih gue!)

Setidaknya lima hal inilah yang bisa kita dapatkan jika mengelola media online dengan baik. Saya belum sampai kesana, masih amburadul mengelola media online saya. Masih butuh keseriusan dan kerja keras. 

Mohon doanya saja, semoga ke depan saya bisa lebih baik. 

Demikian. 

4 komentar

avatar

Amin, saling doa mendoakan ya bang syaiha :)

avatar

Amin.
Do'akan juga muridmu ini ya Bang =D


EmoticonEmoticon