Like Fanpage Bang Syaiha

Behind the Scene Masih Ada (2)

By Bang Syaiha | Thursday, 4 August 2016 | Kategori: |

Novel Masih Ada, Bang Syaiha, Novel Keren, Inspiratif, Novel tentang Harapan, Cinta, dan Pengabdian
Bingung mau pilih cover yang mana
Di tulisan sebelumnya, saya sudah menjelaskan bahwa saya adalah orang yang selalu saja kesulitan menentukan judul untuk semua buku yang sudah saya terbitkan. Bagi saya, jika tulisan itu adalah anak-anak dan buah hati, maka memberikan judul kepada mereka adalah sama seperti menyematkan nama yang baik kepadanya. 

Karena hal itulah maka saya tidak mau asal-asalan. Judul harus elegan, membuat orang penasaran, dan tidak terlalu panjang. Ini adalah judul yang baik versi saya. Dan semua orang pasti punya pandangan masing-masing. Nggak masalah. 

Nah, teman-teman, selain kebingungan dalam menentukan judul, saya juga memiliki masalah yang sama dalam menentukan mana cover yang baik: menarik dan enak dilihat. 

Memilih cover untuk buku saya adalah sama seperti membelikan baju yang baik kepada anak-anak saya. Harus benar, enak dilihat, dan menyenangkan. Sama seperti memilih judul, ia juga tidak bisa dilakukan asal dan serampangan. 

Karena hal inilah, ketika diminta oleh istri saya, "Mau cover yang bagaimana, Abi?" 

Saya jawab saja singkat, "Terserah deh. Yang penting tidak terlalu ramai." 

"Punya referensi?" 

Ditanya demikian, saya lalu membuka internet dan mencari beberapa contoh di google. Cukup lama hingga menemukan dua tiga cover yang menurut saya menarik. Sambil menunjukkannya ke istri, saya bilang, "Yang kayak gini nih.." 

Setelahnya, saya menyerahkan penuh ke istri. Dia lebih paham tentang desain grafis. Mampu mengoperasikan corel draw dan photoshop. Sedangkan saya tidak sama sekali. Angkat tangan dan kemudian pergi. Sudah menjadi kebiasaan istri saya, ketika ia sedang mendesain sesuatu, ia tidak ingin diganggu. 

"Jangan kasih masukan dulu," suatu kali ia berkata, "kalau udah selesai, baru Abi boleh kasih saran." 

Tidak butuh waktu lama, lima desain cover yang dibuatnya jadi seketika. Semua diserahkan ke saya dan saya dimintanya memberi nilai. Sekali lagi, karena bingung, saya kemudian melakukan voting di beberapa tempat: grup WA One Day One Post, facebook personal, dan fanpage saya. 

Dari kegiatan itu, diperolehlah dua terbaik menurut versi teman-teman saya. 

Cover Pertama

Novel Masih Ada, Bang Syaiha, Novel Keren, Inspiratif, Novel tentang Harapan, Cinta, dan Pengabdian
Baru Calon
"Cover ini terkesan soft, lembut, dan teenlit banget," kata seorang kawan di grup WA saya. 

Yang lain, berkata, "Cover ini enak dipandang dan girly banget. Perempuan pasti suka banget nih sama yang ini." 

Sedangkan komentar istri saya, begini, "Ini adalah cover yang menggambarkan banget isi cerita: tentang harapan, cinta, dan pengabdian!" 

Cover Kedua 

Novel Masih Ada, Bang Syaiha, Novel Keren, Inspiratif, Novel tentang Harapan, Cinta, dan Pengabdian
Masih Calon juga
"Cover ini kokoh dan berkarakter. Jadi, jika isinya adalah tentang perjuangan dan pengabdian, saya rasa ini cover yang paling menggambarkan," katanya di media sosial. 

"Cover ini Bang Syaiha banget nih. Sudah kemana-mana, kayak traveller dan perjalanan. Juga tegar." 

Adik kandung saya malah bilang begini, "Cover ini cocok. Soalnya satu karakter sama novel Sepotong Diam. Nggak terlalu kalem, tapi terlihat kokoh, penuh pendirian, dan kuat." 

Nah, melihat beberapa komen yang masuk, sampai saat ini saya masih belum menentukan akan memilih yang mana. Tapi akhir pekan ini, semoga saya sudah bisa mengambil sikap. Bagaimanapun, saya harus memilih satu. 

Dua-duanya bagus. Tapi tidak mungkin saya pakai semua. Harus ada yang saya sisihkan karena beberapa alasan. 

Demikian. 

2 komentar

avatar

Sip. Semoga segera ada keputusannya ya. Biar bisa running. Promosi promosi promosi. Karena judul dan cover menentukan hokinya buku. Hehehe..


EmoticonEmoticon