Like Fanpage Bang Syaiha

Dari 8,7 Juta Orang yang Berbelanja di Internet, Hanya 1,8 Persen Saja yang Mencari Buku!

By Bang Syaiha | Saturday, 27 August 2016 | Kategori:


Ketika mendapatkan gambar di bawah ini, saya agak sedikit terkejut. Ternyata, bisnis buku via dunia maya itu menempati posisi paling buncit. Jumlahnya hanya 1,8 persen saja. Padahal, sebelum-sebelumnya, saya sempat kepikiran mau buat website yang khusus menjual buku-buku baru dan bekas. 

Tapi ketika memperhatikan gambar ini lebih seksama, kok saya malah jadi berpikir dua kali untuk merealisasikannya. 


See, peminat buku di dunia maya, saya ulangi sekali lagi, hanya 1,8 persen. Itu artinya, di tahun 2016, dari 8,7 juta orang yang mencari barang di internet, hanya ada sekitar 156.600 orang saja yang mencari buku melalui dunia maya. 

Itu jumlah yang sangat sedikit loh, Ndul! Kamu masih mau berbisnis buku di media online?

Orang-orang memang lebih suka mencari langsung ke toko buku. Ke Gramedia. Kalau nggak kesana, rasanya kurang afdhol, kan? Bukti bahwa Gramedia mampu menancapkan kuku-kukunya yang besar di kepala kita masing-masing. Padahal, di jaman seperti sekarang, seharusnya kita diberi banyak kemudahan dengan hanya tinggal diam di rumah dan mencari keperluan di dunianya si Maya. 

Dan lagi, kalau kita membeli di internet, biasa akan lebih murah, tidak perlu mengeluarkan uang buat ongkos kesana-sini, juga tidak akan lelah dan habis waktu, toh?

Tapi ya itu tadi, rasanya kurang afdhol kalau nggak langsung ke toko bukunya. 

Mengapa demikian? 

Yah, barangkali, kalau langsung ke toko bukunya kan bisa sekalian lihat-lihat buku yang baru keluar. Disana kan banyak buku yang bisa dijadikan barang incaran. Terus, kalau di toko buku juga kan kita bisa langsung lihat fisik buku yang akan kita beli... 

...dan masih banyak lagi. 

Sebenarnya sih, dengan minat baca masyarakat kita yang rendah, memang wajar-wajar saja jika jumlah pencari buku di dunia maya agak sedikit jumlahnya. 

Pertama, kesejahteraan di Indonesia masih belum merata. Banyak yang masih hidup di bawah garis kemiskinan. Sehingga jangankan membeli buku, bahkan untuk makan saja kadang mereka kesusahan. Buku entah ada di urutan keberapa, nggak tahu dah. 

Kedua, kalau pun sudah punya uang yang agak cukup, sebagian besar kita memang akan mikir beberapa kali toh untuk beli bahan bacaan? Ya itu tadi, minat baca memang masih kurang. Kita lebih memilih menggunakan uang untuk yang lain: jalan-jalan, makan-makan, nongkrong-nongkrong, dan masih banyak lagi. 

Nah, beberapa hal inilah, mungkin, yang menyebabkan orang-orang tidak berminat mencari buku di dunia maya. Lebih memilih mencari yang lain, baju dan tetek bengeknya. 


EmoticonEmoticon