Like Fanpage Bang Syaiha

Inilah Lima Fakta tentang Mukidi yang Sedang Ramai Dibicarakan

By Bang Syaiha | Friday, 26 August 2016 | Kategori:


Seharian ini, nama Mukidi memenuhi pesan singkat di aplikasi WhatsApp saya. Hampir setiap grup, ada saja satu dua orang yang mengirimkan cerita pendek tentang dia: si Mukidi yang misterius. Kisahnya lucu, membuat saya tersenyum-senyum sendirian. 

Siapa sebenarnya Mukidi? 

Saya sempat penasaran. Mukidi ini siapa sih? Namanya kok yo ndeso banget. Ini pasti orang Jawa di pedalaman sana. Gumam saya asal tadi siang, ketika pertama kali mengetahui tentang fenomena Mukidi. 

Nah, karena pengen tahu, saya lalu mencari informasi kesana kemari, membaca beberapa berita di portal kenamaan dan menyimpulkan: 

1. Mukidi adalah sosok fiktif. 
Ia tidak ada di dunia nyata dan hanya rekaan saja. Di beberapa kisah kocaknya yang beredar, diketahuilah bahwa Mukidi ini juga nggak jelas asal-usulnya... 

...di suatu kisah, ia menjadi orang Jakarta. Tapi di kisah yang lain, ia bisa saja seorang Madura, Jawa, dan sebagainya. 

2. Tidak hanya itu, selain asalnya yang tidak jelas, Mukidi juga hebat. Bisa menjadi orang dalam beragam usia. 
Di cerita yang satu ia kakek-kakek, tapi di kisah yang lain, ia seorang anak SD, lelaki remaja, anak muda, atau apa saja. 

Bagi si penulisnya    yang hingga sekarang masih menjadi tanda tanya, jauh lebih penting membuat orang tertawa dengan leluconnya. Asal usul dan sosok Mukidi yang berubah-ubah itu nggak penting. Asal nyambung sama ceritanya, ya oke-oke saja. 

3. Siapa si pembuat cerita Mukidi sampai saat ini belum diketahui. 
Yah, mungkin dia tidak ingin dikenal oleh orang banyak. Atau, boleh jadi dia rendah hati, tidak sombong, dan rajin menabung, makanya ia tidak ingin tampil ke publik. 

Biarkan saja khalayak ramai menikmati dia melalui tulisan-tulisan singkatnya. Dia   barangkali, cuma ingin orang-orang bisa tertawa lepas saat masalah dan tantangan di masa depan kian tidak jelas. Sesuai motonya, tertawa itu hemat. 

4. Walaupun si pembuat cerita belum jelas siapa, tapi diketahui bahwa dia adalah seorang blogger. 
Dia sudah menulis di blog sejak tahun 2012. Itu kan sudah lama sekali. Saya mampir kesana barusan, dan mendapatkan fakta bahwa postingan terakhir dia adalah hari ini, 26 Agustus 2016. 

Padahal, sebelumnya dia terakhir nulis di blog itu dua tahun lalu, 2014. 

Apakah, ketika mendapati bahwa kisah Mukidinya menjadi viral dan diperbincangkan banyak orang, ia lalu kembali ke blog dan memanfaatkan kesempatan emas ini untuk menyeriusi blognya kembali? Entahlah...

5. Entah benar atau tidak, Si pembuat cerita Mukidi ini sudah tua
Darimana saya dapat info ini? Tentu dari blognya. Di halaman Tentang Mukidi, ada sebuah poto seorang bapak yang sudah senja. Memaki topi seperti seorang seniman dan berjenggot putih yang tebal. 

Di halaman itu juga tertulis: 

Mukidi berasal dari Cilacap. tipikal orang yang biasa saja, tidak terlalu alim, mudah akrab dengan siapa saja. Punya karir tapi kadang-kadang bisa menjadi apa saja. Istrinya Markonah,  juga punya karir tapi tidak terlalu istimewa. Anak mereka 2 orang, Mukirin yang sudah remaja dan Mukiran yang masih duduk di bangku SD. Sahabatnya adalah Wakijan.

Nah, sekiranya itulah lima fakta tentang Mukidi yang seharian ini memenuhi WhatsApp saya. Bagi yang masih penasaran sama Mukidi, silakan langsung saja KESINI

1 komentar:

avatar

Penulis kisah mukidi bernama Soetanto muhlas. Awalnya kisa mukidi hanya untuk acara radio. Tapi akhirnya jadi viral. Ente cek aja fb Pak Soetanto... Kalau ga percaya googling deh siapa Soetanto muhlas...


EmoticonEmoticon