Like Fanpage Bang Syaiha

Susahnya Memulai!

By Bang Syaiha | Monday, 26 September 2016 | Kategori:

Ini gambarnya terlalu pendek puncaknya. Biasanya lebih tinggi, sehingga kesannya susah dilampaui
Baru saja saya menulis tesis yang sudah satu bulan terbengkalai. Awalnya, ketika hendak memulai, berat sekali. Mungkin memang demikian adanya, bahwa langkah pertama pada segala sesuatu itu susah. Butuh kerja keras dan kemauan. 
 
Tapi saya paksa saja. Karena kalau saya tidak memulai dan menuliskan apa-apa yang ada di kepala saya untuk dijadikan tesis, maka ia tidak akan pernah selesai dengan sendirinya toh? Mau didiamkan lima tahun pun, kalau saya tidak bergerak menyelesaikannya, maka tidak akan pernah rampung tuh tugas akhir untuk gelar master pendidikan saya. 

Saya harus memulai! Seberat apapun itu! 

Apalagi, istri saya, hampir setiap hari bertanya, "Abi kapan mau menulis tesis lagi?" 

Pertanyaan itu, sama seperti kalimat, "Skripsi ente sudah selesai belum?" lalu ditujukan pada mahasiswa tingkat akhir yang nggak lulus-lulus. Sakitnya tuh disini!
 
Tapi tentu saja saya paham, bahwa istri saya, karena kasih sayangnya kepada saya, makanya sering mempertanyakan. Agar saya tidak lupa dan segera bangkit lalu menulis dan menyelesaikannya segera. 
 
Dan malam ini saya menulis tesis satu jam. Dapat lima halaman A4. Cukup lumayan, lah! Tadi, ketika memaksanakan menulis, saya lalu lancar sekali melakukannya. Efek sering menulis di blog dan media sosial. Juga memang seperti itulah adanya, bahwa kita mengalami kesulitan yang sangat, biasanya, hanya di awal saja. Selanjutnya akan lancar jaya.  
 
Mengenai hal ini, saya teringat pada sebuah reaksi kimia. 
 
Jadi, agar sebuah reaksi kimia bisa berjalan, maka harus ada energi yang diberikan kepadanya melebihi energi aktivasi. Energi aktiviasi ini, jika digambarkan pada sebuah grafik, maka ia tinggi sekali dibandingkan energi yang lain. Ia memiliki puuncak yang jauh dan seakan-akan susah dijangkau. 
 
Tapi sekali saja ada energi yang diberikan pada reaksi ini lalu melewati energi aktivasi itu, maka reaksi kimia yang diharapkan bisa berjalan lancar. 
 
Reaksi kimis susah di awal! Tapi sekali berhasil melewati langkah awal itu, maka semuanya akan menjadi mudah dan bisa dilalui dengan baik. 
 
Manusia juga begitu. Dalam hal apapun, memulai selalu menjadi bagian paling sulit. 
 
Tapi ketika kita bisa melewatinya sekali saja, maka selanjutnya akan menjadi mudah dan enak saja dikerjakan. 
 
Bagaimana, setuju?

2 komentar

avatar

Setuju Bang.

Jadi teringat skripsiku BAB IV yang harus direvisi lagi.

avatar

Setuju!
Karena saya tidak mengerti bab beginian Bang :)
hehehe


EmoticonEmoticon