Like Fanpage Bang Syaiha

Inilah Dua Cara Sederhana Agar Bisa Menghasilkan Banyak Tulisan dalam Satu Hari!

By Bang Syaiha | Saturday, 1 October 2016 | Kategori: |



Bulan September kemarin, postingan di blog ini mencapai 30 buah, sesuai dengan jumlah hari yang ada di bulan tersebut. Itu artinya, kegiatan One Day One Post di bulan sembilan kemarin terlaksana dengan cukup baik    tapi tidak baik sekali. 

Ibaratnya, jika dianalogikan sebagai mahasiswa yang lulus kuliah, maka nilainya hanya mendapatkan predikat sangat memuaskan, bukan cum laude. 

Mengapa tidak sampai cum laude? 

Begini, kegiatan One Day One Post kan artinya adalah menulis satu postingan setiap hari di blog. Nah, bulan kemarin itu, walau tulisan saya memang genap tiga puluh buah, tapi sejatinya, saya tidak menuliskannya perhari. 

Karena kesibukan yang menyita waktu, tenaga, dan pikiran, ada hari-hari yang kosong dan saya tidak menulis. Sehingga saya mengganti atau menghukum diri saya sendiri dengan menulis lebih di hari yang lain agar ketika di akhir bulan, pencapaian blog ini genap. Tidak berhutang.

Memang sudah sejak lama, saya menantang diri sendiri agar bisa menulis setiap hari di blog. Kalau saya tidak menulis di hari-hari tertentu   karena sibuk, sakit, atau ada kegiatan lain   maka saya akan menggantinya di hari lain ketika waktu saya lebih lapang dan longgar. 

Seperti di bulan sembilan kemarin misalnya. Saya beberapa hari tidak berhasil mencari waktu buat menulis. Dan ketika di hari terakhir, tulisan saya masih dua puluh enam biji di blog ini. Itu artinya, saya berhutang empat tulisan dan harus dilunasi di hari itu juga. 

Jadilah, saya akhirnya menulis empat postingan di tanggal 30 September kemarin. 

"Empat tulisan dalam waktu satu hari? Bagaimana caranya? Lah wong menulis satu tulisan saja saya kebingungan!" kata salah satu anggota One Day One Post ketika saya melaporkan tulisan saya di grup. 

For your information, orang-orang yang mau belajar menulis dan berminat gabung di gerakan One Day One Post memang saya satukan pada sebuah grup agar bisa saling berbagi, saling memberi masukan, dan menyemangati. 

Sampai saat ini, gerakan One Day One Post sudah sampai pada tiga angkatan. Total anggotanya sudah ratusan dan tersebar dari mana saja. Dari Sabang sampai Merauke. Bahkan, beberapa ada yang dari luar negeri. 

Oke, bagaimana agar bisa menulis empat tulisan sekaligus dalam waktu satu hari?

Pertama, yang saya lakukan adalah duduk diam dan tidak membuka media sosial sama sekali   termasuk WhatsApp. Mengapa demikian? Karena sering kali medsos itu mengganggu dan menyita waktu kita. Yang awalnya berniat akan menulis, karena buka facebook, twitter, atau yang lainnya, akhirnya malah tidak jadi menulis sama sekali. 

Padahal waktu sudah terbuang lama dan percuma. 

Kedua, yang saya lakukan kemudian adalah mencari gambar yang unik di internet dan dari sanalah saya menulis. 

Benar! Salah satu pemantik ide menulis adalah gambar yang kita lihat. Ini cara paling klasik dan mudah. Saya menemukan gambar yang menarik perhatian, saya pelototi sebentar, kemudian saya menuliskan apa yang terlintas di kepala saya sebebas-bebasnya. Makanya dalam waktu sebentar saja, saya sudah berhasil menuliskan beberapa postingan sekaligus. 

Nah, setidaknya dua itulah yang saya lakukan di tanggal 30 September kemarin sehingga bisa menghasilkan empat postingan sederhana dalam waktu yang tidak lama. 

Dan karena saya meniatkan untuk bisa ber One Day One Post entah sampai kapan, maka saya berharap pada diri saya sendiri, semoga kejadian seperti tadi, menulis empat postingan dalam sehari, tidak terjadi lagi. 

One Day One Post berarti menulis satu tulisan setiap hari. Jangan mangkir dan lalai. Karena ini adalah demi diri saya sendiri. 
.
.
.
Setelah saya berhasil menulis 30 postingan di bulan kemarin, saya ribut di grup One Day One Post. Seakan-akan ingin bilang, "Hey, lihat.. Saya bisa menulis 30 tulisan loh bulan September. Hayuk atuh semangat lagi. Kita targetin 31 postingan di bulan Oktober ya? Sanggup?" 

Saya tidak menyangka, ocehan saya ditanggapi serius dan kemudian disanggupi oleh sebagian besar anggota grup. 

Maka jadilah, tantangan bulan ini, Oktober, bagi anggota One Day One Post adalah menulis 31 postingan sampai akhir bulan. 

Semoga berhasil!

5 komentar

avatar

Hohoho bang syaiha mah bukan ngoceh namanya tapi ngomel..#ehh😁 jadi pada siap grakk semua..#kabur ahh😄

avatar

Semangat. InsyaAllah bisa, ehm

Air mana air

avatar

Kalau suporter sepakbola Surabaya menjawabnya dengan "WANI!"
Berani memposting 31 tulisan.
Meski setelah jawab, mikir 31 kali .. Duh

avatar

Belom yakin bisa nih, maaf kan😞


EmoticonEmoticon