Like Fanpage Bang Syaiha

Inilah Satu-Satunya Kunci Keberhasilan yang Seharusnya Kamu Ketahui!

By Bang Syaiha | Sunday, 9 October 2016 | Kategori:


"Orang yang cerdas, selalu akan kalah dengan orang-orang yang tekun!" begitu kawan saya berkata kemarin, ketika kami bertemu pada sebuah warung kopi di pinggir jalan. Sambil menyesap segelas minuman hitam pekat yang panas, obrolan kami berkelana. Nggak jelas dan nggak ada tujuan pastinya. 

"Cerdas saja memang nggak cukup, Bang Syaiha! Tapi juga harus tekun!" 

Saya mengangguk saja, mengiyakan apa yang dia bilang. 

"Kalau cerdas doang tapi malas, enggan melakukan kegiatan yang mengarah pada masa depan yang diinginkan, maka bisa ditebak hasilnya," teman saya menyunggingkan senyum   lebih tepatnya menyeringai, bilang, "dia pasti akan gagal!" 

Saya tertawa getir. 

"Kayak elu deh!" ia berhenti sejenak, mengambil gelas kopinya, menyesapnya kemudian. Setelah wadah itu dikembalikan ke tempat semula, ia berkata, "Gue yakin, elu nggak akan mungkin bisa menghasilkan dua novel kalau elu nggak konsisten menulis setiap hari, toh?" 

Saya mengangguk, berkata singkat, "Iya, sih! Apalagi, menulis itu kan susah. Butuh komitmen yang tinggi dan nggak semua orang bisa demikian." 

"Nah!" teman saya berseru, "Tidak hanya dalam menulis, komitmen dan konsisten adalah kunci keberhasilan dalam banyak hal! Jika nggak ingin bilang semua." 

Saya mendengarkan. Seru!

"Ingin menjadi pengusaha juga butuh itu! Mentalnya harus kuat dan tekun mengerjakan apa yang mengarah kepada masa depan yang diharapkan, menjadi wirausahawan. Apalagi, berbisnis itu kan nggak ujug-ujug kaya raya. Butuh kerja, rugi di awal, dan sebagainya. Orang yang nggak kuat keyakinan dan komitmennya, maka mudah sekali membelokkan setir, mengarahkan masa depannya pada tujuan yang lain." 

"Ingin menjadi apapun, gue rasa memang butuh kedisiplinan. Rajin mengulang serta bangkit lagi ketika kegagalan datang. Terus lah mencoba, jangan mudah berputus asa." diam beberapa detik, lalu ditutup dengan, "Karena putus asa, sekali lagi, bukan untuk para pemenang, tapi hanya menjadi miliknya para pecundang." 

6 komentar

avatar

Luarbiasa Bang, kata kuncinya komitmen

avatar

Nasehat yg bagus bang...

avatar

infussss .... nuwun Bang

avatar

sangat menginspirasi, terima kasih sharingnya Bang..

avatar

Mantap, bang. Engga cukup hanya cerdas. Tetapi tekun, konsisten, komitmen, tahan mental, juga hal lain yang melatarbelakangi kesuksesan itu sendiri...


EmoticonEmoticon