Like Fanpage Bang Syaiha

Benarkah Makan Malam Membuat Gemuk?

By Bang Syaiha | Sunday, 6 November 2016 | Kategori:

Sumber: http://www.bintang.com/style/read/2555234/10-inspirasi-hidangan-makan-malam-yang-mudah-untuk-dimasak
Barangkali, kamu juga termasuk mayoritas wanita yang penasaran dan sering bertanya-tanya, makan malam membuat badan gemuk atau tidak sih? Sampai saat ini, untuk menjawab pertanyaan demikian, ada dua kubu besar yang saling bersebrangan. 

Ada yang menganggap bahwa makan malam akan membuat gemuk, adalah mitos belaka. Tidak benar. Tidak bisa dibuktikan. Namun, sebagian orang lainnya menganggap bahwa makan malam merupakan suatu pantangan yang harus dihindari karena menyebabkan kegemukan.

Pada dasarnya, kegemukan terjadi karena kalori yang masuk, jauh lebih besar dibandingkan kalori yang keluar. Sehingga kelebihan kalori ini, akan disimpan dalam tubuh dalam bentuk lemak. Jadi, tidak peduli kamu makan jam berapa, kalau kalorinya banyak dan berlebih, maka kamu bisa menjadi gemuk. 

Nah, dengan argumentasi ini, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa makan malam tidak serta merta membuat badan menjadi gemuk. 

Bahkan, jika kamu lihai dalam memilah menu makanan apa yang harus dan tidak harus kamu santap di malam hari, kamu tidak perlu takut mengalami kegemukan badan, lho. Karena tidak semua makan malam dapat menyebabkan kegemukan. 

Ditambah lagi, ketika kamu sedang tertidur, pembakaran kalori dalam tubuh juga tetap terjadi, kok. Jadi, semua adalah tentang menu makanan yang tepat yang kamu konsumsi bukan tentang jam makan malam. Jika kamu memilih menu makanan yang sehat dan rendah kalori untuk makan malam, kamu tidak perlu risau badanmu akan menjadi gemuk. 

Sebuah penelitian juga menunjukkan  bahwa, banyak perempuan yang mengambil setengah dari kalori harian  mereka saat makan malam. Bahkan studi lainnya menunjukkan, kalau sepertiga orang rata-rata mengonsumsi 15 persen kalori harian mereka setelah pukul 23.00.

Nah, untuk menjaga agar badan tidak gemuk dan tetap ideal, berikut adalah hal-hal yang bisa Anda terapkan dalam kehidupan sehari-hari. Berikut di antaranya:

Hindari karbohidrat

Kamu perlu menghindari makanan yang mengandung karbohidrat tinggi seperti kentang goreng, mie, nasi goreng, dan lain sebagainya. Kamu bisa mengganti menu makan malam dengan makanan yang sehat dan kaya serat seperti sayur-sayuran dan buah-buahan. Sayur dan buah-buahan tidak kalah lezat, kok! Ingat, konsumsi karbohidrat secara berlebih juga dapat meningkatkan resiko diabetes, loh. 

Makan Malam dengan Porsi Sedikit

Makan malam dengan porsi banyak hanya akan menumpuk lemak yang sulit terurai ketika kamu tidur di malam hari. Porsi banyak seperti itu yang perlu kamu hindari untuk mencegah kegemukan terjadi. Ketika tidur malam hari, kebutuhan kalori dalam tubuh hanya dibutuhkan sedikit saja karena tubuh tidak sedang beraktivitas seperti di siang hari. 

Makan Malam Beberapa Jam Sebelum Tidur

Bagaimanapun keadaannya, usahakan kamu makan malam beberapa jam sebelum tidur. Makan malam yang dekat dengan waktu tidur malam hanya akan membuat tubuhmu kesulitan mencerna makanan dalam tubuhmu, di samping itu hal tersebut dapat berakibat buruk pada kesehatan perncernaanmu. 

Tidak Mengemil 

Ketika badan lelah selepas pulang kerja atau beraktivitas di luar rumah, cobalah untuk tidak mengonsumsi camilan. Karena ketika otak dan badan sudah lelah, kamu pasti cenderung memilih camilan yang tidak sehat dan kamu tidak pikir panjang dan menimbang-nimbang berapa kalori dan serat yang terkandung dalam camilan tersebut.


EmoticonEmoticon