Like Fanpage Bang Syaiha

Orang-Orang yang Bahagia

By Bang Syaiha | Monday, 14 November 2016 | Kategori:


Selepas shalat Maghrib tadi, saya mendengarkan sebuah tausiyah dari seorang ulama dari Sri Lanka yang kebetulan akan menginap di mushalla tempat biasa saya beribadah. Ia dan kawan-kawannya akan berada di mushalla itu selama lebih kurang tiga hari. 

Dalam tausiyahnya yang berbahasa Arab tadi, disampaikan bahwa seseorang akan mencapai kebahagiaan tertinggi jika dan hanya jika orang itu mengerjakan ajaran agama Islam dengan baik dan benar. Semua aktivitasnya, mulai dari bangun tidur hingga tidur lagi, diniatkan hanya untuk Allah saja. 

Ia makan hanya untuk Allah. Agar tubuhnya sehat dan mudah mengerjakan shalat. Agar tubuhnya bugar, sehingga akan lebih mudah membantu orang lain dan bermuamalah. Apalagi, Rasul pun pernah bilang bahwa ia menyukai umatnya yang memiliki tubuh kuat dan akal yang sehat. 

Ia bekerja juga hanya untuk Allah. Berusahanya dia, ditujukan agar ia menjadi mandiri dan tidak menyusahkan orang lain. Kemudian, jika Allah memberikannya kelebihan rejeki, maka ia akan bagikan kepada orang lain yang membutuhkannya. 

Dia belajar, berjalan ke suatu tempat, bertemu orang lain, melakukan apapun jua, semuanya diniatkan untuk Allah. 

Orang yang demikian   yang melakukan apapun hanya demi Allah dan Rasulnya   adalah orang-orang yang mendapatkan kebahagiaan tertinggi dan hakiki. 

Ia tidak mudah iri dan sakit hati. Ia tidak gampang tersinggung dan emosi. Ia tidak akan bisa dijahili oleh setan yang tak punya hati. 

Bahagia sekali orang-orang demikian! Yang melakukan segala sesuatu dengan ketulusan, tidak mengharapkan apapun dari orang lain kecuali hanya dari Allah saja. 

Semoga saja, saya dan kalian semua yang tidak sengaja terdampar kesini bisa demikian. 

Aamiin. 

2 komentar

avatar

muhasabah diri
perbaiki niat..

avatar

Semoga kita termasuk insan yang melakukan segala sesuatu hanya dengan ketulusan dan mengharap ridha Alloh semata. Aamiin


EmoticonEmoticon