Like Fanpage Bang Syaiha

Bisnis Online Tanpa Modal?

By Bang Syaiha | Tuesday, 6 December 2016 | Kategori:


Seorang kawan bertanya kepada saya, "Enak ya bisnis online tuh! Nggak perlu pake modal, penghasilan bisa banyak setiap bulan." 

Mendengar perkataannya itu, saya lalu bertanya, "Nggak pakai modal bagaimana? Bisa jelaskan?" 

"Gini, loh, Bang," ia mencoba menjabarkan, "saya perhatikan, modal bisnis online itu hanya keberanian dan nggak malu saja. Rajin melakukan broadcast di BBM, update status di facebook, lalu penjualan datang dan penghasilan meningkat pesat." 

Saya mengerutkan kening, lalu bilang, "Masa sih semudah itu? Sudah croscek ke orang yang melakukan demikian? Berapa penghasilannya?" 

"Eh, anu. Belum sih. Tapi yang saya perhatikan melakukan demikian, Bang. Nggak tahu penghasilannya berapa." 

"Oh..."

***** 

Orang-orang yang tidak menggeluti bisnis online, sebagian besar, mungkin akan berpikir demikian. Bisnis online itu menyenangkan sekali, hanya facebookan saja, main ponsel, dan sebagainya, eh bisa dapat uang. Kayaknya nggak perlu berlelah-lelah dan letih. Nggak perlu berangkat pagi dan pulang petang, tapi setiap bulan, ada saja yang datang ke tabungan. 

Menggiurkan!

Efek berikutnya, berbondong-bondonglah orang ingin mencoba peruntungan. Ikut program jadi reseller, agen, atau apalah nama lainnya lagi. 

Setelah dicoba, sebulan dua bulan, penghasilan nggak naik signifikan. Dia heran! Padahal, dia sudah sering update status, sudah ngirim broadcast ke BBM dan kontak di WhatsApp tiga kali setiap hari. Sudah juga ngejapri orang per orang, eh kok masih kecil saja penjualannya? Kapan bisa dapat banyak materi kalau begini?

Apa yang salah ya? 

Sebulan dua bulan, tidak ada yang istimewa. Bulan berikutnya, ia lelah dan berhenti. Ternyata bisnis online tidak semudah yang ia bayangkan. 

Ada yang mengalami? Banyak! Teman saya salah satunya. Dan karena kasus teman saya inilah, maka tulisan ringan ini hadir. Saya ingin membahas sedikit saja tentang bisnis online. Bahwa ia bisa dilakukan dengan dua cara, gratis atau pakai modal uang. Apa bedanya? Yuk disimak terus...

Bisnis Online Gratis vs Berbayar.

Bisnis di dunia maya, ada dua cara memang: gratis dan berbayar. 

Kalau yang gratis ya seperti yang saya jelaskan di atas. Update status, kirim broadcast sudah kayak minum obat, ngejapri, komen di status facebook orang terkenal, dan sebagainya. Kita sering mengistilahkan ini dengan sebutan nyepam. 

Jika ini yang dilakukan, maka kamu akan terlihat tidak profesional, mengganggu orang lain, dan pasti penjualan juga tidak begitu banyak. Jangan mengharap terlalu banyak jika hanya demikian. Bisa saja sih dapat lebih, tapi butuh waktu lama. Bisa enam bulan atau malah setahun dua tahun kemudian. 

Sedangkan cara kedua, adalah cara yang berbayar. Butuh modal. Sama lah, kayak berjualan di dunia nyata. Ada uang yang harus dikeluarkan agar bisnis yang kita lakukan bisa berkembang. 

Modal yang kita keluarkan dialokasikan untuk, setidaknya dua hal: pertama untuk membeli barang yang akan kita jual. Kedua, untuk membayar iklan di media sosial. 

Cara kedua ini, yang berbayar, cenderung lebih cepat mencapai hasil yang diinginkan jika semua dilakukan dengan benar dan tepat. Cara ini juga akan membuat kita terlihat lebih elegan dan benar. Target pasar yang kita inginkan bisa diraih dalam hitungan beberapa hari saja. 

Jadi, kalau kamu mau berbisnis online, maka saran saya, gunakan yang kedua. Pakai modal dan jangan hanya gratisan. Jangan mudah tergiur oleh iming-iming yang diberikan oleh orang-orang. 

Jangan seperti teman saya, yang suka sekali mengeluh begini, "Kemarin, pas belum daftar jadi reseller aja, dibujuk-bujuk setiap hari. Sekarang, giliran saya udah daftar, malah dilepas begitu saja. Kan bingung jadinya?" 

Tuh, kan!

Akhirnya, untuk menutup catatan ringan ini, sekali lagi, sebelum masuk pada satu bidang tertentu, pelajari dulu baik-baik dan jangan mudah tergoda oleh iming-iming yang luar biasa. 

Demikian. 


EmoticonEmoticon