Like Fanpage Bang Syaiha

Lima Pelajaran Penting pada Dunia Bisnis Online

By Bang Syaiha | Tuesday, 3 January 2017 | Kategori:

Sejak memutuskan fokus menjalani bisnis online tiga bulan lalu, saya mendapati beberapa pelajaran. Sengaja saya tuliskan disini, dengan harapan, ada orang yang membaca dan mengambil manfaatnya. 

Pelajaran pertama, menjalani bisnis (sebut saja berjualan), baik yang online dan offline membutuhkan keseriusan dan tidak boleh setengah-setengah. Karena kalau bisnis dijadikan sampingan, maka hasilnya juga akan sampingan. Sedikit dan tidak banyak. Ketika masih bekerja di sebuah sekolah kemarin misalnya, saya menjadikan bisnis online hanya sampingan semata dan memang hasil yang saya peroleh pun tidak seberapa. Ada, tapi tidak banyak. 

Berbeda sekali dengan teman saya yang bisa mendapatkan puluhan, ratusan, bahkan miliaran dari bisnis online yang ia jalankan. 

Dan karena menyadari hal inilah maka saya kemudian memutuskan resign, lebih memilih fokus menjalani bisnis online sambil berencana membangun sebuah sekolah yang semoga menjadi manfaat buat banyak orang. 

Pelajaran kedua, jika ingin mendapatkan banyak uang setiap bulan, maka berdaganglah. Jangan jadi karyawan. Hal ini sesuai dengan sebuah hadist nabi kalau tidak salah, bahwa, sembilan dari sepuluh pintu rejeki itu letaknya ada di perniagaan. Maka berbisnislah! Berjualanlah! 

Dan saya, di bulan ketiga ini membuktikan, dalam satu bulan, penghasilan saya menjadi tiga kali lipat dibandingkan ketika masih menjadi karyawan. Doakan saja di bulan-bulan berikutnya bisa terus meningkat sehingga bisa membantu orang-orang di sekolah yang hendak saya dirikan. 

Pelajaran ketiga, saya menjadi lebih menggantungkan hidup kepada Allah. Setiap hari, saya berdoa lebih banyak dan lebih khusyuk. Meminta kepada Allah agar orang-orang yang melihat dagangan saya di internet digerakkan hatinya untuk segera mengambil ponsel mereka dan menghubungi CS saya, memesan, transfer, dan transaksi selesai. 

Lalu setiap kali ada closingan, saya menjadi lebih bersyukur kepada Allah. Terimakasih ya Allah. Engkau sungguh adalah zat yang membolak-balikkan hati manusia. Engkau yang membuat mereka melangkah ke ATM, lalu mengirimkan sejumlah uang kepada saya sehingga transaksi jual beli ini terlaksana. 

Bayangin aja, mereka nggak kenal kita, nggak pernah bertemu apalagi menyapa, kok berani-beraninya mengirimkan sejumlah uang kepada kita? Mereka nggak kepikiran bahwa akan ditipu dan sebagainya. Ini kan kekuasaan Allah. Dia yang maha segala-galanya. Dia yang melangkahkan kaki si customer ini ke ATM atau Bank, lalu membeli barang yang saya jual. 

Hal-hal begini, dulu tidak membuat saya merinding (karena ingat akan kekuasaan Allah). Tapi sekarang, ketika saya benar-benar menekuni bisnis online ini, hal kecil demikian pun menjadi pelajaran yang hebat buat kehidupan saya. Allah itu keren!

Pelajaran keempat, dalam menjalani bisnis online, diperlukan kecepatan. Baik cepat berpikir, cepat bertindak, dan cepat berinovasi. Dunia bisnis (apalagi bisnis online) memiliki pergerakan yang super cepat. Telat sedikit saja, maka pesaing anda akan meninggalkan anda jauh di belakang. 

Saya belajar akan hal ini. Ketika ada pesaing yang berjualan produk A, maka saya juga harus segera ikut memasarkannya. Saya harus bisa melakukan sama sepertinya atau bahkan jauh lebih baik. 

Pelajaran kelima, di dunia bisnis online ini saya belajar tentang pentingnya sebuah tim. Bisnis itu, baik yang offline atau yang online, nggak bisa dikerjakan sendiri. Harus diselesaikan bersama-sama, oleh beberapa orang yang sudah kita bentuk menjadi sebuah tim. Dengan adanya tim inilah maka kita bisa terus bertumbuh. Ada masalah, tim akan memikirkannya secara bersama-sama lalu mencarikan solusi yang baik dan berguna. 

Maka benar adanya, tentang kalimat ini: "Hiduplah dalam jama'ah. Karena di dalamnya banyak kebaikan, manfaat, dan berkah." 

Oke, lima pelajaran itu dulu. Semoga ada manfaatnya. 
Salam dan selamat pagi. 

7 komentar

avatar

Bermanfaat. Makasih, Bang.
Berdagang memang penuh kejutan!

avatar

Terima kasih ilmunya bang

avatar

Jadi pengen terjun bisnis online juga

avatar

makasih mas, ud dibaca postingannya. dan termotivasi karena lagi belajar berbisnis

avatar

Sepertinya saya juga mulai tertarik belajar bisnis online ...

avatar

Wow... makasih ilmunya Bang Syaiha...

avatar

Tertampar dengan kalimat bang syaiha, jika dijadikan sampingan, hasilnya juga sampingan. Piye yoo


EmoticonEmoticon