Like Fanpage Bang Syaiha

Membaca Itu Banyak Gunanya

By Bang Syaiha | Monday, 23 January 2017 | Kategori:

Hari ini saya memulai kembali kebiasaan lama yang sudah jarang dilakukan. Terutama beberapa bulan belakangan. Apa itu? Membaca buku. 

Hari ini, dua buku sekaligus saya baca. Tapi tentu saja belum selesai. Satu buku saya baca ketika malam hari menjelang tidur. Sedangkan buku yang satunya saya baca ketika sedang istirahat bekerja, di kendaraan umum, atau ketika lagi leyeh-leyeh di malam hari menjelang isya. 

Membaca buku itu sebenarnya menyenangkan. Selain bisa menambah wawasan, juga bisa meningkatkan kembali semangat dan antusiasme yang suka sekali naik turun. 

Saya misalnya. Dalam tiga hari ini, jualan saya di internet agak turun. Berbeda sekali dengan beberapa minggu belakangan. Karenanya, kadang ada rasa sedih, merasa gagal, dan sedikit stres. Bergumam dalam hati, "Ini kenapa ya? Kok jualan saya beberapa hari ini sepi?" 

Teman akrab saya, mendapati saya bergumam lirih demikian, berujar menyemangati, "Biasalah, kan lagi tanggal tua. Toh, sesepi-sepinya jualan ente, tetap aja modalnya ketutup, bukan? Beginilah jualan, bro. Naik turun. Tuh lihat," katanya menunjuk pedagang-pedagang di pinggir jalan. 

"Kenapa mereka?" saya bertanya. 

"Ya, barangkali sekarang mereka pun sedang merasakan hal yang sama kayak ente. Jualannya sepi. Yang beli jarang. Lah kita masih mendingan, jualan di internet modalnya kecil. Nggak ada sewa tempat, nggak panas-panasan. Mereka lebih tidak beruntung." 

"Iya juga sih. Seharusnya memang kita bisa lebih optimis dan terus berkreasi."

Di tengah sedikit kegalauan itu, saya membaca buku yang tepat. Buku pengembangan diri dan motivasi karya seorang motivator muda, Agus Riyanto. Judulya: "Bangkit, Maju, dan Raih Mimpi."

Sehari ini saya baru membacanya 50 halaman. Lumayan. Cukup memberi sedikit suntikan semangat untuk terus bekerja, berusaha, dan berkarya. Disana dikatakan, pikiran harus selalu positif agar bisa mencapai tujuan yang diharapkan. Jangan sekali-kali membiarkan pikiran negatif bersarang. 

Selalu percaya bahwa kita bisa melakukan banyak hal dan berguna. Selalu yakin bahwa apa yang kita harapkan, asal diusahakan, dikerjakan, maka pasti akan tercapai. Kegagalan memang bisa datang kapan saja, tapi itu bukan masalah. Jauh daripada itu, segeralah bangkit setiap kali kegagalan datang menjelang. 

Membaca kalimat demi kalimat dalam buku itu, membuat saya kembali pede. Biarin aja beberapa hari ini jualan sepi. Nggak masalah asal modal masih ketutup. Tetap percaya, jalani, lalu terus lakukan inovasi. Agar ke depan, hasil yang didapatkan jauh lebih baik. 

Demikian. 


EmoticonEmoticon