Like Fanpage Bang Syaiha

Mengenalkan Blog kepada Siswa Rumah Muda

By Bang Syaiha | Tuesday, 31 January 2017 | Kategori: | |


Hari ini saya mengenalkan dunia blog ke delapan siswa Rumah Muda. Awalnya, saya berpikir mereka semua pasti sudah familier dengan dunia maya. Apalagi, anak jaman sekarang kan memang erat sekali bersentuhan dengan internet dan teman-temannya, maka saya beranggapan, pasti tidak akan susah menjelaskan tentang dunia blog ini kepada mereka. 

Tapi rupanya, saya salah. 

Karena ternyata, dari delapan siswa itu, ada beberapa yang bahkan membuat email pun masih kebingungan. Beruntungan sebagian yang lain sudah paham sehingga bisa saya mintai tolong untuk mengajarkan ke temannya yang lain. 

Karena hal inilah, maka saya mengajarkan ilmu blogging ke mereka lebih pelan dari yang saya rencanakan. Saya minta mereka mengikuti satu demi satu tahapan yang saya ajarkan, lalu setelah semuanya selesai, saya minta mereka menulis postingan pertama yang bertema tentang keinganan dan harapan mereka selama satu tahun mengikuti program. 

Yang saya rasakan, dunia blogging ini erat sekali kaitannya dengan bisnis online, makanya saya ajarkan ke mereka ilmu ini. Di dunia blog, kita akan dipaksa menulis agar blog kita terisi dan tidak kosong melompong. Kebiasaan menulis ini, yang saya rasakan sangat membantu sekali ketika menjalankan bisnis online. 

Keterampilan menulis dibutuhkan pada beberapa hal, misalnya, ketika membuat copywriting atau membuat landing page jualan kita di dunia maya. 

Selain itu, jika sudah terbiasa dengan dunia blog, maka kita pun, nanti, ketika harus membuat sebuah website yang menarik dan enak dibaca, menjadi mudah dan cepat saja menyelesaikannya. 

Selanjutnya, menekuni dunia blogging juga sebenarnya bisa dijadikan sumber penghasilan sampingan. Misalnya dengan memakai Google Adsense, menyediakan space iklan, menerima placement post, endors, dan lain-lain. Saya beberapa kali merasakan manfaat ini. Ada aja orang yang menghubungi saya dan menawarkan kerja sama di blog ini. 

Sebagian saya terima, sebagian saya tolak. 

Begitulah, blogging yang sudah lama saya tekuni ini memang memberikan saya banyak manfaat. Maka saya ajarkan ke mereka, delapan orang-orang hebat. Semoga, kelak, mereka juga merasakan manfaatnya jauh lebih baik daripada saya. 

Demikian. 

2 komentar

avatar

siang bang, cuma mengutarakan pendapat. bener anak-anak sekarang deket dengan teknologi. hanya mereka mengenal teknologi secara umum, hanya chat, messaging dan socmed yang bertumpuk pada obrolan. kalau untuk blog, mereka masih awam. ya untuk itu, kita sebagai blogger harus memperkenalkan lebih lagi. klu teknologi itu tidak hanya ada di socmed

avatar

Aamiin. Insy Allah, ilmu yg bermanfaat akan mengalir terus kebaikannya. Sukses Ya Bang untuk programnya


EmoticonEmoticon