Like Fanpage Bang Syaiha

Pendapatan Bisnis Online itu Naik Turun, Maka Berhati-Hatilah Menggunakan Uang Hasil Jualannya

By Bang Syaiha | Tuesday, 10 January 2017 | Kategori:

Menjadi pebisnis online itu sama saja seperti orang jualan. Setidaknya itulah yang saya rasakan hingga saat ini. Berharap-harap cemas setiap hari. Berdoa agar dagangan yang saya display di website dan facebook dilirik orang dan kemudian dibeli. 

Karenanya, setiap hari, saya lebih khusyuk berdoa kepada Allah. Dzat pemilik hati, penggenggam jiwa-jiwa manusia yang ada di dunia. Saya meminta kepada-NYA, agar orang yang kebetulan melihat jualan saya di dunia maya, tergerak dan segera memesan kemudian mengakhirinya dengan mengirimkan sejumlah uang ke rekening saya. 

Selayaknya orang berjualan, maka hari-hari saya benar-benar penuh kejutan dan tidak bisa diduga-duga. 

Pernah dalam satu hari saya mendapatkan keuntungan hingga satu jutaan lebih. Tapi pernah juga memang, dalam sehari saya hanya mendapatkan laba bersih sekitar lima belas ribuan saja. Minus juga ada. Kehidupan saya seperti roler coster. Kadang menggunung tinggi, tapi kadang jatuh dan berada di bawah.

Untuk itulah maka diperlukan managemen keuangan yang baik. 

Ketika mendapatkan keuntungan banyak dan melimpah, maka saya dan keluarga harus menahan diri agar tidak kalap dan kemudian menghabiskan banyak uang untuk ini dan itu. Uang harus disisihkan, disimpan buat jaga-jaga kalau ada hari-hari yang tidak mengenakkan semisal jualan yang tidak laku-laku. 

Keuntungan hasil jualan di dunia maya yang saya lakukan selama ini, setidaknya langsung dialokasikan untuk beberapa hal. Misalnya, saya sisihkan segera untuk diputar lagi di bisnis yang saya lakukan, saya berikan sebagian ke istri untuk digunakan belanja keperluan makan sehari-hari, saya alokasikan juga untuk ditabung, bersedekah, dan lain-lain. 

Pembagian seperti ini penting sekali untuk dilakukan di awal. Agar uang benar-benar dibelanjakan pada pos-pos yang benar. Pada pos-pos yang memang harus dipenuhi. Bukan pada pos-pos yang tidak jelas, apalagi hanya poya-poya belaka. Jangan sampai. 

Akhirnya, mari sama-sama berdoa, semoga anda yang tidak sengaja membaca tulisan ini diberi kemudahan dan rejeki yang banyak. Lalu doakan saya juga untuk bisa terus bertahan pada apa yang sudah saya pilih. Doakan saya agar bisa terus menjalani hari dengan baik dan berkah ya. 

Aamiin. 
Terimakasih dan Selamat Pagi. 

3 komentar

avatar

Aamiin... Aamiin.. Ya Rabb..
Terimakasih juga bang syaiha..
Selamat pagi..

avatar

amin...semoga apa yang dilakukan saat ini senantiasa diberkahi Allah.


EmoticonEmoticon