Like Fanpage Bang Syaiha

Tujuan Hidup Tuh Harus Jelas

By Bang Syaiha | Thursday, 26 January 2017 | Kategori:

Hidup itu harus punya tujuan. Nggak boleh asal-asalan. Harus jelas akan diarahkan kemana, harus tahu akan digunakan untuk apa. Jangan sampai, kita menjalani hari-hari tanpa tahu sebenarnya hidup kita akan diapakan. Bisa berabe jadinya, loh.

Mengapa hidup harus punya tujuan?

Begini deh... Ngejelasinnya, biar gampang kita pakai analogi yang sederhana. Misalnya kita keluar rumah, sebut saja hendak ke Jakarta. Kalau kita jalan-jalan ke ibu kota nggak punya tujuan jelas mau ngapain, maka kita akan seperti orang ilang aja disana. Luntang-lantung nggak nggenah. 

Ketika melangkahkan kaki pun, kita pasti nggak semangat. Jalannya nunduk, tubuhnya membungkuk, nggak punya antusiasme tinggi karena memang nggak tahu apa yang mau dilakukan. 

Lalu kita akan sering bergumam ragu, "Di ujung sana ada apa ya? Bakalan menyenangkan atau malah nggak enak? Duh, gimana kalau di ujung jalan sana ada sesuatu hal yang bisa membahayakan? Aku balik kanan aja deh, putar arah, dan kembali." 

Jadilah terus-menerus begitu, jalan ke selatan, ragu, lalu balik ke utara. Baru beberapa langkah, ragu lagi, banting setir ke barat. Merasa cemas dan kuatir, akhirnya mengalihkan langkah lagi ke timur. Akhirnya apa? Orang yang begini, yang nggak punya tujuan hidup jelas, hanya akan di situ-situ aja. Nggak jalan kemanapun. Diam di tempat. 

Orang lain, boleh jadi sudah sampai entah dimana tahu, dia masih aja nggak berubah. 

Hidup tuh begitu, kalau kalian nggak tahu mau meraih apa, nggak ngerti akan jadi apa, maka jadinya nggak menentu. Sebentar-sebentar ngelakuin ini, tapi ketika mendapati ada aral melintang, ada hambatan, kalian lalu menyerah dan balik kanan. Berubah lagi, ngelakuin yang lain dan ketika mendapati ada hambatan, kalian diam. Mikir lagi, pindah haluan lagi. 

Habis waktu saja dan kalian nggak kemana-mana. 

Beda dengan orang yang tujuan hidupnya jelas. Orang-orang ini, yang sudah tahu hendak ngapain, yang sudah jelas visi dan mimpinya, akan tetap melangkah ke arah yang sama. Nggak gampang menyerah. Mereka tetap berjalan ke tujuan yang sudah di tetapkan. 

Ketika mendapati tembok yang tinggi menjulang, mereka hanya akan belok sedikit, mencari celah yang bisa dilewati, lalu kembali berlari ke tujuan hidup yang sudah pasti. Sehingga kita tahu ujungnya, mereka, yang hidupnya sudah punya tujuan jelas, akan terus berdisiplin dan bersemangat menggapai apa yang sudah ia tentukan. 

Mereka, yang sudah mengerti hidupnya akan diapakan, terus berjalan (kadang malah ngebut) ke sasaran yang sudah ditetapkan jauh-jauh hari di belakang. Mereka akan terus meninggalkan orang-orang yang bingung. 

Nah, makanya, mulai dari sekarang, seharusnya kalian sudah punya tujuan hidup yang jelas. Sudah tahu akan dibawa kemana kehidupan yang singkat dan fana ini. 

Semoga. 


EmoticonEmoticon