Like Fanpage Bang Syaiha

Yang Penting Cukup

By Bang Syaiha | Tuesday, 17 January 2017 | Kategori:

Saya senang sekali ketika ada seorang teman mengirimi pesan singkat via WhatsApp ke saya barusan, katanya, "Bang Syaiha, Alhamdulillah hari ini saya closing (istilah untuk terjadinya jual beli). Iklan di facebook baru jalan dua hari dan working. Seneng euy..."

Saya menimpali ringan, "Wuih, keren, Bro. Ente emang orang pinter sih, makanya dijelasin sedikit aja ngerti."

Benar. 

Saya memang hanya baru menjelaskan sedikit sekali ke dia. Cuma sepintas lalu. Tapi karena memang dia luar biasa cerdas, juga memang karena dia benar-benar ingin mencoba, maka ia berhasil dan bisa. 

Kunci untuk mencapai keberhasilan di bisnis online ini memang hanya itu saja. Pahami, lalu segera praktikkan. Jangan nunggu sampai sempurna benar pemahamannya baru menerapkan. Itu kelamaan, cuy! Yang lain udah sampai mana, ente nanti masih disana saja. Jalan di tempat dan ketinggalan kereta deh jadinya. 

Ilmu di internet banyak. Tinggal googling saja. Baca dan pelajari. Simak dan pahami. Lalu, terapkan dan jangan berhenti. 

Kalau kata mentor saya, "Pokoknya, kalau belum sampai mual ngulik-ngulik iklannya, jangan berhenti. Kalau udah mules dan kebawa-bawa mimpi, maka barulah itu tanda sebentar lagi kaya raya." ujarnya terkekeh. 

Itu yang coba saya lakukan beberapa bulan lalu. Saya diajarin sedikit oleh teman yang sudah menjalankan bisnis online bertahun-tahun, lalu karena kepo dan memang ingin tahu lebih banyak, saya kemudian belajar sendiri dari internet. 

Dunia maya ini surganya ilmu pengetahuan, jika kita benar-benar paham bagaimana mencari dan menemukannya. Tapi juga surganya kejahatan. Ah, saya bingung menjelaskannya. Intinya, di dunia maya, ada hal-hal baik. Juga ada hal-hal buruk. 

Lanjut...

Setelah mencari dan belajar dari Google juga YouTube, saya lalu ngulik-ngulik iklan di facebook. Pagi, siang, sore, malam, kerjaan saya nyoba-nyoba. Belajar dan menerapkan. Mulai dari cara buat akun iklan, riset produk, split test, copywriting, prinsip AIDA, teknik closing, dan sebagainya. 

Semua saya baca pelan-pelan, saya praktikkan sedikit demi sedikit. 

Alhamdulillah, dengan pemahaman yang masih dangkal ini, saya berhasil mendapatkan recehan dari internet. Nggak banyak, tapi cukuplah. Cukup buat makan sehari-hari. Cukup buat jajan anak dan istri. Cukup untuk membuat dapur tetap ngebul. 

Di dunia ini, yang penting kan cukup. Banyak kalau nggak cukup juga masalah toh? Nah, Alhamdulillah, penghasilan saya dari internet cukup. 

Sekarang, saya masih terus belajar dan memperbaiki diri. Semoga ke depan bisa jauh lebih baik dalam segala hal. Ilmu, penghasilan, dan kebermanfaatan. 

Demikian. 


EmoticonEmoticon