Like Fanpage Bang Syaiha

Orang Islam Harusnya Jadi Kaya

By Bang Syaiha | Wednesday, 26 April 2017 | Kategori:

Yuk Jadi Kaya
Semua orang suka terhadap harta. Nggak peduli dia Islam atau bukan, berkulit putih atau hitam, beriman atau kafir. Semuanya suka dan gemar mengumpulkan harta sebanyak mungkin kalau bisa. Dan tentang kesukaan manusia terhadap harta   uang, emas, perkebunan, dan binatang ternak   memang sudah disebutkan oleh Allah dalam Al Quran surah Ali Imran ayat 14. 

"Dijadikan indah pada (pandangan) manusia kecintaan kepada apa-apa yang diingini, yaitu: wanita-wanita, anak-anak, harta yang banyak dari jenis emas, perak, kuda pilihan, binatang-binatang ternak dan sawah ladang. Itulah kesenangan hidup di dunia, dan di sisi Allah-lah tempat kembali yang baik (surga)." 

Artinya apa? Artinya memang kita nggak salah kalau suka dan cinta terhadap harta. Kita nggak salah kalau kemudian gemar sekali mengumpulkan harta di dalam bilik-bilik yang kita punya. Itu fitrah kok. Kita semua, jujur saja lah, pasti senang kan, kalau punya uang yang banyak, rumah mewah yang indah, kendaraan yang nyaman, juga kebun-kebun dan hewan ternak yang lumayan. 

Bermimpi memiliki itu semua nggak salah. Itu fitrah. 

Maka, seharusnya, kita sebagai umat Islam nggak perlu tabu membicarakannya. Uang dan harta adalah kebutuhan. 

Apalagi dalam Islam, banyak sekali ibadah yang memerlukan uang. Sebut saja melaksanakan haji ke baitullah, bersedekah kepada orang yang tidak mampu dan membutuhkan, mengeluarkan zakat, berbakti kepada orangtua dengan menyantuni dan mengurusinya ketika sudah renta, mengobati saudara yang sakit, menyekolahkan anak-anak terlantar dan tidak mampu, bahkan shalat saja, kita membutuhkan uang   walau tentu saja jumlahnya tidak banyak. 

Kalau mau mengikuti semua sunnahnya shalat, maka kita membutuhkan pakaian yang baik, menutup aurat, dan suci. Kita juga membutuhkan parfum sebagai wewangian. Semua itu   sekali lagi, walau tidak banyak   membutuhkan uang. Kita harus membeli pakaian, sejadah, dan barangkali parfum yang enak dihirup. 

Maka mari, yuk kita kumpulkan uang dan harta sebanyak-banyaknya. Kerahkan semua kemampuan dan tenaga untuk mengejar dunia seakan-akan kita akan hidup selamanya. 

Sekali lagi, itu tidak salah. 

...yang salah dan tidak boleh itu adalah kalau:

Kita mengumpulkan harta dan bekerja tapi kemudian lupa shalat dan malah meninggalkannya. Sibuk bekerja, tapi lupa dan tidak mau berdoa. Merasa bahwa dengan kemampuan sendiri juga bisa. Lupa Allah yang maha segala-galanya. 

...yang salah dan tidak boleh itu adalah kalau:

Harta sudah berhasil kita kumpulkan, tapi malah menjadi kikir luar biasa. Malas berbagi. Tidak mau memberi. Merasa bahwa uang yang kita punya adalah milik sendiri. Setiap ada yang datang minta diberi, ia menggerutu di dalam hati, "Enak banget tuh orang minta-minta. Nggak tau apa kalau aku nyarinya susah setengah mati?"

...yang salah dan tidak boleh itu adalah kalau:

Harta yang sudah kita punya digunakan untuk melakukan perbuatan dosa yang jelas-jelas dilaknat Allah. Misalnya mabuk-mabukan, berpoya-poya, main perempuan dan lain sebagainya. Kalau diingatkan oleh orang lain, ia malah berujar, "Uang ini kan milikku, jadi terserah aku dong mau digunakan untuk apa dan bagaimana. Kok elu yang repot!" 

Nah, jika demikian adanya, maka salah. Nggak benar. Tapi kesalahan tentu bukan pada aktivitas mengumpulkan hartanya. Selagi ia melakukan yang baik dan halal, maka hartanya tidak salah. 

...yang salah adalah sikapnya ketika sudah memiliki harta di genggamannya. 

Maka, orang Islam yang beriman, hayuk kita kumpulkan harta sebanyak mungkin yang kita bisa dengan cara yang baik dan halal. Lalu setelah berhasil, mari gunakan harta itu dijalan yang benar. Bantu orang yang membutuhkan, bangun sekolah dan pesantren untuk anak-anak yang tidak mampu, menafkahi anak yatim, dan sebagainya. 

Kan enak sekali jika demikian. Orang Islam kaya raya dan bertakwa. Menjadi manfaat dan berguna untuk sesama. 

Semoga. 


2 komentar

avatar

Mantaaab iya bang benar sekali itu...

Aku baca bagian sholat harus kerahkan.pakaian terbaik. Jadi merasa tersindir.

Selama.ini sholat cuma cuma. Padahal benar kata bang syaiha. Sholat kan menghadap Allah. Berikan.yang terbaik.untuk menghadap sang pencipta

avatar

Khoirunnas anfa'uhum linnas..
Uang memang bukan segalanya ya bang, tapi uang bisa mempermudah segalanya.. Termasuk mempermudah memberi manfaat untuk orang lain.. Hehe


EmoticonEmoticon