Like Fanpage Bang Syaiha

Public Speaking itu Penting

By Bang Syaiha | Wednesday, 5 April 2017 | Kategori:

Sedang opening belajar
Salah satu hal penting yang harus dikuasai oleh seseorang, apalagi yang akan bergelut di dunia usaha, menurut saya, adalah kemampuan dia berbicara di depan umum.  

Mengapa demikian? Karena nanti dia akan berhadapan dengan orang banyak dalam hal tawar-menawar, melobi, dan sebagainya. Ia juga, boleh jadi akan (jika tidak ingin bilang pasti) mempresentasikan produk atau tawaran yang ia punya kepada calon investor maupun stakeholder yang lainnya. 

Menurut saya, pengusaha harus bisa ngomong. Harus bisa meyakinkan orang banyak bahwa yang ia tawarkan adalah yang terbaik. Semakin mahir ia ngomong dan meyakinkan orang banyak, maka boleh jadi usaha yang ia jalankan juga akan semakin moncer. 

Sesimpel itu saja lah alasan saya dan kawan-kawan hingga kemudian memutuskan bahwa materi public speaking harus ada di Rumah Muda Indonesia. Kami membiasakan mereka untuk berdiri di depan dan mengemukakan pendapatnya. Membiasakan mereka bertahan terhadap ide yang mereka punya. 

Tapi nggak boleh asal-asalan, mereka boleh bertahan terhadap apa yang mereka yakini, tapi harus logis. Landasannya jelas. Dalilnya ada. Teorinya cukup. Datanya lengkap. 

Karena apa? Karena nanti, ketika mereka benar-benar terjun ke dunia bisnis, data adalah poin utama. Kita nggak bisa menciptakan atau memasarkan produk tertentu tanpa merisetnya terlebih dahulu dengan data dan fakta yang mendukung. 

Begitu.... 


EmoticonEmoticon