Like Fanpage Bang Syaiha

Apakah Bisnis Online itu Mudah?

By Bang Syaiha | Wednesday, 10 May 2017 | Kategori: |

Apakah Bisnis Online itu Mudah?
Apakah Bisnis Online itu Mudah? 
Jika itu pertanyaannya, "Apakah bisnis online itu mudah?", maka jawabannya bisa dua. Bisa mudah, bisa juga susah. 

"Loh, kok gitu, Bang? Jadi yang bener yang mana?" 

Dua-duanya benar. Bisnis online itu bisa mudah, tapi juga bisa susah. Mari kita bahas deh ya. Karena kebetulan yang terlintas di kepala saya barusan adalah itu, "Apakah bisnis online itu mudah?" makanya saya menuliskan hal ini di blog. 

Yah, itung-itung menggugurkan kewajiban yang sudah saya tanamkan sejak lama, menulis setiap hari, juga sebagai renungan buat kamu yang barangkali akan terjun di dunia bisnis online ini. Silakan dipelajari, apakah ia mudah dijalankan? Jika mudah, kenapa banyak orang yang nggak berhasil dan balik kanan ketika menjalakannya? Ada apa sebenarnya? 

Yuk, disimak yaaa...

Pertama, ukuran mudah dan susah itu relatif. Sama seperti relatifnya kecantikan seorang perempuan. Si A cantik sekali menurut si X. Tapi bagi si Y, si A adalah perempuan biasa saja. Wajahnya standar dan dari ujung kaki hingga kepala, nggak ada yang istimewa. Cantik itu, sekali lagi, relatif. 

Pun sama dengan bisnis online, apakah dia susah atau mudah? Maka jawabannya bisa dua-duanya. Kalau ditanyakan ke saya, maka jawabannya, bisnis online itu berada di pertengahan antara mudah dan susah. Ada masanya mudah sekali menjalankan dan menerapkan ilmu yang sudah ada. Tapi ada kalanya juga susah dan saya kesulitan menemukan celah yang benar untuk berjualan di dunia maya. 

Tapi kalau pertanyaan yang sama ditujukan ke orang yang sudah bergelut lama di dunia bisnis online, maka jawabannya, sudah bisa dipastikan, adalah mudah. Mereka sudah lama dan terbiasa disana. Sudah mengerti setiap celah yang bisa dimasuki. 

....makanya, bagi mereka, bisnis online tentu saja mudah. 

Lalu bagaimana untuk orang-orang yang baru mau mulai berbisnis online? Apakah ia mudah dijalankan? 

Ini menurut saya...

...kalau dia adalah orang yang nggak gaptek-gaptek banget, maka bisnis online bisa dipelajari    lihat, saya tidak bilang mudah, tapi menuliskannya dengan kata bisa dipelajari. 

Cari guru yang benar, dapatkan ilmunya dari dia, lalu praktikkan dan jangan berhenti. Jika ini yang dijalankan, maka kelak, ada masanya kamu akan bilang bahwa bisnis online itu mudah sekali. 

Kedua, jika kamu hendak melakukan bisnis online, kemudian muncul keraguan dan bertanya-tanya, "Apakah bisnis online itu mudah?" maka lebih baik, segera cari komunitas tentang bisnis online saja. Mengapa? Karena bisnis online itu memang nggak mudah, tapi juga sebenarnya nggak susah. Bingung, kan? 

Intinya, segera bergabung ke komunitas bisnis online deh, karena kamu akan kesusahan menjalankannya jika melakukannya sendirian. 

Jangan percaya kalau ada yang bilang bisnis online itu mudah sekali dijalankan. 

Maksudnya begini... 

...kalau kamu ingin bisa menghasilkan puluhan juta setiap bulan dari bisnis online, maka itu nggak mudah. Ada hal-hal yang harus kamu pelajari. Ada waktu yang harus kamu korbankan. Ada uang yang harus dikeluarkan. 

Tapi, jika kamu hanya ingin mendapatkan seratusan ribu saja per bulan dari bisnis online, maka mungkin bisnis online menjadi mudah. Cukup posting poto-poto barang yang kamu jual di sosmed, lalu tunggu teman-teman yang ada disana pesan dan beli. Dengan melakukan hal demikian saja, kamu bisa dapat uang kok. Walau tentu hasilnya tidak seberapa jika dibandingkan jika menjalankannya dengan penuh keseriusan dan fokus. 

Ketiga, jika kamu baru akan memulai bisnis online dan bertanya, "Apakah bisnis online itu mudah?" maka saya akan balik tanya, "Kamu hendak menjalankan bisnis online ini karena apa? Ikut-ikutan doang atau memang serius pengen belajar?" 

"Serius, Bang..." 

"Beneran?" 

"Iya.."

"Kalau begitu, jika kamu benar-benar serius, bulan ini kamu ajukan surat resign ke perusahaan tempat kamu bekerja, lalu fokus jalankan bisnis onlinenya. Bisa ya?" 

...saya yakin, sedikit sekali orang yang berani demikian. Pengennya adalah, menjalankan bisnis online nyambi bekerja. Bisa sih sebenarnya, tapi agak gimana gitu hasilnya. Harusnya, kalau memang serius, tirulah pasukan perang Islam dulu, setelah turun dari kapal dan sampai di pulau yang ada benteng musuhnya, kapal langsung di bakar. 

Prajurit bertanya, "Kenapa kapalnya dibakar?" 

"Agar tidak ada jalan kembali. Agar kita hanya menatap ke depan dan fokus menghadapi apapun yang disana. Agar nggak ada pilihan lain selain maju." 

Itu juga yang diminta mentor saya dulu, ketika saya bilang bahwa saya ingin serius menjalankan bisnis online, "Segera resign ya, Bang Syaiha." 

...dan memikirkan hal itu untuk kemudian memutuskannya, saya butuh waktu tiga bulanan. 

Kamu serius mau menjalankan bisnis online juga? Hayuk atuh resign...
.
.
.
Oke, setelah membaca dari awal sampai akhir postingan ini, kamu sudah menemukan jawaban untuk pertanyaan, "Apakah bisnis online itu mudah?"

Jika belum, saya sarankan baca lagi dari awal ya...

Demikian


EmoticonEmoticon