Like Fanpage Bang Syaiha

Belajar dari Orang yang Mendapatkan Keuntungan Bersih 60 Jutaan dari Facebook Ads

By Bang Syaiha | Monday, 8 May 2017 | Kategori: |

Bisnis Online, Facebook Ads, Jualan di Facebook, Iklan di Facebook
Belajar dari Orang yang Mendapatkan Keuntungan Bersih 60 Jutaan dari Facebook Ads
Akhir pekan kemarin, saya bertemu seorang kawan yang sudah menjalankan bisnis online selama dua tahun. Dia lebih dahulu terjun ke dunia bisnis online ini, sehingga ilmu dan mentalnya sudah terbentuk. Jika dibandingkan dengan saya, tentu sangat jauh bedanya. Bahkan, hanya dalam dua tahun itu, ia sudah berhasil membeli rumah, kendaraan, dan beberapa hal lainnya. 

Tapi luar biasanya adalah, ketika bertemu akhir pekan kemarin, ia bahkan berpakaian ala kadarnya. Mengenakan baju kaos oblong hitam tipis, celana pendek di bawah dengkul sedikit, dan sendal jepit saja. Kami bertemu malam minggu di sebuah rumah kawan yang lain. 

"Ada apa, mas Syaiha?" katanya ketika baru sampai, "tumben ngajak ketemuan?" 

"Anu, mas." saya berkata menjelaskan, "Saya pengen belajar. Soalnya penjualan saya menurun drastis bulan kemarin nih, mas."

Ia tersenyum, berkata lagi, "Mas Syaiha kan sebenarnya juga sudah mastah   sebutan untuk orang-orang yang dianggap handal dalam dunia internet marketing, mastah adalah pelesetan dari master."

"Mastah apaan? Belum ada apa-apanya, mas." saya berkata jujur, "Buktinya bulan kemarin omset saya turun, mas. Beda jauh sama sampean yang saya dengar, profit bersihnya menyentuh angka 60 jutaan sebulan. Padahal itu cuma menjual satu produk kan?" 

Ia nyengir lebar, berdalih, "Itu hoax, mas. Jangan dipercaya."

Sempat diam beberapa detik, ketika saya kemudian berkata lagi, "Jadi bener nih nggak mau ngajarin?" 

"Loh, bukan ngajarin lah namanya. Lah wong ilmu kita aja sama kok, mas Syaiha. Masa saya harus mengajari sampean? Kita nyebutnya sharing aja deh ya, mas. Biar enak. Saya menceritakan apa yang saya lakukan bulan kemarin, mas Syaiha juga ceritakan apa yang dilakukan. Sehingga saya bisa mendapatkan pelajaran juga dari sampean, mas."

"Oke deh, apapun namanya. Nggak masalah. Monggo mas, saya pengen tahu gimana caranya dengan menjual satu produk saya, mas bisa dapet profit bersih segitu banyak?" 

Mendapatkan pertanyaan demikian, ia lalu membenarkan posisi duduknya, menghidupkan sebatang rokok, menghisapnya dalam-dalam, "Nggak ada yang spesial, mas. Yang saya lakukan adalah yang mas Syaiha juga lakukan." 

"Masa sih?" saya berkata dengan raut wajah saja. Lisan saya tidak bersuara. 

"Iya, beneran." dia meyakinkan saya, "Yah, paling bedanya, hanya pada intensitasnya saja. Misalnya, kalau mas Syaiha setiap hari membuat iklan satu atau dua, maka saya dalam sehari menghasilkan 10 - 15 iklan, mas. Itu aja." 

"Sehari 10 iklan?" 

Dia mengangguk, "Buat cadangan kalau-kalau iklan yang sedang jalan nggak bagus. Atau ilang karena satu dan lain hal. Terus, jangan lupa lakukan evaluasi terus-menerus, mas Syaiha. Misalnya ada iklan yang kinerjanya tidak baik, maka hentikan iklannya dan segera ganti dengan yang baru. Intinya, bulan lalu saya bisa mendapatkan sedemikian banyak dari satu produk saja adalah, jangan pernah berhenti membuat iklan setiap hari." 

Saya mengangguk-anggukkan kepala. Benar juga ya, seharusnya saya pun melakukan hal demikian bulan lalu. 

"Nggak ada yang istimewa, kan?" 

Saya diam. Bagi saya, itu istimewa. Melakukan perbaikan dari hari ke hari. Melakukan satu hal setiap hari, konsisten, disiplin, apapun itu, kalau baik, maka hasilnya juga pasti baik. 

"Oke deh, mas..." saya akhirnya bersuara, "Bulan ini saya akan lakukan apa yang mas lakukan. Doakan saya semoga bulan ini pendapatan saja dari bisnis online bisa lebih baik lagi." 

Semua yang hadir, kemudian mengaminkan. 

2 komentar

avatar

Nyimak....jadi pengin belajar

avatar

Pengen belajar lalu masuk tim gitu Bang, jadi bisa bareng2 n katanya akan lebih rapih dan solid dengan sinergi kerja tim ...
#nunggu ilmu berikutnya.


EmoticonEmoticon