Like Fanpage Bang Syaiha

Hobi Anak Saya Sekarang: Memotret, Membaca, dan Menulis

By Bang Syaiha | Friday, 5 May 2017 | Kategori: |

Ini adalah sebagian dari koleksi buku anak saya
Tadi malam, ketika saya sedang duduk membaca beberapa bacaan di situs berita dan blog teman-teman, anak saya kemudian berlari mendekat. Ia melihat apa yang saya lakukan   membaca, kemudian berkata dengan raut wajah dan tatapan matanya, "Abi lagi apa?" 

Saya memeluknya, mendudukkannya di pangkuan dan bilang, "Abi lagi baca, Bang. Tuh lihat," saya menunjuk layar laptop saya dan mempersilakan anak saya melihat bacaan saya disana. "Abang mau baca juga nggak? Mana bukunya gih, biar abi bacakan." 

Mendengar saya bertanya demikian, ia langsung bangkit dan lari ke kamar. Disana memang ada tumpukan buku miliknya. Ada banyak. Bolak-balik, ia kemudian keluar masuk sambil menenteng buku di tangannya. 

Saya menatapnya takjub, ketika kemudian ia bilang, "Nya, Bang..." maksudnya: punya Abang. 

"Iya, buku punya Abang. Banyak banget ya." saya melanjutkan, "Abang mau baca buku. Sini abi bacakan. Pilih deh, mau buku mana yang dibaca." 

Anak saya bukannya memilih salah satu buku untuk dibaca, malah menjulurkan tangan ke saya sambil meminta sesuatu, "HP, bi.. HP..." 

"HP untuk apa? Kan mau baca buku..."

"Poto dulu... Poto..." 

Oalah, ternyata, mungkin karena beberapa kali ia melihat abi dan umminya suka poto-poto sesuatu   biasanya barang dagangan bisnis online   makanya ia kemudian terinspirasi. Ingin memoto apapun benda miliknya. Malam kemarin, ia memoto sebagian koleksi bukunya   lihat gambar di atas postingan ini. Di lain waktu, ia memoto sepeda, nasi goreng, baju barunya, celana kesukaannya, hingga sendal yang ia punya. 

Melihat hal ini, saya dan istri senyum-senyum saja. Berujar, "Kayaknya anak kita berbakat jadi potografer, Bi." istri saya yang berkata. 

"Bakatnya Ummi turun ke Bang Alif," saya menimpali. 

Istri saya memang suka memotret. Karena hobinya ini, beberapa kali ia mendapatkan job untuk membuat video profil sebuah sekolah swasta di Bogor, pernah juga diminta untuk membuat poster atau spanduk, bahkan sampai menjadi juru poto pada pernikahan seseorang juga pernah. Dulu, kami punya kamera DSLR. Tapi sudah dijual karena ada beberapa komponen yang rusak dan jarang dipakai. 

Melihat beberapa kebiasaan baik anak saya, maka saya dan istri selalu berharap, semoga kelak ia menjadi orang yang bermanfaat apapun profesinya. 

Kalau jadi potografer atau pekerjaan lain yang berhubungan dengan design grafis, semoga itu ditujukan untuk kebaikan banyak manusia dan umat. Kalau kelak ia menjadi sastrawan karena kebiasaannya membaca dan menulis sejak kecil, maka semoga yang ia tuliskan adalah hal-hal yang benar dan berguna. 

Saya sebagai orangtua, hanya akan mengarahkannya kemana pun ia akan pergi kelak. Apapun hobinya, asal baik, maka pasti saya adalah orang pertama yang akan mendukungnya agar terus maju dan berkembang. 

Demikian. 

2 komentar

avatar

Buah jatuh tak jauh dari pohonnya, ya, Bang.

avatar

Yey.. Hobinya Bang Alif sama kayak saya tuh Bang Syaiha. Foto2 buku, trus di upload di Instagram buat di review, 😄
Yang sama cuma bangian pas foto bukunya aja.. Eh sama suka bacanya juga ding.


EmoticonEmoticon