Like Fanpage Bang Syaiha

Insya Allah Pekan Ini Saya Mengisi Sebuah Seminar Bisnis

By Bang Syaiha | Tuesday, 2 May 2017 | Kategori:

Seminar Bisnis
Orang-orang mungkin lebih mengenal saya sebagai penulis   atau, lebih tepatnya adalah orang yang senantiasa berusaha menulis setiap hari di blog. Beberapa kali saya memang berhasil menerbitkan buku, tapi itu sangat-sangat tidak produktif. Mengapa tidak produktif menghasilkan buku? Yah karena, sampai sekarang, saya lebih kepada suka menulis saja. Mencurahkan apa yang ada di kepala saya dalam bentuk tulisan dan mempostingnya di blog ini. 

Bagi saya, menulis bukan sekedar menghasilkan sebuah buku. Tapi jauh lebih luas. Walau, tentu saja, siapa sih yang nggak senang kalau berhasil melahirkan karya sendiri dalam bentuk buku? Apalagi kalau orang itu adalah orang yang gemar menulis dan membaca. 

Tulisan selalu menemukan jodohnya sendiri   baca: penikmat setianya. Pun begitu dengan tulisan-tulisan saya di blog ini atau di facebook yang saya kelola. Sehingga mereka kemudian senantiasa datang ke blog, membaca apa yang saya tulis, meninggalkan komentar, atau hanya sekedar diam melahap apa yang saya rangkai. 

Mengapa saya tahu mereka selalu datang kesini setiap hari? Ini bukan saya yang terlalu percaya diri ya, tapi memang ada. Kenyataannya begitu. 

Buktinya adalah, beberapa waktu lalu, ketika saya tidak menulis di blog karena kesibukan dan beberapa hal lain, ada nomor asing masuk ke ponsel saya, mengirimi pesan singkat dan bertanya: "Bang Syaiha, kenapa beberapa hari ini tidak menulis? Saya setiap hari selalu mampir ke blog abang loh. Selalu ingin membaca catatan ringan yang abang buat. Eh, beberapa hari ini nggak ada yang baru?" 

Mendapati pesan demikian, saya kemudian senang. 

Nah, karena saya sudah berhasil menerbitkan beberapa buku, juga karena selalu menulis di blog, maka beberapa kali juga, saya diundang untuk sekedar berbagi bagaimana caranya menulis yang baik. Bagaimana caranya menghasilkan sebuah karya yang enak dibaca dan dinimati pembacanya. 

...dan kalau boleh jujur, saya nggak punya cara spesial. Melainkan hanya dengan senantiasa menulis setiap hari. 

Itu saja... 
.
.
.
.
Lalu, sejak bulan Oktober 2016, saya bertemu teman dan mengajari saya bisnis online. Sejak itu saya menggeluti dunia ini dan senang bukan main. Saya seperti anak kecil yang baru saja mendapatkan mainan baru. 

Kali ini, bahkan mainan yang sangat spesial. Karena dengan ini, atas ijin Allah, saya bisa mendapatkan penghasilan yang jauh lebih besar. Dan karena mainan ini juga lah, beberapa kali saya alpa menulis di blog, juga alpa bahwa saya ingin menghasilkan buku lagi tahun ini. 

Tapi tak mengapa. Pada masanya nanti, saya tetap akan menghasilkan sebuah buku. Ini sedang saya garap outlinenya. Harapannya memang bisa terbit di tahun ini. Semoga setelah lebaran. Kalau tidak molor. 

Beberapa waktu lalu, saya sempat membuka pelatihan bisnis online. Pesertanya banyak dan antusias. Lalu senangnya adalah, peserta yang antusias itu, sekarang sudah berhasil mendapatkan pemasukan tambahan juga setiap bulan. Alhamdulillah...

Lalu, saya berdoa kepada Allah, "Ya Rabb, setiap diundang mengisi pelatihan, pasti saya diminta untuk berbagi tentang tips dan trik menulis. Padahal, sekarang saya menjadikan kegiatan itu di urutan kedua setelah bisnis online. Maka dari itu ya Rabb, sesekali, takdirkan saya diundang oleh orang untuk mengisi seminar atau pelatihan bisnis online." 

Allah maha mengabulkan doa yang diminta hamba-Nya. Karena kemarin malam, sebuah pesan masuk ke WhatsAppa saya, mengundang saya mengisi seminar bertema "Membangun Bisnis di Era Digital." 

Saya senang sekali dan langsung berseru ke istri, "Ummi, pekan depan Abi diundang mengisi pelatihan bisnis di IPB." 

"Beneran?"

"Iya, Alhamdulillah. Semoga bisa berbagi ke mahasiswa disana ya."

"Aamiin..."

Pembaca yang budiman, sampai saat ini, yang saya ingat, semua doa saya dikabulkan oleh Allah. Itu sebagai bukti bahwa Allah selalu benar dalam berkata, "Mintalah kepada-Ku, maka Aku pasti akan kabulkan."

Sayangnya kan kadang kita lupa berdoa. Merasa cukup dengan kemampuan sendiri yang sebenarnya jauh sekali dari kesempurnaan. 

Coba deh berdoa. Minta ke Allah dengan permintaan terbaik. Insya Allah, pasti dikabulkan... 

Demikian. 

1 komentar:

avatar

Keren Bang, menggabungkan menulis deng bisnis


EmoticonEmoticon