Like Fanpage Bang Syaiha

Dua Alasan Penting Mengapa Kita Seharusnya Menetapkan Target Hidup

By Bang Syaiha | Wednesday, 6 September 2017 | Kategori:


Hidup itu harus punya target, jangan ngikut arus saja. Mengalir entah kemana. Kita harus menentukan ingin menjadi apa di masa depan, ingin punya penghasilan berapa, dan sebagainya. Lalu setelah target itu dibuat sedemikian rupa, kerjakan langkah-langkah menuju kesana. Jangan diam saja. Karena kalau tidak dikejar, target tinggallah hanya sebuah target. Mimpi tinggallah hanya sebuah mimpi. 

Memang sih, ada beberapa orang yang mungkin akan berkata, "Jangan menentukan target muluk-muluk lah. Cukup bekerja keras saja, nanti toh hasilnya juga pasti insya Allah banyak. Menetapkan target di awal, takutnya hanya akan menjadi beban. Apalagi ketika target itu ternyata nggak bisa dikejar. Bukannya untung malah buntung." 

Kalimat di atas, ada benarnya, yaitu: "bekerja keras saja, nanti toh hasilnya juga pasti insya Allah banyak" 

Sisanya masih bisa diperdebatkan. 

Menentukan target, bagi saya, adalah sebuah cara yang harus saya lakukan agar saya lebih semangat bergerak. Lebih terpacu. Lebih bergairah dalam melakukan banyak hal. 

Di awal tahun misalnya, saya menuliskan ingin mendapatkan penghasilan minimal 10 juta setiap bulan. Besar-besar saya tulis kalimat itu di buku dan benak saya, sehingga setiap hari, saya akan selalu berpikir, mencari cara bagaimana caranya? Ketika ada ide yang berkelebat, buru-buru saya coba dan buktikan. Bisa kah ide itu memenuhi target saya? Jika bisa, maka akan terus saya kerjakan dan perbaiki. 

Hasilnya?

Alhamdulillah, benar adanya bahwa penghasilan saya sekarang, jika dirata-ratakan memang segitu. Kadang lebih, beberapa kali kurang. Tapi kalau dikalkulasikan dan cari reratanya, maka segitulah barangkali penghasilan saya setiap bulan. Berasal dari berbagai jalan, mulai dari bisnis online yang saya kerjakan, dari buku yang saya jual, dari fee mengisi pelatihan, dan sebagainya. 

Saya tidak bisa membayangkan jika di awal tahun saya tidak menuliskan target itu. Mungkin sekarang saya masih terlena dan berleha-leha. 

Selain itu, saya juga menyepakati bahwa target yang kita tulis dan tetapkan adalah sebuah doa yang entah kita sadari atau tidak, melangit dan insya Allah dikabulkan Allah. 

Misalnya, ketika kita menargetkan sesuatu dan berkata, "Bismillah, tahun ini harus bisa menerbitkan satu buku!" 

Maka kalimat itu, disadari atau tidak adalah sebuah doa. 

Allah dengar dan insya Allah dicatat. Kemudian, entah bagaimana caranya, Allah membantu dengan tangan-tangannya. Nah, sayangnya, barangkali kita tidak menyadari banyak akan hal itu. Merasa bahwa yang terjadi pada kita dan apa yang kita dapatkan murni dari kerja keras kita saja. 

Begitulah, pentingnya menetapkan target, bagi saya karena memiliki dua urgensi penting. Pertama dia akan menjadi penyemangat dan pengingat kita. Dan kedua, target yang pernah kita tulis dan ucapkan, adalah juga sebuah doa yang insya Allah akan dikabulkan NYA. 

Demikian. 

2 komentar

avatar

Setuju bang... saatnya ngelist target nih.


EmoticonEmoticon