Like Fanpage Bang Syaiha

Jangan Lupa Berbuat Baik

By Bang Syaiha | Wednesday, 13 September 2017 | Kategori:


Saya selalu percaya bahwa apapun yang terjadi pada kita sekarang, pasti adalah buah dari apa yang kita tanam (atau orang tua kita tanam) di masa lalu. 

Kita atau orangtua kita, dulu, barangkali pernah berbuat baik kepada orang lain, sehingga orang lain itu, yang sudah orangtua kita baiki, kemudian berdoa agar keluarga orangtua kita menjadi baik. Dimudahkan rejekinya, dipanjangkan umurnya, diberikan kebaikan yang banyak. 

Lalu doa itu terkabul dan jadilah kita seperti sekarang. Doanya merembet ke anak-anak orangtua kita. Nikmat dan kemudahan seakan datang entah darimana saja. Dari jalan tidak terduga-duga. 

Penghasilan pas-pasan, tapi kita bahagia. Kayaknya uang di rekening nggak banyak, tapi kita cukup dan tidak kelaparan, apalagi merana. Atau, pekerjaan kayaknya nggak seberapa, tapi ada aja jalannya. Anak-anak suka, istri senang tiada tara. 

Kalau pas dapat rejeki agak banyakan, kita mudah saja mengeluarkan. Menyisihkan untuk orang-orang yang membutuhkan. 

Semua kemudahan ini, sekali lagi, bisajadi adalah karena apa yang pernah orangtua kita atau kita lakukan. Nggak mungkin ada kebaikan kalau dulu tidak berbuat kebaikan. Ada sebab akibat. Ada api ada asap. 

Pemahaman saya ini, bukan dimaksudnya untuk menjadi ujub. Tidak sama sekali. 

Tapi lebih kepada agar kita semakin semangat berbuat baik. Semangat beribadah, dan beramal shalih lainnya. Karena jelas kok dalilnya, balasan kebaikan pasti adalah kebaikan juga. 

Cuma kadang kita tidak bisa melihat bahwa yang kita rasakan sekarang, boleh jadi adalah balasan kebaikan kita di masa lalu. Terlalu silau dan mata kita tidak bisa menangkapnya. 

Karena kita terlalu fana. Sedangkan keajaiban yang ada dari Allah lebih mulia. 

Demikian
Jangan lupa berbuat baik.

3 komentar

avatar

Siap Bang, hehe.... Selalu berbuat baik

avatar

diingatkan lagi hari ini, Makasih Bang Syaiha.


EmoticonEmoticon