Like Fanpage Bang Syaiha

Minta Tolonglah kepada Allah dengan Sabar dan Shalat

By Bang Syaiha | Monday, 4 September 2017 | Kategori:

Bang Syaiha 
Jika ada masalah   dan kalau orang hidup pasti selalu punya masalah   maka minta tolonglah kepada Allah. Jangan kepada manusia. Karena berharap ke manusia itu sering kecewanya. Mendingan berharap hanya kepada Allah saja, zat yang maha hebat dan maha kuasa, yang tidak pernah mengecewakan kita hambanya. 

Masalah yang kita hadapi selama hidup banyak ragamnya. Mulai dari masalah keuangan, hutang piutang, jodoh, keturunan, hingga masalah bentuk fisik yang kadang Alla takdirkan sedemikian spesial. Bagi orang-orang yang tidak punya iman, mungkin akan mudah kecewa ketika masalah datang. Mudah mengeluh dan kemudian berputus asa. 

Padahal, rahmat Allah itu luas dan tidak pernah terputus. Jangan sampai kita berputus asa karena permasalahan hidup. 

Bagaimana menghadapi masalah yang datang? Allah bilang, "Minta tolonglah kalian kepada-Ku dengan sabar dan shalat. Dan sungguh yang demikian itu, sabar dan shalat, adalah pekerjaan yang berat, kecuali bagi orang-orang yang khusyuk."

Ayat itu beneran loh... 

Ketika mendapati masalah lalu diminta sabar dan shalat, itu berat. Kebanyakan dari kita, saat masalah datang, biasanya lebih memilih untuk setidaknya merenung sendirian, curhat ke teman, pergi ke pinggir jalan dan bermain gitar, mendengarkan lagu, bahkan yang paling parah, malah berkunjung ke tempat hiburan malam, minum minuman keras, mendengarkan irama yang berdentum. 

Jarang sekali kita shalat ketika ada masalah. 

Ya itu tadi, memang berat melakukannya. Ngapain shalat? Emang shalat bisa menyelesaikan masalah? 

Bagi kita manusia yang fana ini, apalagi yang keimanannya lemah, kadang solusi dari Allah itu terlalu silau. Sehingga ketika ia datang, kita tidak sadar bahwa itu adalah dari Allah. Lalu karena kita tidak bisa merasakannya, kita kemudian sombong dan pongah, "Ngapain shalat? Emang shalat ada gunanya? Selama ini aku shalat, Allah nggak pernah baik sama aku!" 

Duh....

Jangan sampai deh kita berkata demikian. Ngeri... Bisa-bisa adzab Allah datang ke kita. Hidup di dunia sengsara, di akhirat mendapatkan neraka. 

So, akhirnya, ketika masalah datang menghampiri kita, maka minta tolonglah kepada Allah saja dengan sabar dan shalat. Dengan doa. Karena shalat, intinya adalah juga doa. Dari takbiratul ikhram hingga salam, shalat adalah doa. 

Kegiatan ini memang berat, tapi insya Allah kita bisa melakukannya. 

Demikian. 

4 komentar

avatar

dibalik setiap kesulitan ada kemudahan. mantap bang Syaiha tausiyahnya

avatar

Alhamdulillah, diingatkan kembali dengan tulisan bang syaiha. Terima kasih bang.

avatar

Terimakasih sudah berkunjung mbak Lisa...

Bang Syaiha


EmoticonEmoticon